Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Sirih Cina Untuk Asam Urat | Obat Herbal Yang Luar Biasa


Selama ini saya tidak pernah menyangka tumbuhan yang hidup di perkarangan belakang rumah saya ini memiliki khasiat yang luar biasa. Terkadang tumbuhan ini saya anggap gulma dan saya cabuti ketika membersihkan perkarangan belakang.

Memang saya saat ini belum merasa memiliki penyakit yang membutuhkan penanganan khusus. Memang dahulu saya sering merasa pegal (nyeri di lutut kaki sebeah kiri). Tapi rasa nyeri pada lutut saya sudah tidak terasa lagi.

Memang saya sudah membiasakan diri selalu minum teh hijau racikan sendiri. Karena dalam pikiran saya, mencegah lebih baik daripada mengobati. Apalagi racikan teh hijau saya tidak memerlukan biaya banyak dan memakan waktu.

Biasanya ketika menjelang sore hari, saya selalu membuat minuman teh hijau sambil menunggu hari menjelang malam. Apa saja tumbuhan yang memiliki khasiat herbal, pasti saya jadikan teh hijau. Salah satunya tumbuhan Sirih Cina ini. 

Saya sering merebus daun Sirih Cina sebagai Teh Hijau dan sekaligus memakan tumbuhan ini. Saya rasa kontur dari tumbuhan ini seperti daun bayam. Banyak sekali manfaar yang didapat ketika saya mencari apa khasiat dari tumbuhan ini di Embah Google.

Yang saya rasakan langsung dari meminum tumbuhan sebagai teh hijau adalah tubuh saya merasa mendapat tenaga baru, seperti baru meminum minuman ber-energi. Setelah lelah beraktifitas seharian.


Cara penyajian atau pembuatan teh hijau daun sirih cina sangat sederhana, cukup saya ambil seperlunya. Tapi saya selalu mengusahakan dengan mengambil seluruhnya dari tumbuhan ini sampai akar-akarnya. 

Saya bersihkan dengan air dan saya rebus seluruhnya lalu saya minum, dan setelah air rebusan herbal sirih cina ini habis. Lalu saya makan semua tumbuhan herbal sirih cina tersebut. Saya tambahkan jeruk somboi hanya sebagai pewangi minuman.
 

 Kegunaan yang saya baca sumber Wikipedia, adalah sebagai berikut :
  1. Efek farmakologinya adalah sebagai analgesik (pengurang rasa sakit) dan anti radang (anti inflammatory), diduga terkait dengan efeknya pada sintesis prostaglandin pada tubuh manusia.
  2. Ia diketahui pula memiliki efek antibiotik spektrum luas, ditunjukkan pada pengaruhnya dalam menekan Staphylococcus aureus, Bacillus subtilis, Pseudomonas aeruginosa, and Escherichia coli. Ekstrak daun keringnya dalam kloroform diketahui menghambat fungi Trichophyton mentagrophytes.
  3. Dalam pengobatan tradisional, tumpangan air dikenal sebagai bagian dalam pengobatan sakit perut, bengkak, jerawat, kolik, pegal-pegal, sakit kepala, gangguan kemih, dan sakit sendi karena reumatik.
  4. Di Asia Tenggara, seduhan tumbuhan ini dipakai untuk mengurangi asam urat dan mengobati gangguan kemih. Ia juga digunakan sebagai pembalur untuk jerawat. (sumber tulisan asli / copas : https://id.wikipedia.org/wiki/Tumpang_air). Saya tidak merubah tulisan asli kegunaan dari tumbuhan tumpang air / Sirih Cina Wikipedia).

Tumbuhan ini biasanya hidup dalam kondisi area yang memiliki kelembaban cukup tinggi. Hidup dalam naungan (tidak terkena panas matahari langsung). Apalagi jika musim penghujan, tumbuhan ini akan tumbuh dengan suburnya.

Biasanya pun sering kita lihat tumbuh diantara retakan semen saluran air. Dan terkadang bisa tumbuh di dinding pot bunga yang kurang terawat (khususnya pot yang terbuat dari semen).

Kalau diperhatikan tumbuhan ini jauh atau bebas dari yang namanya hama. Kalau diperhatikan tidak ada hama (kutu) / serangga yang menempel baik didaun maupun di batangnya. Dan akarnya tidak pernah terserang dengan namanya jamur.

Biasanya jamur bisa menyerang daun dan akar tumbuhan yang menyebabkan kematian. Tapi tidak untuk tumbuhan yang satu ini (Sirih Cina / Tumpang Air). Padahal tumbuhan ini hidup di area yang kelembaban cukup tinggi.

Dimana jamur senang dan berkembang biak merajalela dalam kondisi lingkungan yang memiliki kelembaban tinggi.

Kondisi daunpun kelihatan hijau segar dengan batangnya yang transparan, bisa membuktikan tumbuhan Sirih cina / Tumpang Air ini bebas dari segala hama dan jamur.

Ini berarti kandungan dari tumbuhan ini tidak disukai oleh berbagai penyakit khusus untuk tumbuhan. Sehingga tumbuhan ini bisa hidup subur tanpa gangguan. Tapi khasiat yang terkandung didalamnya sungguh luar biasa.

Penyakit yang selalu saya hindari dan menjadi penyakit yang umum ketika usia kita menjelang setengah abad adalah Reumatik, Kolestrol dan Darah Tinggi (beresiko Stroke). Mudah-mudahan dengan saya sering mengonsumsi teh hijau racikan sendiri (khususnya Sirih Cina / Tumpang Air) ini. Bisa menjauhkan saya dari penyakit tersebut.

Tapi yang saya katakan diatas, khasiat yang langsung bisa dirasakan dari teh hijau Sirih Cina / Tumpang Air adalah kondisi tubuh yang tadinya terasa lelah dan capek. Langsung terasa fit dan segar.

Anda bisa menjadikan tumbuhan ini sebagai alternatif minum teh Anda dirumah. Apalagi tumbuhan ini tudak susah dicari. Yang terpenting area hidup tumbuhan ini terkondisi untuk menunjang kehidupannya.

Posting Komentar untuk "Manfaat Sirih Cina Untuk Asam Urat | Obat Herbal Yang Luar Biasa"