Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penerapan Strategi Pemasaran Produk Baru


Pemasaran untuk mencapai sasaran penjualan produk yang tepat, harus didukung oleh penerapan strategi yang tepat pula. Ini perlu agar tujuan yang telah ditargetkan akan tercapai. Strategi pemasaran yang tepat diharapkan akan mencapai sasaran-sasaran yang telah direncanakan. Untuk itu, sangat diperlukan strategi pemasaran produk. Apalagi pemasaran pada produk-produk baru.

Banyak perusahaan yang baru merintis salah dalam penerapan strategi pemasaran produk, bagi mereka yang penting menawarkan produk dan ada yang membeli. Memang cara tersebut bisa dilakukan dan produk terjual.

Namun perlu diketahui bahwa kemungkinan hasil masksimal penjualan tidak akan tercapai. Hanya ada penjualan namun hasil keuntungan tidak akan bisa memuaskan, apalagi jika perusahaan harus membayar gaji karywan dan staff.

Apalagi perusahaan baru yang dijual juga produk baru, harus ada strategi yang tepat agar pemasaran produk atau barang baru bisa maksimal.

Ada beberapa strategi pemasaran produk baru jika ingin menghasilkan keuntungan dan target penjualan bisa maksimal.
  1. Hal pertama yang harus dilakukan adalah riset pasar. Ini penting dilakukan untuk mengetahui kebutuhan terhadap barang tertentu. Lihat dan pelajari kebutuhan dimasyarakat terhadap suatu produk. Sehingga akan diketahui produk apa yang lagi banyak dicari.
  2. Setelah mengetahui dengan pasti yang dibutuhkan masyarkat atas sebuah produk, langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah promosi produk baru. Lakukan promosi dengan tepat dan ringkas, sehingga produk baru yang ditawarkan terlihat menarik. Promosi bisa dilakukan dengan media apapun, yang terpenting adalah promosi tersebut tepat sasaran. Jika ingin promosi sendiri tanpa harus mengeluarkan dan yang banyak bisa menggunakan blog sebagai media promosi atau pemasaran. 
  3. Ini yang paling penting, yaitu memberikan pelayanan terbaik kepada konsumen. Jangan ada image bahwa pelayanan kurang baik. Sehingga akan menjadi boomerang kedepannya. Jika pelayanan harus dilakukan oleh karyawan atau staff. Berikan didikan pada karyawan atau staff bagaimanan memberikan pelayanan terbaik pada pelanggan.
  4. Ketika ingin memasarkan produk baru, jangan terburu-buru langsung menjual sebelum melakukan strategi pemasaran terhadap produk baru yang akan dijual. Lakukan perencanaan strategi pemasaran, lihat, pelajari dan pikiran dengan matang arah dari pemasaran yang dinginkan. Misalkan produk tersebut ditargetkan pada kelompok usia, jemis kelamin atau lainnya.
  5. Menjaga hubungan yang baik dengan konsumen dan jangan membeda-membedakan konsumen. Layani semua dengan baik tanpa melihat latar belakang konsumen.
  6. Selalu berpenampilan yang terbaik demi memikat konsumen. Ini sangat penting agar konsumen merasa melihat sesuatu yang lain dengan penampilan yang menarik ketika menawarkan produk.
  7. Sampaikan tentang produk atau diskripsi produk yang ditawarkan dengan baik dan benar, tanpa harus menambahkan sesuatu cerita yang tidak ada kebenaran terhadap produk tersebut.
  8. Selalu tersenyum jika produk yang ditawarkan dibeli atau tidak dibeli. Bisa menjalin komunikasi dengan konsumen jika nantinya berminat untuk membeli dkemudian hari.
  9. Ini yang paling penting, jika menawarkan produk baru. Berikan discount atau bonus kepada pembeli jika membeli produk lebih banyak.
  10. Jangan mengambil keuntungan lebih banyak dulu jika memasarkan produk baru. Ini penting, anggap saja sebagai media promosi dengan menawarkan barang lebih murah atau mengambil keuntungan yang sedikit. Biarkan dulu sampai produk baru menjadi terkenal dan mulai menambah harga untuk memperoleh untung lebih banyak.
Saat ini persaingan semakin ketat dan semakin sulit untuk bersaing dengan produk-produk lama yang sudah lama eksis. Maka diperlukan strategi pemasaran produk baru yang tepat dan efisien agar produk baru yang ditawarkan bisa bersaing.

Media promosi menjadi hal mutlak yang harus dilakukan, karena strategi pemasaran dengan melakukan promosi akan membuat produk baru lebih cepat dikenal. Jika tidak ingin mengeluarkan dana yang besar untuk promosi. 

Promosi bisa dilakukan dimedia sosial, dan jika ingin berpromosi di web atau blog. Buatlah web atau blog untuk mempromosikan produk.

Jika tidak bisa membuat blog, banyak situs yang menawarkan pembuatan blog dengan biaya murah. Semua pembuatan web atau blog nantinya pihak ketiga yang akan mendesain blog dan barang atau produk yang akan ditampilkan untuk dijual.

Posting Komentar untuk "Penerapan Strategi Pemasaran Produk Baru"