Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Kunyit Bagi Kesehatan Tubuh Manusia

 

18 Manfaat Kunyit Untuk Kesehatan Tubuh Manusia

Begitu banyak manfaat kunyit untuk kesehatan tubuh manusia yang bisa dirasakan, jika bahan ini di gunakan untuk menjaga kesehatan tubuh. Kunyit merupakan bahan rempah-rempah yang biasa digunakan sebagai salah satu penyedap masakan.

Kunyit sendiri merupakan tanaman asli yang berasal dari Asia Tenggara. Banyak bangsa di Asia menggunakan kunyit sebagai bahan kesehatan. Khususnya Indonesia, kunyit dijadikan minuman kesehatan dan dikenal dengan nama jamu.

 
Selain digunakan untuk penyedap masakan, banyak manfaat kunyit yang bisa digunakan jika dikonsumsi secara rutin. 



Karena banyaknya manfaat kunyit bagi kesehatan, apa saja sih kandungan yang ada di dalam kunyit.Berikut adalah kandungan senyawa yang terdapat dalam kunyit, di antaranya:

  1. Arabinosa, fruktosa, glukosa, pati, tanin dan dammar.
  2. Mineral yaitu magnesium besi, mangan, kalsium, natrium, kalium, timbal,  seng, kobalt, aluminium dan bismuth.
  3. Zat warna kurkumin yang merupakan suatu senyawa diarilheptanoid 3-4% yang terdiri dari Curcumin, dihidrokurkumin, desmetoksikurkumin dan bisdesmetoksikurkumin.
  4. Minyak atsiri 2-5% yang terdiri dari seskuiterpen dan turunan fenilpropana turmeron (aril-turmeron, alpha turmeron dan beta turmeron), kurlon kurkumol, atlanton, bisabolen, seskuifellandren, zingiberin, aril kurkumen, humulen.

Setelah mengetahui unsur senyawa yang terdapat pada kunyit. Inilah Manfaat Kunyit Bagi Kesehatan Tubuh Manusia (untuk bahan pengobatan) :
       

1. Untuk Penderita Maag

Manfaat kunyit bagi penderita maag, mampu mengurangi bahkan menyembuhkan sakit maag dan kembung bagi penderita dyspepsia.


2. Tukak lambung

Beberapa penelitian menyatakan, khasiat kunyit bagi kesehatan adalah mengatasi sakit tukak lambung.


3. Mampu mengurangi rasa nyeri

Bagi yang sering mengalami nyeri sendi pada tulang. Disarankan untuk sering mengkonsumsi minuman kunyit. Karena senyawa Kurkumin pada kunyit mampu meredakan rasa nyeri pada sendi.


4. Menjaga kesehatan sistem saraf otak

Bagi lansia menjadikan kunyit sebagai minuman herbal sangatlah disarankan karena mampu menjaga kemampuan memori otak manusia. Brain-Derived Neurotrophic Factor (BDNF) adalah salah satu hormon yang bekerja dalam proses pembentukan koneksi-koneksi baru di otak. Selain itu juga mampu mencegah penyakit yang berhubungan dengan otak manusia.


5. Menjaga kesehatan jantung

Jantung merupakan sumber aktivitas tubuh manusia yang paling utama. Perlu dijaga agar selalu stabil dan sehat. Banyak kematian di Indonesia ini diakibatkan jantung yang kurang sehat. Bagi yang memiliki riwayat jantung dikeluarganya, usahakan untuk menjadikan kunyit ini sebagai minuman herbal untuk menjaga kesehatan jantung.

Ekstrak dari kunyit, memiliki antioksidan dan antiinflamasi yang dapat membantu mencegah serangan jantung pada mereka yang telah menjalani operasi bypass.




6. Ruam / bekas / tanda pada kulit

Jika di konsumsi secara rutin, kandungan senyawa pada kunyit mampu menyamarkan bahkan mampu menghilangkan ruam / bekas / tanda pada kulit.


7. Mampu menghambat perkembangan sel kanker

Manfaat kunyit ini yang mengandung senyawa kurkumin dapat menghambat perkembangan sel kanker. Juga mampu mengurangi pertumbuhan darah baru pada tumor. Manfaat kunyit bagi kesehatan lainnya adalah kemampuannya memperlambat penyebaran kanker payudara ke paru-paru dan bagian tubuh lain.


8. Meredakan rasa sakit saat menstruasi

Bagi wanita yang sering mengalami keterlambatan menstruasi untuk disarankan sering mengkonsumsi ekstrak kunyit. Agar menstruasinya lancar setiap bulan, serta juga menghilangkan rasa nyeri saat menstruasi.


9. Menjaga dan mengobati penderita asma

Kunyit memiliki sifat analgesik yang baik untuk digunakan melindungi paru-paru penderita asma dengan menekan peradangan di bronkus.


10. Menurunkan berat badan

Manfaat kunyit untuk yang satu ini sangat baik bagi penderita obisitas (kegemukan). Senyawa yang terdapat pada kunyit mampu merespon peradangan pada sel tubuh, termasul sel otot, lemak dan pankreas. Dengan begitu, berat badan cenderung lebih stabil.


11. Menurunkan kadar gula dalam tubuh

Kadar gula yang tinggi bisa menyebabkan komplikasi beberapa penyakit. Manfaat kunyit bagi kesehatan adalah terjaganya kadar gula dalam darah. Jika yang sudah menderita diabetes, cobalah untuk rutin mengkonsumsi kunyit. Manfaat kunyit dipercaya dapat menurunkan gula darah dalam tubuh. Efek ini diduga terkait kemampuan antiinflamasi yang dimiliki oleh kunyit.




12. Menstabilkan cairan dalam tubuh akibat diare (mencret)

Manfaat kunyit bagi kesehatan lainnya adalah kemampuannya mengatasi diare. Kandungan magnesium dan kalium pada kunyit membantu melawan dehidrasi dan menyeimbangkan cairan tubuh yang terkuras akibat serangan diare.


13. Mengobati atau menghilangkan alergi

Manfaat kunyit bagi kesehatan lainnya adalah sebagai antialergi, dapat mengatasi reaksi alergi pada kulit. Seperti halnya antihistamin, manfaat kunyit bagi kesehatan adalah mencegah pelepasan senyawa histamin yang dapat memicu reaksi alergi sekaligus menghambat aktivitas protein penyebab peradangan.


14. Mengurangi mual

Manfaat kunyit bagi kesehatan adalah mengurangi rasa mual. Kandungan phytochemical di dalam kunyit ini sebagai  antioksidan di tubuh yang berfungsi memerangi racun sehingga rasa mual akan teratasi. Bagi yang sedang bepergian jarak jauh disarankan untuk meminum ramuan kunyit ini sebelum berangkat. Agar terhindar dari rasa mual.


15. Mengobati nyeri lambung akibat asam lambung

Manfaat kunyit ini jika sering dikonsumsi akan membuat pencernaan (usus atau lambung) lebih sehat.
Senyawa yang terdapat pada kunyit bermanfaat untuk melindungi dan melapisi dinding lambug dan usus dengan meningkatkan produksi lender pada dinding lambung dan usus. Sehingga mampu mencegah pengikisan pada dinding lambung dan usus.


16. Mengatasi Alzheimer

Manfaat kunyit bagi kesehatan tubuh dapat mencegah penumpukan senyawa beta-amiloid yang dapat merusak otak pada penderita penyakit Alzheimer.


17. Sebagai perawatan kulit

Selain untuk kesehatan, manfaat kunyit juga bisa untuk perawatan kulit dan kecantikan. Karena kandungan antioksidannya, mampu membantu proses regenerasi kulit, juga mampu untuk mengurangi pembentukan noda hitam pada kulit, mengobati dan menghilangkan bekas jerawat dan masalah kulit lainnya.




18. Mengurangi tekanan gas

Buang gas merupakan hal normal bagi tubuh manusia. Menandakan tubuh dalam keadaan sehat. Tapi bagaimana jika mengalami buang gas yang berlebih, apakah itu sehat atau sebaliknya.
Jika gas yang di keluarkan berlebihan, maka hal itu menandakan ada masalah pada sistem pencernaan. Manfaat kunyit bagi kesehatan ampuh mengurangi tekanan gas dalam perut. Senyawa kunyit berfungsi mengurangi asam pada perut yang berlebih.

Posting Komentar untuk "Manfaat Kunyit Bagi Kesehatan Tubuh Manusia"