Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Berbisnis Online Bagi Pemula Yang Harus Diketahui

Bisnis merupakan hal yang bagi kebanyakan orang khususnya masyarakat Indonesia adalah hal yang sangat sulit dilakukan. Ini dikarenakan sebagian besar masyarakat Indonesia, Bisnis hanya untuk golongan masyarakat tertentu saja. Apalagi hanya yang memiliki modal yang cukup besar yang bisa melakukan bisnis.





Tapi kalau perlu diketahui, saat ini berbisnis bukanlah sesuatu yang sulit dilakukan dan harus memiliki modal besar. Karena zaman millenial sekarang, untuk berbisnis tidak harus memiliki modal besar terlebih dahulu. Semua bisnis sudah bisa dilakukan dengan modal kecil. Bahkan tanpa modal, percayakah?.

Kenapa tidak percaya, dizaman sekarang untuk memulai berbisnis orang tidak perlu lagi harus memiliki modal besar, tempat maupun karyawan banyak untuk memulai berbisnis. Hanya bermodal HP saja sudah berbisnis online. Zaman sekarang sudah zaman online atau internet.

Dengan sudah maraknya penggunaan internet yang bisa dijangkau oleh semua orang hanya dengan telepon pintar atau smartphone. Sehingga gampangnya orang untuk mencari dan mengetahui sesuatu itu hanya dari alat yang ada digenggaman tangan. Sehingga tidak salah kalau kita atau Anda memanfaatkan kecanggihan teknologi sekarang untuk berbisnis.

Bisnis Apakah itu?, Bisnis itu adalah Bisnis Online. Bisnis yang bisa dilakukan oleh semua orang. Dan mantapnya lagi Bisnis Online bisa dilakukan tanpa harus mengganggu aktifitas lainnya. Sehingga bisa menjadi pemasukan tambahan lain bagi seseorang, seperti mahasiswa. ibu tumah tangga, karyawan bahkan anak remaja sekalipun.

Namun dengan mudahnya berbisnis melalui online saat ini. Namun Anda juga perlu tahu beberapa kriteria untuk memulai Bisnis Online. Karena walau bisnis online bisa begitu gampang dilakukan, naun ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui. Berikut adalah langkah untuk memulai bisnis online dari nol untuk para pemula.



Cara Mulai Berbisnis Online Bagi Pemula

  1. Niat yang kuat ingin merubah hidup dan sukses di masa mendatang
  2. Mengetahui prospek pangsa pasar barang yang akan dijadikan bisnis
  3. Tahu cara membuat website atau blog untuk bisnis online, minimal sosial media seperti FaceBook, Instagram, Twitter dan media sosial lainnya.
  4. Promosi
  5. Belajar atau mencari sosok yang telah sukses di bisnis online untuk menjadi panutan atau belajar dengannya.
Hal kelima diatas merupakan hal mutlak yang harus dipahami sebagai pebisnis online untuk pemula. Walau mungkin saja ada hal pendukung lain sebagai support untuk menunjang hal trsebut diatas. Tapi itu bisa saja berbeda pada setiap pebisnis online.


1. Niat yang Kuat Ingin Merubah Hidup dan Sukses

Untuk memulai berbisnis, hal pertama yang harus ditanamkan pada diri sendiri adalah "Aku Ingin Berbisnis". Ini merupakan mindset pola pikir yang harus disemai terlebih dahulu. Sehingga akan menumbuhkan jiwa dan mental yang mumpuni.

Ketika mindset ini sudah tertanam dalam jiwa dan pikiran Anda, maka pola dan cara Anda akan berbeda dengan orang lain. Jiwa budak yang mungkin dimiliki oleh Anda lambat laun akan terkikis. Dan menjadi jiwa dan sifat yang lebih berani dan percaya diri.

Berani dan percaya diri ini merupakan bagian yang harus menjadi tolak ukur setelah niat berbisnis mulai dibangun dalam kepribadian. Karena kalau hanya niat tanpa dilakukan, percayalah. Anda tidak akan bisa menjadi pebisnis, walau hanya sebagai pebisnis online.

Karena jika awal saja Anda tidak memiliki keberanian dan percaya diri. Bagimana Anda untuk melangkah ke jenjang berikutnya. Perlu diingat untuk menjadi pebisnis di awal sebagi pemula, Anda akan dituntut kerja lebih keras. Mengapa?, karena dia awal sebagai pebisnis pemula Anda akan merangkap sebagai Bos dan karyawan.

Jika bisnis Anda mulai berkembang dan menjadi lebih besar dalam berbisnis, dan mulai merekrut orang-orang pertama yang ada disekitar Anda. Nah...inilah saatnya Anda sudah bisa dikatan Pebisnis. Walau hanya dimulai dengan bisnis online skala rumahan. 


2. Mengetahui Prospek Pangsa Pasar Barang yang Akan Dijadikan Bisnis

Sama seperti bisnis lain pada umunya, ada beberapa hal yang harus diketahui saat memulai bisnis online. Untuk membangun bisnis online ada yang harus Anda perhatikan dengan seksama. Karena bisnis online tidak ada bedanya dengan bisnis lainnya, seperti bisnis yang ada di dunia nyata.
  1. Modal
  2. Produk atau barang
  3. Target pasar yang dituju
  4. Strategi marketing
  5. Trend yang berkembang

 

2.1. Modal

Perlu diingat modal merupakan hal pokok yang harus Anda punya. Tapi bukan berarti modal ini harus yang Anda pikirkan, yaitu uang. Jika modal yang dipikirkan harus berbentuk uang. Maka sebenarnya Anda sudah melangkah mundur kebelakang.

Karena dalam berbisnis online banyak hal yang bisa Anda lakukan tanpa harus memiliki modal uang. Anda bisa melihat orang lain atau membaca biografi seseorang yang mulai bisnis dengan hanya modal dengkul.

Contohnya, selama ini Anda merupakan seseorang yang kurang bergaul, kuper dan selalu nanti dulu. Ketika mindset ini Anda hilangkan dan mulai berbisnis. Anda akan menjadi sosok yang lebih terbuka, mudah bergaul dan menjadi orang yang fleksibel.

Dan Anda akan banyak mengenal orang dalam berbagai profesi, dan Anda akan berusaha untuk mencari orang yang mungkin bisa Anda manfaatkan untuk mulai berbisnis. Bisnis yang mungkin saja Anda lakukan adalah sebagai Drop Seller atau Drop Shoping.

Apa itu Drop Seller, Drop Seller adalah seorang pebisnis yang hanya melakukan dengan bekerja sama dengan orang lain atau pemilik barang untuk Anda bisa jual kembali dengan keuntungan dari penjualan yang Anda lakukan.

Jadi Anda pasti akan mencari jalan bagaimana mendekati seseorang dan berusaha agar orang lain bisa percaya dengan Anda. Dengan modal percaya ini saja, Anda sudah bisa mulai berbisnis khususnya bisnis online.

Bisa saja Anda mulai bisnis ini tanpa modal, Anda cukup meminya izin kepada pemilik barang untuk menjual kembali hanya dengan modal mempromosikannya di internet. Cukup Anda foto barang yang ingin Anda jual, dan Anda Upload di sosial media Anda. Dan jika ada orang atau teman Anda yang ingin membeli, Anda cukup menghubungi si pemilik barang.


Masalah keuntungan mungkin tidak sebesar jika Anda sendiri yang memiliki barang itu sendiri. Tapi ini bisa menjadi modal awal Anda untuk menabung dan membangun bisnis Anda sendiri kelaknya.

Ada keuntungan jika Anda mulai bisnis online cara Drop Seller. Jika barang yang Anda jual tidak ada pembeli, maka Anda tidak akan rugi karena stock awal dalam penyedian barang modalnya tidak ada. 

Dan jika bisnis Anda mulai berkembang dan mulai banyak yang mempercayai Anda sebagai reseller penjual online, Anda sudah bisa kecil-kecilan untuk mulai menstock barang dengan modal sedikit untuk mencari keuntungan lebih.

Apalagi sekarang sudah zamannya MarketPlace, jika Anda sudah termasuk orang yang gesit dan sudah mulai memahaminya bisnis online. Paltform MarketPlace bisa menjadi pilihan untuk memulai bisnis online Anda. JASTIP atau jasa titip pun bisa menjadi pilihan Anda untuk memulia bisnis online.

Yang terpenting untuk memulai bisnis online ini bisa Anda lakukan tanpa modal. Jika Anda memiliki modal, itu lebih bagus. Tapi perlu diingat, ada konsekuensi bisnis online dengan modal tapi Anda sendiri belum begitu memahami bisnis online tersebut. Yang bisa, barang Anda yang sudah Anda beli dengan modal tidak laku, Anda putus asa dan akhirnya berhenti sebelum bertarung.


2.2. Produk atau Barang yang Akan di Jual

Ini tidak kalah pentingnya, Anda harus mengetahui barang apa yang harus dijual. Anda bisa melakukan riset pasar terlebih dahulu sebelum terjun ke bisnis online. Lihat pangsa pasar yang lagi trending, Anda bisa melihat di sosial media ke akun sosial media orang lain yang sudah lama terjun di bisnis online.

Tapi untuk ini Anda harus berhati-hati untuk memilih produk atau barang yang akan Anda jual. Jika Anda baru mulai di dunia bisnis online lebih baik memilih barang yang harga jual mungkin tidak terlalu mahal. 

Kalau Anda seorang wanita, cobalah untuk memulai di bidang kosmetik atau jika Anda seorang muslim cobalah untuk memulai berjualan hijab. Apalagi kalau hijab untuk anak-anak yang banyak modelnya. Mungkin ini bisa menjadi awal dalam Anda berbisnis online. 


2.3. Target Pasar yang Dituju

Target pasar yang dituju merupakan hal yang harus Anda tentukan, karena ini menjadi langkah Anda untuk memulai terjun ke bisnis online. Karena dengan mengetahui target pasar yang Anda tuju. Anda sudah bisa untuk memilih jenis barang yang akan dijual.

Pilihlan target pasar yang sesuai dengan branding Anda, sehingga Anda mengerti dan memahami apa yang Anda jual. Dengan begitu jika ada pertanyaan dari client atau konsumen Anda bisa menjawab dengan mudah.


2.4. Strategi Marketing

Anda harus memiliki strategi marketing yang fleksibel, tanggap dan cepat kalau ingin sukses berbisnis di bisnis online. Hal ini sangat penting, agar tujuan Anda dalam berbisnis online memiliki tujuan dan step bay step untuk dapat sukses di bisnis online. 

Anda harus memiliki strategi marketing yang memiliki tahap-tahap atau tingkatan bisnis. Misalkan strategi marketing Anda diawal berbisnis online adalah bisnis tanpa modal. 

Apa mungkin Anda terus menggunakan mindset bisnis online tanpa modal. Tidakkan!...pasti setelah Anda berkembang dalam mengelola bisnis online Anda dan semakin besar. Pasti Anda akan melakukan strategi lain, agar bisnis online Anda tidak hanya mengambil untung sedikti dengan bisnis online tanpa modal.

Jika Anda ingin untung lebih banyak, mulailah Anda menngunakan modal untuk memajukan bisnis online Anda. Tapi bisnis online tanpa modal yang Anda jalani di awal jangan ditinggal dulu. Tetap dijalankan seiring Anda mulai mencoba mencari keuntungan lebih besar. 

Semakin besar bisnis Anda, Anda akan memerlukan strategi lain, strategi lain dan strategi lain seterusnya. Dan strategi ini tidak akan pernah berhenti, strategi ini akan terus berubah mengikuti perkembangan bisnis dan trend baru yang muncul. Jadi strategi Anda harus fleksibel, jangan kaku. Agar Anda bisa terus berbisnis dan semakin maju dan sukses.


2.5. Belajar atau Mencari Sosok yang telah sukses di bisnis online untuk menjadi panutan atau belajar dengannya. 

Hal berikutnya yang harus Anda pelajari sebagai pemula di bisnis online adalah belajar. Karena dalam bisnis tidak ada orang pintar. Dalam bisnis tidak dibutuhkan pintar atau pendidikan tinggi. Yang dibutuhkan adalah action, berpikir, action, berpikir, action, berpikir dan begitu seterusnya.

Carilah sosok yang telah sukses di dunia bisnis online. Pelajari dan pahami strategi yang dia buat sehingga sukses berbisnis. Tidak hanya mencari sosok yang tersohor. Sosok yang sederhana dan bisnis sederhana. Bisa menjadi studi bisnis Anda. Jadi belajar bukan hanya dari yang telah sukses, belajar dari sosok yang mulai merintis itu lebih baik karena akan mudah Anda pelajari cara kerjanya.

Dibandingkan dengan sosok yang sudah terlalu sukses berbisnis. Ditakutkan Anda tidak akan mampu mengikuti pola kerja yang terlalu tinggi dan berpikir yang terlalu ekstrim. Untuk memulai cukup dari yang kecil, sedang baru setelah itu Anda bisa menuju ke tingkat yang lebih tinggi. 



3. Membuat Toko Online

Bisnis online tidak bisa terlepas dari internet. Karena bisnis online ini adalah berjualan tanpa face to face. Penjual dan pembeli tidak bertatap muka langsung, tapi hanya melalui dunia maya. Untuk itulah Anda mulai untuk membuat toko online, agar orang / pembeli mengenal Anda sebagai penjual.

Jika belum mampu untuk membuat website, minimal buatlah toko online melalui Facebook, Instagram atau Twitter terlebih dahulu. Barulah Anda untuk mencoba belajar membuat website.

Website dimaksud adalah platform web yang dibuat atas brand / nama toko Anda. Anda bisa membuat di blogger atau di wordpress. Usahakan nama toko online Anda memiliki nama yang trendi atau mudah diingat.

Usahakan jika membuat toko online melalui website memiliki domain TLD, seperti .com, .id dan sebagainya. Ini untuk menunjukkan bahwa toko online Anda benar-benar terlihat profesional. Walaupun untuk memiliki website berdomain TLD, Anda harus mengeluarkan kocek untuk memperoleh domain TLD tersebut.

Walaupun sebenarnya bisa membuat website seperti blog di blogger secara gratis. Tapi percayalah, jika Anda ingin Platform Toko Online Anda lebih dipercaya dan terlihat profesional dan ingin terkenal. Anda harus mengambil keputusan memiliki website berdomain TLD yang berbayar.

Tapi kalau hanya sekedar tutor seperti blog saya ini, mungkin tidak jadi masalah. Karena yang dicari di blog atau website saya ini, hanyalah isi dari tulisan untuk dibaca dan berbagi pada sesama. 

Karena kalau hanya blog atau website seperti punya saya ini. Yang terpenting bagi orang adalah kwalitas dari tulisan. Dan tidak perlu membayar untuk dapat membaca tulisan ini. Beda dengan toko online, dalam paltform tersebut ada sistem jual beli dengan menggunakan pertukaran antara barang dan uang.

Jika Anda belum memahami membuat website. Manfaatkan terlebih dahulu platform MarketPlace seperti Bukalapak, Tokopedia, Shopee dan lainnya. Buatlah toko online Anda di MarketPlace terlebih dahulu, sebelum membuat website toko online sendiri.





4. Promosi Via Online

Ini sangat penting jika Anda serius berbisnis secara online. Tidak bisa dipungkuri, promosi merupakan senjata ampuh untuk memperkenalkan brand toko online kepada dunia luar. Setidaknya Anda mempromosikan dulu di keluarga, tetangga, teman atau sejawat terdekat dahulu.

Untuk mempromosikannya, Anda bisa melalui platform Facebook, instagram dan platform sosial media lainnya. Kalau Anda memahami dan memiliki kemampuan dalam editing video. Anda bisa mempromosikan toko online Anda di Youtube. Atau sosial media video lainnya seperti Tik-tok yang lagi ngetrend saat ini.

Saya rasa mempromosikan toko online Anda lewat Youtube dan Tik-tok akan lebih cepat terkenal karena sifat media adalah video. Orang akan lebih tertarik melihat gambar bergerak (video) dibandingkan melihat browser atau tulisan. Video toko online Anda bisa sebarkan di media sosila lainya seperti Facebook dan lainnya. 

Yang terpenting dalam membangun Toko Online adalah tingkat kepercayaan konsumen yang harus Anda jaga dan pelihara. Oh...ya jangan lupa jika Toko Online Anda ingin cepat terkenal ada satu tips yang sangat manjur untuk dilakukan.

Tips tersebut adalah berbagi bonus kepada konsumen. Cobalah berbagi sedikit dari keuntungan kepada konsumen lewat bonus. Anda buat saja sistem pembelian yang bisa mendapatkan bonus jika membeli dalam kriteria yang Anda buat. Pasti konsumen akan merasa senang.


Posting Komentar untuk "Tips Berbisnis Online Bagi Pemula Yang Harus Diketahui"