Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Proses Pembuatan Surat Roya Ke Kantor BPN Medan Di Masa Pandemi Virus Corona

Ketika pinjaman Bank telah selesai dan surat jaminan tanah telah dikembalikan oleh pihak Bank. Masih ada satu hal yang harus diselesaikan, yaitu melepaskan ikatan surat tanah atau rumah atas kepemilikan sementara oleh pihak Bank saat surat tanah menjadi jaminan pinjaman.


Ikatan yang dilakukan oleh pihak Bank atas jaminan surat tanah atau rumah ini disebut Roya. Dan ini harus dilepaskan atau dibebaskan, sehingga jaminan surat tanah tersebut tidak lagi terikat oleh Bank.

Karena jika surat ini belum dilepaskan atau dibebaskan, akan ada masalah yang timbul saat akan menjual atau menjadikan jaminan tersebut untuk kembali meminjam ke Bank.

Melepaskan Roya pada jaminan surat tanah atau rumah cukup mudah, tidak perlu harus melalui notaris atau calo. Sehingga nantinya harga atau ongkos akan menjadi lebih mahal.

Cukup datang ke kantor BPN di daerah setempat atau tempat dimana penerbitan surat tanah atau rumah tersebut.

Namun karena dimasa pandemi virus corona ini, BPN menerapkan aturan di saat ini, yang dikarenakan untuk menjaga protokol kesehatan.

Jadi tidak bisa langsung datang ke kantor BPN, namun harus mendaftar terlebih dahulu melalui internet untuk mencegah berkumpulan manusia pada satu tempat.

Pendaftaran online untuk memperoleh nomor urut dan waktu untuk datang ke kantor BPN ini berlaku tidak hanya untuk mengurus surat roya. Tapi juga untuk mengurus semua keperluan ke Kantor BPN.

Link atau web untuk mendaftar di https://bpnmedan.com


Isi semua data yang diperlukan, seperti :
- Nomor NIK KTP
- Nama lengkap sesuai KTP
- Email
- Nomor Telepon
- Pihak Layanan (untuk mengurus roya pilih penerimaan berkas)
- Pilih detail layanan (pilih roya, cek bersih atau balik nama)
- Tentukan tanggal yang diinginkan
- Catatan bila diperlukan

Email wajib ada untuk menerima kiriman nomor antrean dan kapan harus datang. Setelah menerima pemberitahuan dari BPN, usahakan untuk datang segera mengurus keperluan.

Berkas yang harus di bawa :
- Foto kopy KTP dan asli
- Surat Asli Tanah/rumah asli
- Surat Tanah/rumah roya dari Bank
- Surat keterangan dari pihak Bank telah menyelesaikan semua tanggung jawab pembayaran

Setelah sampai di BPN, temui Security atau petugas di BPN atau meja petugas pendaftaran. Beritahukan keperluan yang akan diurus. Nantinya akan di beritahu dan dilayani untuk memproses semua keperluan.

Jika untuk mengurus surat roya, nanti akan di beri berkas untuk diisi.

Tapi jika ingin memperoleh berkas atau form pengurusan surat roya bisa download disini. Jadi bisa mengisi form roya di rumah sehingga tidak perlu lagi harus mengisi form di Kantor BPN.

Surat / Form Roya

Isi semua data yang terdapat pada form roya, bawa surat roya atau form roya saat akan mengurus roya. Tunggu nomor antrian di panggil dan semua keperluan akan dilayani dengan baik dan ramah.

Jika nomor antrian sudah terlewat di karenakan keterlambatan datang, jika ada bangku Customer Service yang kosong. Langsung saja datangi dan beritahukan keperluan serta tunjukan nomor antrian.

Tapi lebih baik datang diawal atau cepat, sehingga nomor antrian yang sudah diperoleh tidak terlewat.

Proses cepat tanpa basa basi dan tidak perlu takut di persulit, semua akan dilayani sesuai proses yang telah ditentukan. Sehingga tidak perlu harus mengurus melalui calo.

Setelah itu, nantinya akan di beri surat tertanda tangan pimpinan BPN. Dan ada biaya yang tertulis di surat tersebut.

Dan biaya untuk menurus roya hanya dikenakan Rp. 50.000, biaya ini berlaku ketika tulisan ini di buat dan di publish. Dan pembayaran harus di transfer ke nomor rekening atau yang tertulis di surat tersebut.

Pembayaran bisa melaui ATM atau melaui kantor Pos. Segera bayar biaya pengurusan surat roya tersebut. Agar semua proses bisa berjalan lancar.

Alamat Kantor BPN Medan  : Jln. STM, Sitirejo II, Kec. Medan Amplas, Kota Medan, Sumatera Utara 20217.

Masuk melalui simpang limun medan, jika dari amplas menuju kota medan. Saat di simpang limun belok kiri. Selanjutnya belok kiri lagi, dan posisi kantor BPN Medan berada disebelah kiri jalan. Didepan kantor BPN ada sekolah dan Mesjid.

Jika tidak tahu tepat arah menuju ke kantor BPN Medan, bisa menggunakan Google Map melalui handphone.  

Atau klik link Google Map Kantor BPN Medan.

Posting Komentar untuk "Proses Pembuatan Surat Roya Ke Kantor BPN Medan Di Masa Pandemi Virus Corona"