Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Cara Meningkatkan Pengunjung Website / Blog

Hal Positif Untuk Meningkatkan Lalu Lintas Website

 Cara Meningkatkan Pengunung Website

Untuk melihat data lalu lintas website bisa dilihat dengan beberapa alat gratis maupun berbayar yang banyak tersedia dan ditawarkan oleh beberapa situs.

Mulai dari platform analitik sampai alat situs website seperti SimiliarWeb atau Alexa.

Selain itu, Anda juga dapat menggunakan alat yang dibuat untuk tujuan tertentu, seperti alat pengawas SEO dan PPC, seperti Ahrefs, SEMrush, Spyfu, KeywordSpy, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Untuk diketahui bahwa alat-alat ini menggunakan metodologi yang mampu memperkirakan lalu lintas website. Namun tidak mengetahui statistik lalu lintas secara pasti atau sebenarnya.

Namun alat-alat tersebut masih bisa digunakan untuk memperkirakan data analitik suatu website, sehingga bisa dijadikan sebagai acuan dalam memperkirakan lalu lintas atau sebagai pembanding.

Tapi sebenarnya ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan lalu lintas situs atau website. Dan cara inilah yang sebenarnya mampu mendongkrak lalu lintas website agar lebih meningkat.

1. Riset Kata Kunci (Keyword)

Pertanyaan Apakah kata kunci masih penting untuk pengoptimalan mesin telusur (SEO)?

Dan Apakah kata kunci masih penting bagi Google?

Jawaban singkat dari pertanyaan tersebut : Tentu saja IYA

Apa sih kata kunci itu?, Kata kunci merupakan kata tunggal hingga kata frasa yang kompleks dan digunakan untuk membuat konten di website guna meningkatkan lalu lintas penelusuran secara organik.

Pengunjung atau pencari informasi akan menggunakannya saat menelusuri artikel di mesin pencari dengan menggunakan kata kunci yang terkait dengan artikel yang dibutuhkan.

Jika mampu meneliti kata kunci yang tepat dan mampu mengoptimalkan kata kunci (Keyword) secara efektif, kata kunci bisa bertindak sebagai saluran penghubung antara pengunjung dengan website.

2. Kata Kunci Long Tail dan SEO

Secara garis besar kata kunci long tail sebenarnya sangat sulit untuk di optimalkan. Google sendiri mengatakan bahwa hanya 15%  yang menggunakan pencarian dengan kata kunci long tail.

Tapi bukan berarti long tail tidak memiliki kesempatan untuk bisa bersaing dengan kata kunci short tail (kata kunci pendek).

Mungkin penggunaan kata kunci Long Tail masih bisa digunakan, karena bisa menarik pengunjung berdasarkan kata kunci long tail. 

Karena bisa saja pengunjung tertarik dengan kata kunci yang belum pernah di lihatnya atau judul yang dianggap unik berdasarkan pencarian kata kunci.

3. Topik & Format Konten

Topik dan format konten pada website sangat menentukan perkembangan website kedepannya. Karena hal ini merupakan tolak ukur bagi pengunjung untuk menilai website yang dikunjungi.

Memang sebuah website harus bisa memenuhi apa yang diperlukan dan diinginkan setiap pengunjung. 

Website harus bisa melihat dan mencari tahu apa yang diperlukan pengunjung, dan mampu memenuhi yang dibutuhkan.

Setelah memahami yang dibutuhkan pengunjung, hal yang perlu dilakukan adalah melihat pesaing atau website lain. Sehingga bisa menentukan topik konten yang akan dibuat.

Lakukan analisis lalu lintas website pesaing sebagai bahan perbandingan, perbandingan ini dilakukan untuk menemukan campuran topik atau konten yang tepat untuk website.

Untuk melihat website pesaing, bisa menggunakan alat bantu seperti SimilarWeb dan SEMrush atau alat lainnya sebagai kombinasi untuk mencari gambaran konten atau topik yang tepat.

4. Membangun Link Building

Dari semua pakar SEO sepakat, membangun link building merupakan pekerjaan yang paling berat. Karena memelihara satu web / blog saja sudah harus banyak penerapan dan strategi yang harus dilakukan.

Jika ingin mudah membangun link building, banyak jasa yang menawarkan membangun link building untuk meningkatkan lalu lintas web.

Namun itu memerlukan biaya yang tidak murah, tentu saja bagi website kecil membangun link building dengan biaya mahal akan terasa sangat jauh.

Seperti kata pepatah ‘Besar pasak daripada tiang’.

Link building memang bisa dilakukan sendiri, tapi bisa dikatakan hal ini sangat menyita waktu dan pikiran.

Apa sih Link Building, sederhananya link building sering disebut dengan backlink atau PBN.

Mengarahkan link yang berasal dari luar untuk menuju ke sebuah website.

Banyak website yang bisa digunakan untuk membangun link building, namun semuanya harus di lakukan sama seperti membangun website sendiri.

Artikel yang dibuat dan perlakuan artikel harus juga mempunyai kaedah penerapan SEO. Nah...disinilah dibutuhkan kerja keras dan kemauan kuat, tanpa hal itu tidak mungkin membangun link building.

5. Mencari Kata Kunci Baru 

Ini sebenarnya sedikit riskan, dibalik persaingan kata kunci. Kata kunci yang bisa dikatakan baru terkadang mampu menjadi pendongkrak bertambah lalu lintas ke website. Namun semua ini membutuhkan carak kerja yang efektif dan juga membutuhkan usaha yang keras.

Adapun cara untuk menemukan kata kunci baru :

Cari kata kunci terkait yang sudah ditentukan

Pikirkan topik yang berhubungan dengan kata kunci yang belum pernah dibahas

Bisa menggunakan alat tools keyword untuk mendapatkan ide

Lihat kata kunci pesaing untuk menemukan ide kata kunci baru

Namun perlu diketahui, bahwa Google membutuhkan waktu untuk mengerti dan memahami konten yang menggunakan kata kunci baru.

Konten dengan menggunakan kata kunci baru memiliki peluang sangat besar untuk mendapat peringkat di mata Google daripada kata kunci yang telah banyak dipergunakan.

Dan peringkat ini diberikan Google bergantung juga dengan beberapa faktor seperti tautan link dan kualitas konten.

6. Mengoptimalkan Judul, Deskripsi dan Gambar

Mengoptimalkan Judul, deskripsi dan gambar pada konten artikel web, bisa menjadi pendongkrak jumlah lalu lintas ke website.

Jelas ini menjadi faktor yang harus dipertimbangkan dengan cermat dan matang. Jangan sampai ingin terlihat beda, malah menyebabkan Google tidak memahami yang dimaksud di dalam artikel atau konten.

Ketiga faktor tersebut memang mampu mendongkrak lalu lintas ke website, namun harus tepat dalam mengoptimalkannya.

Sebuah website harus mampu mencari dampak peluang walau sekecil apapun. Enam dasar diatas untuk meningkatkan lalu lintas di website merupakan titik awal yang bagus untuk diterapkan.

Karena mampu untuk mendapatkan peluang lebih besar, gunakan taktik yang matang pada setiap artikel penunjang di website.

Namun bagaimanapun cara diatas, bisa memiliki rasio yang berbeda pada setiap artikel atau konten.

Jika hasil terapan diatas belum mampu meningkatkan lalu lintas di website, cara terbaik yang bisa dilakukan adalah mencari konten baru yang sama sekali belum pernah dibahas atau ditulis.

Google terus akan mengindeks konten baru yang masih fresh dan akan mempertimbangkannya untuk ditempatkan pada posisi peringkat yang lebih baik.

Google sangat menyukai terobosan baru dalam setiap website yang mampu menampilkan hal baru dan fresh, tapi yang masuk akal dan terpercaya.

Posting Komentar untuk "6 Cara Meningkatkan Pengunjung Website / Blog"