Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Menghindari Tulisan Blog Terdeteksi Plagiarsm [Plagiat] | Akhirnya Google Adsense di Banned



Sudah tidak asing lagi yang namanya Plagiarism (plagiat) dalam dunia blogger ataupun bidang lainnya, seperti youtubers (uploader ulang video orang).

Plagiarism merupakan penyakit yang tidak bisa dihindari dalam dunia blogger (blogging).

Plagiarism (plagiat) ada karena ada penyakit malas berpikir dan malas mencari ide-ide baru sehingga mau cari gampangnya saja.

Sehingga mencari jalan pintas dengan mengambil karya orang lain. Dimana orang tersebut susah payah membuat dan mencari ide. 

Ada orang malas tinggal copy lalu dipergunakan untuk keuntungan pribadinya.

Dalam dunia blogger (blogging), Plagiarism (plagiat) banyak terjadi. Dimana tulisan orang lain di comot dengan gampangnya dan dijadikan tulisan tersebut merupakan tulisannya.


Hal ini bisa dikatakan melanggar Hak Cipta. Dan blog yang mengandung Plagiarsm (plagiat) sudah pasti tidak disukai Google, apalagi blog yang sudah memperoleh kontrak Google Adsense.

Kalau mencerna plagiarsm (plagiat) dalam dunia bloggger, banyak hal yang membuat ini terjadi. Tapi ada juga Plagiarsm yang bertujuan baik.

Misalkan ada blog yang tulisan mengcopy paste dari tulisan blog lain. Tapi itu dilakukan untuk menyebar luaskan tulisan yang dianggap baik atau bagus. 

Dan ditulis asal sumber tulisan tersebut. Agar orang lain bisa membaca tulisan tersebut.

Memang hal ini baik, tapi apakah Google Adsense bisa menerima ini???. Belum bisa dipastikan.

Tapi ada juga blog yang berisi tulisan dari beberapa sumber dan ditulis ulang dengan pemikiran dan pemahaman sendiri.

Ini dibolehkan saja, tapi harus berhati-hati. Terkadang tanpa kita sadari tulisan yang menurut kita sudah merupakan tulisan dari pengembangan dan pemikiran sendiri.

Terkadang mengandung unsur plagiat plagiarism). Itulah yang terjadi juga dengan blog yang ada pada tulisan saya.

Tanpa sengaja saya melakukan plagiat (plagiarsm). Tidak semua tulisan sih...hanya beberapa atau kalimat saja.

Itupun setelah saya cek dengan situs checker plagiarsm (plagiat) yang banyak bertebaran di internet. 

Untuk mengetahui apakah blog atau situs kita mengandung unsur plagiarsm (plagiat). Bisa dicek disitus tersebut secara gratis (free).

Situs yang biasa saya gunakan adalah SmallSEOTools. Dengan situs atau web ini kita bisa merecheck tulisan blog kita, apakah mengandung unsur plagiarsm (plagiat).

Sebaiknya ini kita lakukan sebelum kita mempublish tulisan kita. Setelah dengan mempergunakan situs atau web ini tidak unsur plagiarsm (plagiat) barulah bisa tulisan blog di publish.

2 komentar untuk "Menghindari Tulisan Blog Terdeteksi Plagiarsm [Plagiat] | Akhirnya Google Adsense di Banned"

  1. Tanya gan.. Andai saya mengambil pendapat dari para ahli, trus saya cantumin sunbernya gitu, apa tetep dianggap plagiat??

    BalasHapus
  2. kalau yang agan lakukan adalah membuat suatu kerangka ilmu atau karangan atau makalah. untuk membuktikan tulisan yang agan tulis merupakan dari sumber yang benar dan agan hanya mengembangkannya lagi sebagai opini.

    Biasannya ini dibuat seperti tugas sekolah atau tugas akhir mahasiswa, mereka menulis dan mengembangkan berdasarkan keilmuwan yang sudah diakui secara ilmiah.

    Kalau plagiat adalah mengambil tulisan secara keseluruhan atau meniru gaya, maupun ritme tulisan. Dan menggangap tulisan mereka adalah hasil dari pemikiran mereka sendiri.

    BalasHapus