Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Instagram di Jadikan Media Usaha | Ikuti 12 Tips Ini Jika Ingin Sukses




Ketika Anda memasuki usaha dalam bidang marketing online. Harus ada kiat yang harus Anda ketahui dan jalani. Hal ini sangat diperlukan karena akan menjadi penunjang usaha Anda ke depan.


Salah satu media untuk mengembangkan dan memperkenalkan brand (usaha dagang) kepada orang lain, adalah Instagram. Kenapa harus Instagram, karena Instagram merupakan salah satu sosial media terbaik dan mudah dalam penggunaannya.






12 Tips yang bisa menjadi pedoman Anda ketika memasuki dan bergelut dalam dunia marketing online :

1. Hampir 200 Juta Lebih Pengguna Aktif Harian
Bisa dibayangkan padatnya aktivitas harian di Instagram jika setiap harinya ada pengguna yang menggunakan Intagram dalam kegiatan sehari-harinya.

Baik untuk pribadi maupun untuk urusan bisnis. Coba bayangkan jika Instagram digunakan untuk kepentingan bisnis. Pastilah sangat mengggiurkan.

Sudah banyak sekarang pada umumnya menggunakan Isntagram untuk kepentingan bisnis. Baik pribadi (personal) maupun untuk kalangan usaha besar. Jadi mulai sekarang di coba untuk menjadikan Instagram sebagai pilihan berikutnya dalam mencari tambahan penghasilan Anda.

2. Beragam Cerita Dapat Di Temukan di Instagram
Pastilah pengguna Instagram dalam sehari membuka aplikasi ini, baik hanya untuk sekedar melihat berita dan cerita atau ingin mengupload cerita sendiri ke Instagram.

Bayangkan jika cerita yang kita upload ke Instagram dan menarik orang untuk membaca dan menyukai dan akhirnya jadi pengikut kita. Pastilah akan banyak like dan komentar yang memenuhi akun Instagram kita.

Instagram yang memiliki pengikut yang banyak akan bisa menjadikan Instagram miliknya menjadi peluang bisnis yang sangat baik. Kalau Anda menyadari itu dan mengambil peluang tersebut dan tidak membuang sia-sia waktu Anda hanya untuk ber-Instagram ceria saja.

Akan banyak yang melihat akun Instagram kita, bukan hanya pengikut saja tapi yang bukan pengikutpun akan melihat Instagram kita. Dan jika mereka tertarik dengan cerita kita, dipastikan dia (mereka) akan menjadi pengikut baru akun Instagram Anda.

Dengan banyak pengikut (pengikut asli/organic....ya) bukan pengikut robot dan banyaknya cerita yang menarik. Terkadang ada sponsor yang ingin memperkenalkan barangnya dan ingin menautkan bisnis/jasa miliknya di akun Instagram Anda.

Dengan begitu pastilah akan menambah pemasukan rezeki (duit) tambahan ke kantong Anda. Apalagi sekarang Instagram sudah mulai mencoba merambah memasukan iklan ke dalam platformnya. Pastilah akun Instagram yang memiliki banyak pengikut akan menambah pundi-pundi uang kedalam dompetnya.

Sekali lagi pengikutnya asli organik bukan robot hasil dari like otomatis yang banyak di jual belikan di situs pencari like.

3. Menambahkan tagar ke Cerita Instagram Anda
Sebelum Anda memulai sebuah cerita ke Instagram, Anda harus mengetahui tagar (#) apa yang lagi booming (banyak dicari orang). Ini seperti kata kunci pada blog maupun Youtube.

Dengan tagar (#) ini akan mempermudah orang untuk mencari cerita di Instagram hanya dengan mengetik pencarian di mesin pencari Instagram. Hasil dari tagar ini akan muncul di bagian feed, yang akan membuat akun Instagram Anda mudah ditemukan!

Jadi tagar (#) ini penting sebelum Anda memulai cerita baru ke Instagram. Dan dengan mengetahui tagar (#) yang banyak dicari, Akan mempermudah Anda untuk mencari bahan cerita untuk akun Instagram.

4. Sertakan Tautan Link Yang Menuju Situs / Web
Media sosial bisa dikatakan penyambung tautan web/situs/blog yang sebelumnya telah kita miliki. Instagram juga bisa dikatakan sosial media yang menjadi penyambung tersebut.

Andai saja Instagram yang kita memiliki pengikut organik (bukan robot)  yang cukup banyak (± 10.000), Instagram kita bisa ditaruh link keluar yang menuju ke situs/web yang kita buat.

Jika Anda memiliki lebih dari 10.000 + * pengikut, ada opsi 'gesek ke atas' di dalam Cerita Instagram Anda untuk menyertakan tautan keluar (misalnya, mengirim seseorang langsung ke situs web Anda, item toko atau artikel blog!)

5. Terus Kembangkan komunitas Anda
Komunitas merupakan hubungan yang dijalin antara seseorang dengan orang lain. Komunitas bisa dijadikan sumber jalinan yang bagus untuk mendapat perhatian lebih.

Jadikan komunitas saling berbagi cerita yang mungkin saja bisa menjadi penghasilan baru kita. Tapi jangan sampai jalinan kasih komunitas hanya untuk mencari uang saja. Hal ini bisa menjadi kesalahan fatal.

Karena namanya perdagangan pastilah mencari keuntungan saja. Sedangkan komunitas itu sendiri sebenarnya bukan mencari keuntungan financial tapi dibentuk untuk menjalin hubungan baik dan saling berbagi cerita, pengalaman, ilmu dan hal lainnya yang bisa menjadi manfaat bagi komunitas ataupun orang lain.

Jalinan kasih di komunitas bisa menjadi jalinan mencari penghasilan antara orang-orang yang ada di jalinan komunitas dengan tingkat kepercayaan yang tinggi.

6. Promosikan Kreatifitas & Kemampuan Anda Pada Orang Lain
Intagram merupakan salah satu flatform sosial media yang bisa dijadikan tempat untuk menunjukkan berbagai cerita dan kreatifitas kita dalam kehidupan sehari-hari.

Jika kita merasa memiliki kemampuan dan kreatifitas yang lebih dan bisa menjadi inspirasi bagi orang banyak. Percayalah, Instagram Anda akan langsung memiliki banyak pengikut yang ingin terus melihat cerita baru atas kreatifitas yang Anda buat.

Kreatifitas yang Anda miliki bisa menjadi sumber penghasilan yang terkadang tanpa Anda sadari. Yang selama ini kreatifitas yang Anda miliki hanya Anda sendiri yang menikmati. Dengan Instagram mulailah berbagi dengan orang lain, yang pasti akan bermanfaat bagi Anda dan orang-orang lain disekitar Anda.

7. Pendekatan Personalisasi dan Keterlibatan Langsung
Anda pasti selalu berhubungan dengan teman yang dikenal dari Instagram. Pastilah Anda akan merasa lebih dekat ke Instagram yang memiliki personalisasi dari pada Instagram yang tidak Anda ketahui seluk beluknya.

Maksudnya disini ketika lebih banyak mengetahui informasi si pemilik Instagram, baik wajah, alamat, pekerjaan, keluarga dan kehidupan sehari-harinya. Pastilah kita akan merasa lebih enak dan memiliki lebih kepercayaan pada orang tersebut.

Jadi jangan sembunyikan Personalisasi Anda jika ingin mendapat kepercayaan lebih dari orang lain. Dan jadilah orang yang sering melibatkan diri (terjun) kedunia orang lain. Asal jangan selalu ikut campur urusan orang.

8. Buat Diri Anda Top of Mind (Brand Awareness)
Kalau Anda mau tahu keterlibatan langsung yang sering Anda lakukan secara rutin terhadap audience Anda akan mempengaruhi tingkat posisi Instagram Anda, apa akan sering dilihat atau tidak.

Algoritma Instagram maupun sosial media lainnya memiliki kecendrungan yang sama untuk menempatkan posisi cerita kita akan selalu dilihat orang atau tidak dengan seiringnya kita selalu melibatkan diri terhadap orang lain.

Coba Anda perhatikan para artis yang Top dengan membuat hingar binger (kasus) yang terkadang sudah dibuat-buat atau disetting. Secara tidak langsung membuat diri mereka selalu menjadi berita dan menjadi puncak tontonan.

Jadi usahakan diri Anda dan Audience selalu terjalin hubungan dengan selalu melibatkan diri terhadap mereka. Tapi dengan kategori hubungan yang baik dan berkomentarlah dengan bijaksana terhadap Audience Anda.

9. Waktu Terbaik Untuk Memposting Cerita dan Berita
Dalam hitungan ini tidak ada satu rumus yang bisa dijadikan kapan waktu terbaik kita mengeposkan berita atau cerita (upload) terbaru ke Instagram.

Tapi disarankan untuk setidaknya sehari dua kali dengan jenjang waktu 10-12 jam. Selebihnya jadikan waktu tersebut untuk melibatkan diri terhadap teman (Audience) kita di Instagram.

10. Mencari Target Pengguna Tertentu
Dalam hal ini Anda harus memiliki target terhadap Audience (teman Instagram) yang menurut Anda bisa dijadikan prospek Anda ke depan.

Usahakan terlibat langsung dengannya, untuk mendapatkan perhatian lebih darinya. Karena dengan begitu ketika Anda rutin melibatkan diri terhadap cerita dan berita, pastilah dia akan juga melibatkan diri terhadap cerita dan berita Anda.

Dengan rutinitas seperti itu, Anda akan memperoleh kepercayaan lebih dari Audience (teman) Anda di Instagram.

11. Sembunyikan Cerita Instagram Anda sendiri dari Pesaing
Dalam hidup pastilah kita memiliki tantangan dan rintangan yang pasti kita hadapi. Terkadang tantangan bisa saja berasal dari pesaing yang juga memiliki bisnis yang sama dengan kita.

Jika itu terjadi, dia (pesaing) bisa menjadikan kita tolak ukur dalam mengembangkan target usahanya. Dan selalu mengikuti Anda untuk mengetahui perkembangan usaha yang Anda lakukan.

Untuk beberapa alasan tersebut, Anda dapat memilih untuk menyembunyikan cerita dan berita baru Anda darinya. Tapi jangan memutuskan perteman, dengan begitu Anda akan terus dapat memantau perkembangan yang dilakukannya dan bisa dijadikan tolak ukur untuk mengembangkan usaha Anda.

12. Berikan Hal Yang Menyenangkan Pada Cerita Instagram Anda
Hal ini yang harus Anda jaga, janganlah mengeluh atau mengemukakan unek-unek (Anda) di sosial media (Instagram), kalau Anda ingin menjadikan Instagram untuk usaha (berdagang).

Setiap orang (semua orang/pedagang dunia online) pastilah atau bisa dikatakan wajib akan memperoleh masalah dan tantangan.

Tapi jadikan masalah dan tantangan tersebut konsumsi Anda pribadi saja. Bukan untuk dijadikan konsumsi orang lain (khalayak ramai).

Dengan begitu orang akan menganggap Anda orang yang menyenangkan dan penuh dengan kecerian.

Coba Anda sendiri pikirkan, jika Anda memiliki teman yang selalu mengeluh. Pastilah dalam hati dan benak Anda merasa muak dengan cerita teman Anda. Karena Anda sendiri saja memiliki banyak masalah yang juga harus diselesaikan.

Jadikan masalah yang anda hadapi diketahui dalam ruang lingkup kecil saja (keluarga), bukan untuk konsumsi orang banyak.

Percayalah, Anda akan banyak memiliki teman yang akan menjadi pengikut Anda di Instagram.

Posting Komentar untuk "Instagram di Jadikan Media Usaha | Ikuti 12 Tips Ini Jika Ingin Sukses"