Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Buat Email Gratis Di Gmail dan Yahoo

Pastilah zaman sekarang semua orang tidak asing lagi dengan namanya email. Dan anak dizaman sekarang pastilah sudah memiliki email. Walau hanya sekedar untuk membuat akun sosmed dan mendaftar ke berbagai permainan game.

Tidak seperti dulu, email digunakan untuk keperluan saling berkirim surat elektrik dan berbagai hal lain. Yang pasti zaman dahulu email dibuat oleh hanya kalangan tertentu saja.

Namun sekarang sudah tidak lagi, email sudah menjadi kewajiban harus dimiliki  setiap orang. Walau sepertinya hanya digunakan seperti yang disebutkan diatas.

Ada 2 tempat untuk dapat membuat email, yaitu di Google (Gmail) dan di Yahoo (Ymail atau Yahoomail). Kedua berfungsi sama, untuk mengirimkan surat elektronik maupun untuk berbagai keperlua lainnya.




Cara Membuat Email di Gmail 

Untuk membuat email di Gmail, pertama cukup tulis di mesin pencari dengan mengetik Gmail. Setelah halaman terbuka, carilah URL yang bertuliskan www.google.com › gmail.


Klik Gmail-Google untuk memulai membuat email di Google (Gmail). Maka halaman Gmail akan terbuka. Untuk memulai membuat Akun Gmail, klik saja Create an Account.


Pembuatan Akun Gmail pun akan segera dimulai. Isi nama depan dan nama belakang yang dinginkan, kemudian alamat email (username). Untuk alamat email (username) bisa saja berbeda dengan nama akun Gmail.





Tapi disarankan untuk membuat nama email/username kalau bisa sama dengan nama akun Gmail. Kalaupun berbeda, hanya sedikit saja perbedaannya. Karena ini berkaitan dengan ketersedian alamat email di Google.

Maksudnya, Gmail akan menolak jika nama username (alamat email) sudah ada yang memakainya. Jadi untuk mensiasatinya cukup menambahkan angka atau kata lain dibelakng alamat email (username).


Lalu buatlah Password (sandi). Tulis password dua kali, pertama di Password dan password yang sama di Confirm. Klik saja tanda (logo) tanda mata agar password yang dibuat terlihat.Ini untuk menghindari kesalahan confirm pembuatan password kedua. Kedua password ini harus sama.

Misalkan password pertama dinaindriani12 maka confirm password kedua juga dinaindriani12.





Perlu diingat sandi ini jangan sampai lupa. Jadi buatlah kata sandi yang berhubungan dengan kehidupan Anda, agar mudah untuk mengingatnya dan ditambahkan dengan karakter lain. Agar susah untuk ditebak orang lain yang ingin masuk atau membuka email Anda.

Setelah itu klik NEXT untuk melanjutkan pembuatan email di Gmail. Selanjutnya  untuk membuat email adalah memasukan nomor handphone yang dimiliki. Ini gunanya untuk melihat, apakah yang membuat ini memang manusia atau hanya  mesin robot.


Setelah memasukkan nomor handphone, klik Next untuk melanjutkan. Maka akan dikirimkan nomor verifikasi yang dikirimkan oleh Google ke nomor handphone yang telah didaftarkan.

Masukkanlah nomor verifikasi 6 digit yang telah dikirimkan ke nomor handphon.



Disini bisa dilanjutkan dengan mengisi Recovery email address (optional), yaitu email pembantu atau email lainnya. Yang berfungsi untuk jika nantinya kita lupa password untuk masuk ke akun email kita yang baru dibuat.

Bisa menggunakan akun email optional untuk membantu membuka akun email yang mau dibuat ini. Tapi jika tidak punya tidak perlu diisi (abaikan saja).


Lanjutkan dengan tanggal, bulan dan tahun lahir. Isinya dengan sebenarnya, mana tahu jika ada masalah dengan email Anda. Tanggal, bulan dan tahun lahir bisa dijadikan kunci untuk membuka email. Dan terakhir adalah jenis kelamin (Gender). Klik NEXT untuk melanjutkan...





Langkah terakhir...Klik saja Yes, I'm in. Ini maksudnya apakah bersedia menjadikan nomor yang didaftarkan tadi dijadikan untuk menerima panggilan video dan pesan dan pemberitahuan lainnya dari Google.



Jika ingin menambahkan hal lain seperti menjadikan nomor handphone sebagai verifikasi 2 langkah demi keamanan akun email. Klik More options...

  
Jika setuju klik saja semua lingkaran yang ada. Ini baik untuk keamanan akun Gmail Anda. Jika menyetujui, semua tindakan yang dilakukan oleh orang yang tidak dikenal yang berusaha untuk masuk ke akun Gmail Anda. 

Akan di minta untuk menverifikasi masuk dengan pemberitahuan ke nomor handphone yang tadi di daftarkan.





Walaupun ada orang yang tahu email dan password Anda, tidak akan mudah masuk atau membuka email akun Anda. Jadi keamanan berganda yang diterapkan oleh Google bagi pengguna Gmail. 

Namun jika tidak bersedia, klik Skip untuk mengabaikannya.

Kemudian akan diminta persetujuan tentang bersedia mengikuti peraturan yang telah ditetpkan oleh Google.

Jika seutuju klik saja I agree...



Setelah menyetujui semua peraturan yang telah ditetapkan. Akun Gmail Anda telah siap dan bisa digunakan.

Cara Membuat Email di Yahoo

Untuk membuat email di Yahoo, buka situs Yahoo terlebih dahulu.


Setelah itu untuk memulai pembuatan Akun, klik saja "Create an account".

Kemudian isi semua data yang diminta,
1. First name
2. Last name
3. Email addres / email yang mau dibuat
4. Passwor email
5. Nomor Handphone
6. Tanggal, bulan dan tahun lahir
7. Gender / jenis kelamin
8. Klik Continue


Setelah itu nanti akan diminta verifikasi nomor handphone. Apakah nomor ini benar kepemilikannya. Klik saja Text me a verification code.





Nanti akan dikirim nomor verifikasi ke nomor handphone yang telah didaftarkan.


Ketik atau masukan nomor verifikasi yang telah dikirim, biasanya dalm kode lima digit angka.





Setelah memasukkan nomor verifikasi, jika benar. Maka Akun Yahoo email atau Ymail Pakde Bude sudah jadi dan siap digunakan.


Selamat Akun Anda telah siap dan bisa digunakan. 

Itulah cara untuk membuat Akun email di Gmail dan email di Yahoo.






Posting Komentar untuk "Cara Buat Email Gratis Di Gmail dan Yahoo"