Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Cara Mudah Membuat Nomor Urut Data di Microsoft Excel Secara Otomatis

Untuk membuat nomor urut secara otomatis di Excel sangatlah diperlukan. Walaupun dengan cara manual nomor urut bisa dibuat. Masalah jika ada data baru yang harus diisi di tengah, pastilah akan sulit jika harus kembali membuat nomor satu persatu secara manual.

Excel menyediakan tool atau format yang bisa di gunakan secara otomatis membuat nomor urut, sehingga tidak lagi membuat secara manual.




Membuat Nomor Urut Secara Otomatis Dengan Bantuan Tanda Kutip

Beri tanda kutip di depan sebelum memberi nomor awal, seperti ini :


Sebelum angka 1 dibuat, ketik dulu tanda kutip pada tombol keyboard, barulah setelah itu ketik angka 1, lalu Enter.

Setelah itu arahkan mouse mendekatkan kotak [range], dekatkan ke sudut kanan bawah di kolom nomor 1 sampai muncul tanda [+], tekan mouse => tahan, kemudian tarik kebawah. Maka secara otomatis nomor akan terbentuk berurutan.

Lihat video singkat dibawah ini :



Membuat Nomor Urut Secara Otomatis Dengan Fill Series

Kelebihan membuat nomor urut secara otomatis dengan Fill Series adalah langsung bisa membuat nomor secara otomatis berurut tanpa harus melakukan seperti cara diatas.




Membuat nomor otomatis di Microsoft Excel dengan Fill Series lebih bagus jika pembuatan nomor otomatis ini digunakan pada data [isi data] terus mengalami perubahan atau penambahan.

Apalagi penambahan data tersebut di sisipkan ditengah bukan disisipkan di akhir. Dengan jumlah urut data bisa mencapai ratusan, pengisian nomor urut sangat disarankan dengan menggunakan Fill Series.


Ketik dulu angka 1 dikolom nomor urut pertama, setelah klik Fill => Series


Langkah berikutnya, Serie In => Type => Stop value


  1. Columns untuk membuat nomor [angka] mengarah ke bawah.
  2.  Pilih Type Linear.
  3.  Isi Stop Value atau angka [nomor] terakhir yang diinginkan.  
Selesai Ok...secara otomatis nomor akan terbentuk sampai nomor 99.

Lihat video dibawah ini agar lebih paham



Membuat Nomor Urut Secara Otomatis Dengan Rumus Sum

Sebenarnya cara ini bisa dikatakan sama dengan cara pertama untuk membuat nomor urut data secara otomatis. Hanya saja di buat dengan bantuan rumus Sum [Penjumlahan]. 

Cara ini sebenarnya tidak diperlukan kali, hanya saja mencoba berbagi kalau dengan Rumus Sum pun dapat membuat nomor urut di Microsoft Excel.




Seperti biasa tulis angka 1 [satu] di kolom urut pertama, kemudian di kolom 2 [dua] tulis rum Sum=(klik kolom yang berisi angka 1+1), lalu Enter.


Maka kolom dua angka berisi angka 2, setelah itu arahkan kursor ke sudut kanan bawah kolom 2 yang berisi nomor urut 2 sampai muncul tanda [+].

Tekan mouse tahan dan tarik kebawah sampai kolom yang akan diisikan nomor urut. 

Lebih jelas lihat video singkat dibawah ini :





Membuat Nomor Urut Secara Otomatis Dengan Auto Fill

Cara inipun sering digunakan untuk membuat nomor urut otomatis di Microsoft Excel. Caranya cukup mudah dan simpel, gak ribet dan bisa jika ingin membuat nomor urut lompat beberapa angka.

Caranya klik kolom 1 dengan angka 1 dan kolom 2 dengan angka 2. Lalu blok kolom 1 dan 2 yang berisi angka, arahkan mouse ke sudut kanan bawah kolom sampai muncul tanda [+], klik mouse => tahan dan seret ke bawah.


Mau lebih jelas saksiskan lagi video singkat dibawah ini,


Itulah beberapa cara untuk membuat pemberian nomor secara otomatis pada tabel data di Microsoft Excel.
Saksikan Video full Pemberian Nomor Secara Otomatis di Microsoft Excel.



Posting Komentar untuk "4 Cara Mudah Membuat Nomor Urut Data di Microsoft Excel Secara Otomatis "