Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Beberapa Jenis Grafik Di Microsoft Word



Pembuatan grafik di Microsoft Word sangat di perlukan untuk menunjang program atau sistem kerja dalam lingkungan pekerjaan. Semua ini di perlukan untuk mempermudah melihat, apakah sistem kerja berlangsung baik atau malah terjadi penurunan dalam kwalitas kerja.

Untuk itulah sangat diperlukannya grafik agar mempermudah memonitor sistem atau proses suatu pekerjaan.

Grafik di Microsoft Word sendiri di sediakan dalam beragam jenis. Sehingga banyak pilihan grafik yang bisa di gunakan.




Cara membuat Grafik Di Microsoft Word

Buka dulu program Microsoft Word yang memiliki data dan akan di buat grafik.

Misalkan seperti contoh di bawah ini :



Disini ada contoh data tentang kinerja karyawan dalam tiap bulan. Jika laporan bulanan seperti ini memiliki jumlah data yang banyak, pastilah agak report untuk melihatnya. Lebih mudah untuk melihatnya jika dalam bentuk grafik.

Untuk menambahkan data ini ke dalam bentuk grafik di Microsoft Word. 

1. Klik Insert di TAB 
2. Klik Chart 
3. Pilih bentuk grafik yang di inginkan (disebelah kanan)

Dalam pemilihan grafik sesuaikan dengan tabel yang di buat. Ini di perlukan agar lebih mudah memahami antara data tabel dan data grafik.



Misalkan saja grafik (chart) yang di pilih adalah berbentuk Column. Ada banyak bentuk grafik column. Pilih yang sesuai atau yang di inginkan.

Setelah memilih grafik yang sesuai, secara otomatis Data grafik di Microsoft Word akan terhubung langsung dengan Microsoft Excell.



Sampai di sini rubah saja berbagai kategori yang ada di Microsoft Excell. Secara otomatis data kategori yang ada di Microsoft Word akan berubah mengikuti data yang di ubah di Microsoft Excell.


Lihat ketika data yang ada di Microsoft Excell di rubah sesuai data tabel yang ada di Microsoft Word. Secara otomatis grafik yang ada di Microsoft Word akan mengikuti perubahan data tabel yang di Microsoft Excell. 



Kalau di lihat ada kurang satu grafik lagi di Microsoft Word untuk bulan April. 

Untuk menambah bulan April, tarik saja garis warna biru (garis tabel) yang ada di Microsoft Excell ke arah kanan dengan mouse (arahkan mouse ke sudut kiri bawah garis biru di Microsoft Excell).

Klik => Tahan tombol mouse => Tarik kekanan.

Setelah itu tambahkan saja data bulan April di kolom tersebut.

 

Ketika penambahan data di Microsoft di tambah (di Upgrade) maka secara otomatis grafik yang ada di Microsoft Word juga akan berubah menyesuaikan data yang di Microsoft Office.

Dalam pembuatan grafik di Microsoft Word akan membantu dan mempermudah kita untuk melihat perkembangan program suatu pekerjaan menjadi lebih mudah.

Dan jika ingin merubah data grafik yang ada di Microsoft Word atau perlu di perbaiki, maupun ingin merubah bentuk grafik. Cukup arahkan kursor ke area grafik dan klik kanan pada mouse.

Pilihlan perubahan yang di inginkan, apakah grafik atau Edit data. Kalau grafik pilih "Change Chart Type" dan kalau data pilih "Edit Data". 


Itulah cara pembuatan grafik di Microsoft Word dengan cara sederhana, dan jika sudah mahir Anda bisa mengkombinasikan dengan banyak teknik pembuatan grafik di Microsoft Word.


Posting Komentar untuk "Cara Membuat Beberapa Jenis Grafik Di Microsoft Word"