Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Magnet Di Kehidupan Sehari Hari Yang Ada Di Sekita Kita


Perkembangn teknologi yang salah satunya menggunakan teknologi magnet adalah kompas. Manfaat magnet pada kompas ini digunakan untuk mengetahui arah mata angin yang sering digunakan oleh para pelaut. 
Dan salah satu perkembangan penggunaan magnet ini adalah Tiongkok. Yang sudah menggunakan magnet pada teknologinya dari zaman awal Dinasti Han tahun 206 M.
Pada saat itu tiongkok sudah mampu mengembangkan teknologi kompas dengan jarum yang mengambang dan berputar pada teknologi kompasnya dengan memanfaatkan magnet pada teknologi kompasnya.
Kompas magnetik pertama kali ditemukan sebagai perlengkapan untuk ramalan pada awal Dinasti Han Tiongkok, sekitar tahun 206 SM.
Dan terus dikembangkan lagi pada zaman Dinasti Song di abad ke-11. Dan mulai dikenal dunia, ketika para pelaut Persia ini menggunakan kemajuan teknologi kompas yang berhasil dikembangkan oleh para ilmuwan tiongkok untuk diperdagangkan.

Contoh Manfaat Magnet Dalam Kehidupan Sehari hari

1. Menarik Benda Magnet yang Terbuat dari Logam

Kita pasti pernah menggunakan obeng yang ujungnya memiliki magnet. Gunanya untuk mengambil baut atau mur yang berada dalam lubang yang kecil , jika tidak bisa dijangkau oleh jari tangan. Benda yang dapat ditarik oleh megnet ini sendiri haruslah berunsur logam yang memiliki karbon yang tinggi. Jika tidak pengaruh magnet tidak akan mempengaruhinya.

2. Menghasilkan Listrik Dengan Magnet

Magnet juga mampu menghasilkan listrik, baik dalam jumlah kecil maupun besar. Terganngu dari keperluan dan pembuatannya dalam sakla besar atau kecil. Contoh yang bisa dilihat adalah dynamo sepeda. 

Pada zaman dahulu dynamo sepeda menghasilkan listrik untuk penerangan. Sepeda dulu memilki lampu untuk penerangan jalan, tidak seperti sepeda sekarang. 

Dinamo sepeda memiliki magnet, dan jika ingin menghasilkan listrik, dinamo ini digesekkan dengan ban sepeda, dan jika dinamo itu berputar maka magnet yang ada di dinamo sepeda akan menghasilkan listrik, yang hasil energinya akan disalurkan ke lampu yang ada disepeda.

3. Alat Penunjuk Arah Dengan Pemanfaatan Gaya Magnet

Ketika magnet ditemukan dan manfaatnya adanya magnet begitu besar. Banyak ilmuan yang mencoba untuk memanfaatkan magnet bagi kehidupan manusia. 

Ilmuan William Thomson bernegara inggris pada tahun 1877 berhasil memanfaatkan magnet bagi kehidupan manusia. Karena dengan penemuan ini, sangat mempermudah bagi para penjelajah lautan (kapal) untuk menentukkan arah jalan kapal, tidak harus melihat bintang seperti para penjelajah lautan zaman dulu.
Dan alat yang ditemukkannya adalah kompas untuk menunjukkan arah kutub. Sehingga para penjelajah mengetahui arah mana yang mereka tuju dengan pedoman kutub utara yang ditunjukkan pada kompas ini.
Dan dengan perkembangan zaman akhirnya kompaspun mengalami perkembangan teknologi, seperti kompas analog dan kompas digital.

4. Teknologi Menggunakan Magnet

Dan manfaat yang paling sederhana dan dapat dirasakan langsung dalam kehidupan sehari-hari oleh masyarakat umum adalah penggunaan magnet pada pada teknologi yang dipakai di semua rumah tangga, yaitu kulkas (lemari pendingin). 

Teknologi ini menggunakan magnet yag terletak pada pintunya, karena dengan magnet pintu kulkas tertutup rapat tanpa ada sela udara yang akan masuk ke dalam kulkas (lemari pendingin). 

Dan ada lagi manfaat adanya magnet pada barang yang sering dipakai wanita, yaitu dompet. Para produsen dompet meletakkan magnet pada penutup dompet.

5. Kereta Api Yang Dijalankan Dengan Tenaga Magnet Di Bagian Bawahnya

Dan Teknologi yang paling baru sedang terus mengalami perkembangan dalam memanfaatkan magnet bagi kehidupan manusiai adalah transport umum kereta api. 

Di Negara yang perkembangan teknologi yang sangat maju, mencoba untuk melakukan riset teknologi tinggi penggunaan magnet pada roda kereta api. 

Para ilmuwan Negara tersebut mulai menggunakan atau mangganti roda kereta api dengan memanfaatkan magnet sebagai pengganti roda kereta api. 

Sehingga kelak kereta api tidak lagi menggunakan ban kereta api yang sekarang masih menggunakan roda yang terbuat dari besi. 

Kelak kita mungkin tidak mendengar keberisikan kereta api lagi. Karena kereta api sudah menggunakan teknologi magnet pada ban keretanya. Tapi sampai sekarang teknologi ini masih terus dalam pengembangan.

Posting Komentar untuk "Manfaat Magnet Di Kehidupan Sehari Hari Yang Ada Di Sekita Kita"