Sejarah Singkat Peluncuran Algoritma Panda
Pada 26 September 2018, Google mengumumkan akan memperbarui algoritma Panda. Sebagian besar dari Anda pasti pernah mendengar tentang Panda di internet jika Anda seorang blogger.
Serupa dengan algoritma Penguin, algoritma Panda adalah salah satu algoritme paling terkenal yang bertugas untuk menilai kualitas konten dan menurunkan peringkat konten berkualitas rendah. (Konten berkualitas tinggi akan ditempatkan diposisi terbaik).
Saat pertama kali Google memperkenalkan algoritme Panda, hal itu menyebabkan banyak variasi dalam peringkat penelusuran.
Peluncuran algoritma Panda ini adalah salah satu cara yang dilakukan oleh Google untuk lebih fokus pada kualitas konten , dengan menurunkan evaluasi situs berkualitas rendah dan merancang situs yang berkualitas tinggi untuk bisa tampil di halaman terbaik Google.
Asal Muasal Nama "Panda"
Pembaruan Panda belum merupakan pembaruan yang langsung / waktu nyata, tetapi ini adalah bagian dari algoritme inti. Menurut tweet Google Gary Illyes pada Januari 2016, jelas bahwa pembaruan panda diposisikan sebagai bagian dari algoritme inti.
- Gary Illyes (@methode) 11 Januari 2016.
"Panda adalah algoritme yang diterapkan pada situs secara keseluruhan dan telah menjadi salah satu sinyal peringkat inti kami. Ini mengukur kualitas situs, yang dapat Anda baca lebih lanjut di pedoman kami. Panda memungkinkan Google mempertimbangkan kualitas dan menyesuaikan peringkat yang sesuai”.
- Pembaruan Panda 1, 24 Februari 2011 Panda 1.0 (mempengaruhi 11,8% kueri, hanya bahasa Inggris di AS)
- Pembaruan Panda 2, 11 April 2011 Panda 2.0 (mempengaruhi 2% kueri di negara-negara berbahasa Inggris)
- Pembaruan Panda 3, 10 Mei 2011 (tidak ada pengumuman)
- Panda Update 4, 16 Juni 2011 (tidak ada pengumuman)
- Pembaruan Panda 5, 23 Juli 2011 (tidak ada pengumuman)
- Pembaruan Panda 6. 12 Agustus 2011 (mempengaruhi 6-9% kueri, banyak bahasa yang tidak berbahasa Inggris)
- Pembaruan Panda 7, 28 September 2011 (tidak ada pengumuman)
- Pembaruan Panda 8, 19 Oktober 2011 Panda 3.0 (mempengaruhi 2% kueri, terlambat diumumkan)
- Pembaruan Panda 9, 18 November 2011 (mempengaruhi kurang dari 1% kueri.)
- Pembaruan Panda 10, 18 Januari 2012 (tidak ada pengumuman)
- Pembaruan Panda 11, 27 Februari 2012 (tidak ada pengumuman)
- Pembaruan Panda 12, 23 Maret 2012 (mempengaruhi 1,6% kueri.)
- Pembaruan Panda 13, 19 April 2012 (tidak ada pengumuman)
- Panda Update 14, 27 April 2012 (tidak ada pengumuman)
- Pembaruan Panda 15, 9 Juni 2012 (mempengaruhi 1% kueri, terlambat diumumkan)
- Pembaruan Panda 16, 25 Juni 2012 (mempengaruhi 1% kueri.)
- Pembaruan Panda 17, 24 Juni 2012 (mempengaruhi 1% kueri.)
- Pembaruan Panda 18, 20 Agustus 2012 (mempengaruhi 1% kueri, terlambat diumumkan)
- Pembaruan Panda 19, 18 September 2012 (Pengaruh kurang dari 0,7% kueri.)
- Pembaruan Panda 20, 27 September 2012 (2,4% berdampak pada kueri bahasa Inggris, diumumkan terlambat)
- Pembaruan Panda 2, 5 November 2012 (mempengaruhi 1,1% kueri bahasa Inggris; dampak 0,4% di seluruh dunia)
- Pembaruan Panda 22, 21 November 2012 (mempengaruhi 0,8% kueri bahasa Inggris.)
- Pembaruan Panda 23, 21 Desember 2012 (mempengaruhi 1,3% kueri bahasa Inggris.)
- Pembaruan Panda 24, 22 Januari 2013 (mempengaruhi 1,2% kueri bahasa Inggris.)
- Pembaruan Panda 25, 15 Maret 2013
- Pembaruan Panda 26, 18 Juli 2013
- Pembaruan Panda 27, 20 Mei 2014 Panda 4.0 (mempengaruhi 7,5% kueri bahasa Inggris)
- Pembaruan Panda 28, 25 September 2014 Panda 4.1 (mempengaruhi 3-5% kueri)
- Pembaruan Panda 29, 18 Juli 2015 Panda 4.2 diimplementasikan dengan lambat (mempengaruhi 2-3% kueri). Menurut artikel tambahan " Google: Panda 4.2 Diluncurkan Secara Lambat Karena Alasan Teknis " dari Search Engine Land, alasan "implementasi yang lambat" ini telah dijelaskan.
Memahami Algoritma Google Panda
Mengapa Pembaruan Panda dilakukan oleh Google
Seperti halnya pembaruan Penguin, latar belakang pembaruan Panda lebih mengutamakan kualitas konten daripada mengutamakan pengguna . Saat algoritme Google belum berkembang seperti sekarang, kumpulan konten dengan banyak konten berkualitas rendah dan hanya situs yang berisi salinan bisa berada di bagian atas hasil pencarian Google.
Diduga hal ini dilakukan hanya untuk mendapatkan penghasilan dari iklan yang terkait dengan pengunjung situs dan sama sekali tidak bermanfaat bagi pengguna.
Dan pembaruan Panda ini diharapkan akan mampu mengatasi masalah konten berkualitas rendah dan hanya sekedar mengejar tujuan SEO yang sama sekali tidak berguna bagi pengguna atau pengunjung situs.
Apa Pengaruh yang ditimbulkan dengan Pembaruan Panda?
Seperti dijelaskan di atas, pembaruan Panda bertujuan untuk menempatkan konten berkualitas di halaman atas Google dan menerapkan evaluasi ketat pada semua konten. Dengan adanya pembaruan ini nantinya Anda akan disajikan oleh konten-konten berkualitas yang telah dievaluasi oleh pembaruan Panda.
Dan Konten yang akan di Evaluasi oleh Pembaharuan Panda
1. Konten duplikat
Mengacu pada konten yang dibuat secara otomatis oleh program, dll. Memang ini mampu untuk meningkatkan peringkat pencarian. Kata kunci yang ada di konten tetap dikenali sebagai pencarian Google, namun banyak konten yang tidak dipahami ketika dibaca oleh manusia.
2. Konten yang dibuat secara otomatis
Teks yang dihasilkan oleh program tertentu hanya akan seperti situs spam, dan ini tidak seharusnya dibaca oleh manusia atau pengunjung. Karena tujuannya hanya untuk menempatkan teks sebagai tindakan SEO agar bisa tampil di peringkat tertinggi halaman Google, dan isinya tidak sangat tidak relevan untuk dibaca dan dipahami.
3. Situs yang memiliki konten tipis yang hanya berisi iklan tidak pantas
Poin yang dianggap Google berkualitas tinggi
Meski tidak dirinci, poin-poin berikut dianggap meningkatkan evaluasi dari 25 elemen yang dipublikasikan di blog webmaster.
- Memberikan nilai unik
- Analisis multifaset yang disertakan
- Membuat konten yang mudah dipahami pembaca, seperti ringkasan keseluruhan dari konten
- Menunjukkan detailnya lengkap dari konten
Kombinasi rumit dari faktor-faktor ini menyebabkan peringkat penelusuran berfluktuasi. Konten harus bisa bermanfaat bagi pengguna. Pengguna tidak boleh melihat konten yang serupa atau situs yang membingungkan di hasil penelusuran.
Selain itu, fakta bahwa Google akan mengevaluasi konten yang masuk dalam kriteria yang jelas. Dan ini untuk memberikan pesan kepada pemilik situs untuk membuat konten yang bermanfaat bagi pengguna.
Update pembaruan Panda ini terungkap melalui pengumuman dari Google 's Pierre Far . Menurut Pierre Far,situs berkualitas tinggi dalam skala kecil ajan sulit untuk dievaluasi. Namun sekarang semua halaman akan menerima evaluasi untuk mencari dan menempatkan konten berkualitas di halaman atas Google.
Meskipun Anda tidak dapat melakukan SEO konten dengan sempurna seperti yang dilakukan oleh situs-situs berskala besar. Tapi saat ini untuk situs kecil dan menengah yang terus meningkatkan kualitas kontennya akan memiliki kesempatan yang sama dengan situs besar asalkan menerapkan aturan yang tepat yang diinginkan Google.
Pembaruan Panda akan terus diperbaiki di masa-masa mendatang, tetapi Google memahami bahwa konten yang yang baik adalah konten yang berguna bagi pengguna. Dan ini akan terus dilakukan evaluasi oleh Google.
Konten selama ini memang tidak selalu bisa menghasilkan dampak besar bagi situs, namun dengan situs yang memiliki konten yang fokus dalam pembahasan adalah cara terbaik untuk dapat berada di halaman teratas Google.
Posting Komentar untuk "Sejarah Singkat Peluncuran Algoritma Panda "