Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jenis Jenis Tinta Printer | Dye, Pigment (Duribrite) & Sublim


 

 
Banyak tinta dipasaran yang dapat digunakan untuk printer epson. Walaupun epson sendiri mengeluarkan tinta printer produk mereka sendiri (untuk printer generasi baru). 

Biasanya jika membeli printer baru epson, epson telah melengkapi paket printer baru tersebut dengan tinta original epson, yaitu Tinta 664 dan Tinta 673. Walaupun kedua jenis tinta sama yaitu berjenis Dye Base

Tapi kwalitas tinta berbeda (menurut epson). Kalau tinta epson 664 biasanya digunakan untuk printer 4 warna type L3XX dan tinta epson 673 untuk printer 6 warna untuk printer L800 dan generasi terbarunya.

Walaupun jenis tinta ini sama yaitu Dye Base tapi kwalitas berbeda (menurut epson). Kalau tinta epson 664 penggunaanya hanya untuk teks saja dan tinta epson 673 diperuntukkan untuk foto. 

Walaupun kedua jenis tinta tersebut dapat digunakan untuk mencetak teks dan foto. Tapi hasil ada perbedaan khususnya untuk foto. Degradasi warna lebih bagus untuk hasil menggunkan tinta epson 673 khusus printer epson L800. 

Sebenarnya tinta epson L800 pun dapat di gunakan untuk printer epson type L3XX. Tapi karena hanya 4 warna hasil foto tetap bagus yang menggunakan tinta epson 6 warna (epson L800).

Untuk hasil foto dan ketahananya untuk kedua jenis tinta bisa dikatakan sama, jika hasil foto tersebut menggunkan kretiria jenis kertas foto biasa (murah). Beda halnya jika tinta epson L673, mencetak fotonya menggunakan jenis kertas Selky atau bisa dikatakan jenis kertas foto yang bagus atau mahal. 

Daya tahan foto tersebut lebih bagus ketimbang tinta epson L664 (epson L3XX). Tapi harga tinta epson L673 sangat mahal bisa mencapai 150 ribuan dibandingkan tinta epson L664 yang berkisar 80 ribuan. 

Tapi walaupun tinta epson L673 mahal dan bagus untuk foto, jika foto tersebut terkena air, warna foto tersebut juga akan mengalami kelunturan walau tidak langsung spontan, akhirnya akan terkerosi juga jika terus menerus terkena air. 

Warnanya pun akan sedikit berubah jika foto tersebut telah berumur lama walaupun jika tidak terkena air. Maka kedua tinta ini disarankan untuk tidak digunakan mencetak foto ijazah.

Untuk mengatasi hasil dari kekurangan jenis tinta Dye Base, ada beberapa produsen tinta mengeluarkan jenis tinta Pigment. Dimana tinta ini dbuat untuk memiliki daya tahan terhadap air dan cahaya. 

Sangat baik digunakan mencetak teks atau surat-surat penting dan untuk mencetak foto. Untuk daya tahan sudah tidak diragukan lagi terhadap air dan cahaya. Tinta ini dapat dipergunakan untuk printer epson. Dengan catatan kita harus tahu pengaruh tinta ini terhadap Catridge epson kita. Warna tinta pigment inipun berbeda dengan tinta dye base. 

Tinta pigment lebih pekat dibandingkan dengan tinta dye base. Kalau harga tinta pigment (bukan produksi epson) sebanding dengan harga tinta epson L664. Mungkin jika epson mengeluarkan tinta jenis pigment harga pastilah mahal. 

Saya sendiri belum ada mendengar, apakah epson ada mengeluarkan jenis tinta pigment khusus warna, tapi jika untuk warna hitam epson ada memproduksinya, khusus untuk printer epson M200 yang harganya WOWWWWW 200 ribuan (sangat mahal sih).

Terakhir Tinta Sublim. Tinta ini juga dapat digunakan di printer epson. Tapi juga kita harus tahu pengaruhnya terhadap Cartridge epson kita dan penggunannya untuk apa. Kalau memang kita menggunkan tinta ini untuk mentransfer sesutau gambar atau foto ke kain (baju), tinta ini sangat disarankan penggunaanya walaupun tinta pigment juga bisa untuk ini. Tapi daya tahan tinta sublim lebih bagus.

Sekarang tinggal kembali  ke kita. Jika kita menggunkan jenis-jenis tinta tersebut yang telah dibahas, kita tinggal milih sih...untuk keperluan apa kita menggunakannya.