Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kenapa Banyak Orang Menggunakan Microsoft Word Sebagai Aplikasi Pengolah Kata Khususnya Di Indonesia


Ada pertanyaan yang menggelitik saya, kenapa banyak orang yang menggunakan Microsoft Word sebagai aplikasi pengolah kata dibandingkan dengan aplikasi pengolahan kata lainnya.

Tapi sebelum saya membahas panjang lebar, ada lebih baiknya kita terlebih dahulu mengetahui " Apa itu microsoft Word".

Microsoft Word ini adalah salah satu bagian dari Microsoft Office, yang merupakan perangkat lunak pengolah kata atau word processor yang pertama diterbitkan atau dibuat pada tahun 1983 dengan awal nama Multi-Tool Word untuk Xenix,

Microsoft Word sendiri memiliki konsep "What You See is What You Get" atau yang disingkat WYSIWYG, yaitu yang merupakan program pertama yang dapat menampilkan cetak tebal dan cetak miring pada IBM PC.





Singkat cerita Microsoft Word yang merupakan besutan dari Microsoft Office terus mengalami perkembangan yang sangat signifikan. Dari awal pertama dirilis, dengan besutan Windows 3.0. Microsoft Word terus mengalami perkembangan menjadi Windows 7, Windows 8, Windows Vista dan Windows XP dan yang terakhir muncul kembali besutan Microsoft baru yaitu Microsoft Word 2013 dan yang terbaru Microsoft Word 2020.

Jadi dengan perkembangan Microsoft Word yang terus melakukan revisi terhadap aplikasinya, khususnya microsoft Office. Aplikasi Microsoft Word semakin banyak digunakan oleh berbagai kalangan baik pekerja yang khususnya yang bekerja di dalam ruang atau kantor dan juga banyak digunakan oleh kalangan pelajar dan mahasiswa.

Walaupun dengan perkembangan yang sangat signifikan, microsoft Word tetap menjadi idola bagi kalangan masyarakat khususnya Indonesia. Karena aplikasi ini sangat mudah digunakan dan banyak fitur yang dapat mempermudah orang untuk menyelesaikan pekerjaannya.

Tapi secara umum Kenapa Microsoft Word lebih banyak digunakan dibandingkan dengan aplikasi pengolah kata lainnya, ada beberapa alasan yang bisa diungkapkan:

1. Fleksibel Dan Mudah Di Gunakan
Microsoft Word yang dirilis melalui Windows office menawarkan apapun khususnya bagi pegawai yang bekerja di kantor ataupun para pelajar dan mahasiswa untuk dapat meningkatkan aktivitas kerjanya.

Banyak pekerja, pelajar atau mahasiswa dengan mudahnya meng-edit atau menyunting kata dengan Microsoft Word. Karena Microsoft Word ini sangat fleksibel dan menyediakan beragam fitur untuk mempermudah dalam pengolahan kata.

2. Fitur Yang Begitu Lengkap
Tidak bisa disangkal, bahwa Microsoft Word ini memiliki fitur yang begitu lengkap. Dimana fitur-fitur sangat membantu dalam menulis sebuah tulisan. Walaupun fungsi dari fitur-fitur ini belum banyak diketahui oleh sebagian besar pengguna, tapi sudah sangat bisa membantu bagi pemula yang mulai untuk menggunakan Microsoft Word.

Sehingga bagi pemula yang baru saja mulai menggunakan Microsoft Word sebagai pengolah kata untuk membuat sebuah tulisan, tanpa menggunakan fungsi dari fitur-fitur yang ada di Microsoft Word. Tetap masih bisa menggunakan Microsoft Word ini tanpa ada kesulitan.

3. Lebih Familiar
Untuk di Indonesia sendiri, microsoft Word lebih familiar atau dikenal oleh sebagian pengguna komputer untuk mengolah kata. Ini dikarenakan, setiap Pembelian komputer atau laptop baru. Sudah terinstal dengan namanya Microsoft Office.





Di mana Microsoft Word ini merupakan bagian dari Microsoft Office. Jadi tidak ada pilihan lain bagi pengguna di Indonesia ketika membeli komputer atau laptop dengan aplikasi pengolah kata lainnya.

4. Tingkat keamanan yang tinggi
Bagi pengguna Microsoft Word, setiap tulisan atau file yang disimpan dalam Microsoft Word dapat disimpan dan di protect. Sehingga orang lain tidak bisa mengedit atau mencuri data yang telah siap dan selesai ditulis.

Kontrol yang penuh bagi pengguna Microsoft Word, membuat aplikasi ini aman bagi pengguna terhadap file-file microsoft Word yang kemungkinan saja bisa dicuri oleh orang lain.

5. Tampilan yang sederhana
Tampilan yang dimiliki oleh Microsoft Word ini sangat sederhana. Sehingga para pengguna Microsoft Word merasa lebih nyaman untuk melihat tampilan dari Microsoft Word.

6. Bisa diubah dalam bentuk lainnya
Setelah selesai membuat sebuah tulisan di Microsoft Word kita bisa menyimpan file tersebut dalam bentuk apapun yang kita inginkan. Apalagi tulisan yang berasal dari atau yang dibuat dengan Microsoft Word, ingin dikonversi ke dalam bentuk PDF.

Aplikasi Microsoft Word ini menyediakan berbagai macam convert ke file lainnya khususnya ke file PDF. Sehingga para pengguna tidak harus menggunakan aplikasi lain untuk merubah file Microsoft Word ke file PDF.

Sebenarnya masih banyak lagi, kenapa Masyarakat khususnya Indonesia lebih banyak menggunakan aplikasi Microsoft Word dalam pengolahan kata. Tapi pada dasarnya di Indonesia sendiri Microsoft Office atau Microsoft Word lebih familiar dan lebih terkenal daripada aplikasi pengolah kata lainnya.

Ini dikarenakan pada dasarnya semua komputer atau laptop yang ada di Indonesia atau di jual di Indonesia, semua sudah terinstall dengan aplikasi Microsoft Office. Di mana Microsoft Word merupakan bagian dari Microsoft Office.





Adapun Microsoft Office itu sendiri terdiri dari :
  1. Microsoft Access
  2. Microsoft Excel
  3. Microsoft OneNote
  4. Microsoft Outlook
  5. Microsoft PowerPoint
  6. Microsoft Project
  7. Microsoft Publisher
  8. Microsoft Visio
  9. Microsoft Word
  10. OneDrive for Business
  11. Skype for Business
Semua program dari Microsoft Office seperti diatas dapat langsung digunakan atau dipakai ketika sebuah komputer atau laptop diinstal dengan Microsoft Office.

Sehingga pengguna tidak perlu lagi satu-persatu menginstal program-program yang ada Microsoft Office. Semuanya bisa langsung ada atau terinstal di komputer atau laptop ketika Microsoft Office diinstal.


Posting Komentar untuk "Kenapa Banyak Orang Menggunakan Microsoft Word Sebagai Aplikasi Pengolah Kata Khususnya Di Indonesia"