Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Blog Pribadi di Blogger | Dengan Gratis


Sekarang ini sudah memasuki namanya zaman NOW. Itupun istilah untuk sebutan pada generasi millennial. Kalau anak zaman dulu diberi gelar dengan sebutan anak OLD.

Beda anak zaman NOW dengan anak zaman OLD hanya karena perkembangan teknologi pada saat ini. Anak zaman NOW sekarang, kehidupan mereka sudah dipenuhi dengan dunia tak nyata, yaitu dunia maya (internet).

Bermain dan berteman merekapun sudah dipenuhi dengan hal-hal tidak nyata. Memang semua itu ada baik dan buruknya. Tergantung mereka mau memanfaat perkembangan teknologi meraih prestasi atau sekedar penikmat saja.

Tapi jika mereka mau sedikit melek mata terhadap perkembangan teknologi. Pastilah mereka akan memperoleh keberhasilan di masa depannya.

Salah satu yang dapat dijadikan penghasilan atau uang adalah menjadi seorang Blogger. Karena blogger adalah hal yang mudah dikerjakan jika di kerjakan dengan sungguh-sungguh. Walaupun bukan hanya menjadi seorang blogger saja bisa menghasilkan uang, masih banyak lagi seperti menjadi Creator Youtuber, Fb Ads, Marketing Online dan masih banyak lagi.


Apa itu Blog dan Blogger ?

Blog adalah fasilitas website atau jurnal online yang memuat berbagai informasi. Berisi konten atau postingan yang selalu di up to date secara berkala. Biasanya dikelola perorangan maupun kelompok yang berfokus pada satu topik walaupun terkadang bisa juga membahas berbagai topik (gado-gado).

Blogger adalah sebutan untuk seseorang yang menjalani blog, yaitu penulis yang mengeluarkan opini dan idenya yang ditulis di dalam blog.

Cara Menjadi Blogger

Untuk menjadi seorang blogger terlebih dahulu harus mendaftar ke salah satu situs yang menyediakan fasilitas ngeblog yaitu salah satunya Google. Tapi masih banyak lagi yang menyediakan hosting untuk membuat blog.

Tapi karena saya menjadi blogger dengan membuat blog di blogger. Saya hanya bisa berbagi bagaimanan cara menjadi blogger dengan blogspot gratisan.

Cara Bikin Blog

Ada beberapa cara membuat blog gratisan :
- Pertama nyakinkan diri kita untuk apa menjadi blogger dan apa tujuannya.
- Harus memiliki bahan yang akan menjadi penulisan di blog. Jangan sampai 
  sudah memiliki blog, akhirnya bingung mau nulis apa.
- Membuat email. Bisa di Gmail, Yahoo dan Windows.
- Mendaftar di blog yang dimiliki Google.


 

Cara Membuat Akun Blog


Buka web blog (blogspot) di mesin pencari (www.blogger.com)
Klik Create Your Blog 


Isi dengan email yang telah Anda buat (miliki) atau bisa juga dengan nomor handphone yang saat membuat email anda masukkan.
 

Isikan password Anda (password yang dibuat saat membuat email).
 

Isikan Nama Tampilan Blog yang Anda inginkan (misal : Nasi Goreng). Setelah dibuat Anda bisa melanjutkannya dengan klik “Lanjutkan ke Blogger”.

Nama Tampilan Blog ini akan menjadi nama profil Anda di Blog. Jadi kalau memang serius isikan Nama Tampilan Blog Anda dengan nama asli. Tapi jika tidak, bukan masalah.

Jadi nama profil akan memberitahu siapa yang memiliki blog tersebut. Bukan judul blog (nama blog). Nama profil berbeda dengan nama blog.



Kemudian Anda akan diminta untuk membuat “Judul” blog. “Judul” blog ini akan menjadi nama blog yang akan Anda buat. Andapun akan diminta untuk mengisi URL blog Anda.

Nama blog ini bisa berbeda dengan URL blog. Tapi alangkah baiknya jika nama blog dengan URL blog memiliki nama yang sama. Walau terkadang ada perusahaan besar / marketing online memiliki nama domain yang berbeda dengan produk.

Tapi untuk blog yang gratis akan sulit menentukkan nama URL dengan judul sama. Karena sudah banyaknya domain yang terpakai. Sehingga kita harus benar-benar mencari nama domain yang tepat untuk alamat URL blog kita.

Setelah mendapatkan domain yang tepat untuk blog kita. Pilihlah Tamplate yang tepat untuk blog. Usahakan template yang secara otomatis dipilih oleh blog bagi blogger pemula.


Terakhir Anda bisa mensetting, apakah blog Anda mau dilihat orang atau hanya Anda saja (pribadi).


  1. Pilih publik untuk dapat dilihat orang lain
  2. Pilih Pribadi (Khusus Penulis Blog), hanya Anda yang bisa melihat blog.
  3. Pribadi (Khusus Pembaca Ini), ini dapat dilihat oleh pengikut (orang) yang telah Anda pilih (tentukan) saja.
Bagi blog gratis maka domain yang tertera adalah blogspot. Tapi Google juga menyediakan domain yang berbayar per tahun. Blog berbayar ini memiliki domain yang berbeda dengan yang gratisan.

Tapi kalau sekedar untuk pribadi, blog domain gratis cukuplah. Contoh blog atau domain berbayar seperti com, id, dll. Dengan domain yang berbayar ini akan menunjukkan pada orang-orang tentang keseriusan kita dalam menjalankan usaha yang di geluti.

Proses pendaftaran blog pun selesai, langkah selanjutnya tinggal kita membuat postingan. Usahakan membuat blog yang membahas satu hal saja. Tapi jika blog gado-gado pun tidak masalah, tinggal kita sesuaikan dengan selera kita.

Tapi jika kita ingin mendaftarkan blog kita ke Google Adsense, lebih baik kita membuat blog yang mambahas satu hal saja dulu, setelah diterima bolehlah menambah postingan yang berbeda. Walau penambahan yang berbeda, hanya sekedar untuk menambah warna pada blog.

Posting Komentar untuk "Cara Membuat Blog Pribadi di Blogger | Dengan Gratis"