Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

15 Fitur Yang Wajib Ada di Toko Online


Ingin menjadi pengusaha sukses bukan harus selalu keliling atau bepergian ke berbagai tempat untuk menawarkan dagangan atau produk yang akan di jual. 

Sekarang sudah bisa berniaga dengan mudah, cukup duduk saja di rumah sudah bisa menjadi pengusaha sukses.

Caranya bagaimana, mau tahu caranya?

Cukup membuat dan memiliki website toko online, dan menampilkan semua dagangan tersebut di toko online sendiri. Maka pelanggan lah yang akan mencari dan menghubungi untuk membeli.

Namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan untuk membuat toko online sendiri. Dan ini bisa dikatakan wajib berada dalam toko online.

Agar bisa menarik dilihat oleh para pelanggan yang mengunjungi toko online tersebut. 

Apa saja sih yang harus diperhatikan?

Inilah 15 fitur yang harus ada di toko online kamu

1. Logo Bisnis

Logo merupakan sebuah gambar atau lambang. Tapi hanya dengan sebuah logo, sebuah produk atau layanan atau jasa pada suatu perusahaan akan lebih mudah diingat.

Hanya dengan melihat logo, orang sudah tahu logo tersebut milik siapa. Jadi pemilihan logo yang tepat akan mudah orang untuk mengingat suatu hal.

Nah, karena itu kamu harus bisa membuat logo untuk toko online kamu. Buatlah logo yang sederhana tapi unik. Jangan terlalu banyak kombinasi pada logo sehingga akan susah untuk diingat.

Logo yang sederhana malah akan lebih mudah untuk diingat orang. Kalau bisa membuat logo sendiri, itu lebih baik. Jika bisa menggunakan aplikasi photoshop dan coreldraw lebih bagus.

Karena kedua aplikasi atau software tersebut bisa digunakan untuk membuat logo. Yang penting logo buat sendiri akan lebih mudah dirancang sesuai keinginan.

Kalaupun tidak bisa membuat logo sendiri, bisa menggunakan pihak ketiga untuk membuat logo. Kamu bisa membuat logo di beberapa situs ini :

1. freelogodesign.org
2. logomaster.ai
3. placeit.net
4. hatchful.shopify.com
5. freelogoservices.com 

2. Customer Login

Dengan adanya tombol login di website toko online. Akan mempermudah pelanggan untuk membuat akun di toko online dan nantinya pelanggan bisa menyimpan semua data.

Data riwayat pembelian, pesanan, tagihan dan riwayat pengiriman yang sedang berlangsung dan masih banyak lagi.

Dengan adanya data member di toko online. Akan mempermudah juga bagi kamu untuk melihat ada berapa member di akun toko online yang kamu miliki.

Sehingga kamu bisa jadikan member-member di toko online, sebagai prospek dagang kelaknya. Kamu bisa mengirim member toko online kamu jika kamu ada promo sehingga pelanggan kamu bisa dengan cepat mengetahui.

3. Keranjang Belanda

Dengan adanya keranjang belanda di toko online kamu. Akan mempermudah pelanggan untuk menyimpan pembelian mereka sebelum melanjutkan pembayaran.

Karena terkadang ingin menyimpan dulu barang pembelian dan belum berencana membayar langsung.

Namun di lain waktu, jika pelanggan kamu sudah benar akan membeli barang di toko online kamu. Mereka tidak harus mencari halaman barang yang kemarin ingin mereka beli. Cukup melihat keranjang belanja yang ada dan melanjutkan pembayaran.

Dan dengan adanya keranjang belanja ini, kamu pun bisa mengetahui apa yang di beli pelanggan. Sehingga nantinya ketika pelanggan belum atau lupa untuk melanjutkan pembelian, kamu bisa memberitahukan kepada mereka bahwa waktu untuk pembayaran akan segera berakhir.

4. Informasi Kontak dan Support

Fitur ini sangat penting ada di toko online. Karena akan mempermudah pelanggan untuk menghubungi kamu jika mereka ingin mengajukan pertanyaan atau sekedar ingin membahas barang yang kamu jual.

Buat informasi kotak berupa email, nomor telepon atau jika kamu ingin toko online kamu terlihat berkelas. Kamu bisa menempatkan Live Chat di toko online kamu.

Sehingga pelanggan bisa langsung menghubungi dengan cepat di fitur Live Chat yang ada di toko online kamu.

5. Halaman Untuk Menampilkan Produk Terbaru

Ini sangat baik dan memang harus ada di website toko online. Karena dengan adanya halaman ini, akan mudah di ketahui bahwa ada produk terbaru yang ditawarkan.

Halaman untuk produk terbaru ini, bukan hanya untuk menampilkan produk terbaru di toko online kamu. 

Kamu bisa juga menampilkan informasi kepada pelanggan toko online kamu. Seperti discount, promo dan hal lainnya yang bisa dijadikan tempat untuk menyampaikan informasi kepada pelanggan.

6. Foto dan Video

Foto dan video merupakan alat yang sangat ampuh untuk dijadikan alat penjualan. Karena dengan foto dan video akan mempermudah orang untuk bisa langsung melihat barang yang ditawarkan.

Untuk itulah kamu perlu bisa membuat foto dan video yang bagus. Gunakan alat yang mampu membuat foto dan video agar terlihat bagus. Jangan sampai foto terlihat buram dan video yang tampilannya tidak bagus.

Untuk itulah kamu perlu belajar juga menjadi fotografi handal dan bisa mengedit video. Gunakanlah aplikasi atau softaware untuk mengedit gambar dan video sebelum di tampilkan ke toko online yang kamu miliki.

7. Fitur Pencarian

Ini yang tidak kalah pentingnya, fitur pencarian. 

Tidak semua pelanggan bisa melihat tampilan barang yang ada di toko online. Terkadang mereka memerlukan pencarian hanya dengan kata kunci atas nama barang yang mereka cari.

Sehingga ketika mereka mencari suatu barang yang tidak terlihat di halaman website. Mereka cukup mencari nama barang di kotak pencarian. Sehingga kalau barang ada, maka halaman akan menampilkan barang atau produk yang mereka cari.

Tapi jika tidak ada, maka halaman tidak akan menampilkan barang atau produk yang mereka cari. Sehingga perlunya kamu untuk meletakkan atau membuat tag pada produk kamu.

Sehingga ketika ada pelanggan yang mencari dengan kata kunci nama barang, akan muncul dengan tag yang kamu tempatkan pada produk barang di website.

8. Halaman Promo

Halaman ini sangat penting ada di sebuah toko online. Karena dengan adanya halaman khusus untuk promo, akan terlihat oleh pelanggan atau pengunjung do toko online kamu.

Halaman promo ini bisa dijadikan pancingan untuk pelanggan atau pengunjung di toko online kamu. Karena biasanya dengan adanya promo, akan membuat penjual toko online kamu kebanjiran pesanan.

9. Tombol Call To Action (CTA)

Biasanya tombol ini berada di halaman atau beranda utama sebuah website toko online. Karena dengan tombol ini akan membuat pelanggan atau pengunjung toko online untuk mengklik tombol tersebut.

Dan dengan adanya tombol CTA ini akan meningkatkan penjualan sebuah website toko online secara signifikan.

10. Wishlist

Gunanya wishlist adalah untuk menyimpan barang-barang yang di incar pelanggan atau pengunjung website toko online.

Jadi ketika calon pembeli dari awal sudah mengincar barang yang akan di beli. Mereka tidak lagi harus mencari halaman tempat barang yang sudah di incar.

Sehingga mereka melihat tombol wishlist yang ada, mereka sudah bisa melihat halaman barang yang sudah di incar dari awal untuk di beli.

11. Review

Review ini biasanya berisi tentang ulasan-ulasan dari mereka yang merasa puas dengan apa yang didapatkan pada sebuah website toko online.

Sehingga dengan review ini, akan meningkatkan kepercayaan pelanggan atau pengunjung baru untuk membeli barang di toko online tersebut.

12. Rekomendasi Produk

Rekomendasi produk adalah rekomendasi yang diberikan ketika pelanggan atau pengunjung tidak mendapatkan barang yang mereka cari.

Sehingga nantinya website toko online akan memberikan rekomendari barang yang fungsi dan kegunaan hampir sama dengan barang yang mereka cari.

Kamu juga bisa menawarkan produk lain dengan fitur rekomendasi produk ini. Sehingga nantinya website toko online kamu, bisa mendapat tambahan pembelian dari pelanggan atau pengunjung.

13. Frequently Asked Question 

Frequently Asked Question ini biasanya pertanyaan yang sering atau sama yang diajukan pelanggan pada website atau blog.

Pertanyaan yang sering muncul di buat pada satu halaman khusus beserta jawabannya. Sehingga ketika ada pelanggan atau pengunjung yang mempunyai pertanyaan yang sama.

Mereka akan langsung diberikan jawaban yang sesuai dengan yang mereka tanyakan. Sehingga mereka tidak perlu lagi menunggu jawaban yang mereka tanyakan.

14. Fitur Ongkos Kirim

Fitur inilah yang sering ingin diketahui pelanggan atau pengunjung sebuah website toko online. 

Karena dengan fitur ini mereka akan mengetahui berapa biaya pengiriman yang akan mereka keluarkan saat membeli barang. Sehingga mereka akan bisa menimbang berapa besar biaya yang akan mereka keluarkan, biaya barang di tambah biaya ongkos kirim.

Bekerjasama dengan perusahaan pengiriman perlu dilakukan, sehingga para pembeli kamu tidak merasa kesulitan saat akan membeli barang. Kamu bisa bekerjasama dengan beberapa perusahaan jasa pengiriman barang.

15. Fitur Pembayaran

Di fitur ini akan menyediakan beberapa model pembayaran yang bisa dilakukan saat planggan atau pembeli ingin melakukan transaksi.

Sehingga akan banyak pilihan yang bisa dilakukan pelanggan saat membayar. Bisa dengan transfer melalui Bank, Go Pay, kartu kredit atau proses pembayaran lainnya.


Jadi itulah fitur-fitur yang harus ada di sebuah website toko online. Karena dengan fitur tersebut, website toko online kamu lebih di percaya dan terlihat lebih profesional.

Memang untuk membuat website toko online yang terlihat profesional di butuhkan kemampuan dan pengetahuan tentang membuat website. Belum lagi harus membuat ragam fitur yang sangat kompleks.

Bukan hanya fitur tersebut yang harus ada di toko online kamu, turunan dari fitur-fitur wajib toko onlinepun cukup banyak. Sehingga diperlukan kemampuan khusus, bahkan pengetahuan yang mumpuni untuk membuat website toko online terlihat berkelas dan profesional.

Jika kamu mengalami kesulitan dalam membuat website toko online sendiri. Kamu bisa mempercayai kepada pihak ketiga untuk bisa membuat toko online kamu.

Banyak rekomendasi atau yang menyediakan jasa pembuatan toko online. Salah satunya adalah Niagahoster.

Di Niagahoster ini kamu akan mudah untuk membuat toko online kamu sendiri dengan biaya cukup murah. Kamu bisa dengan bebas memilih tema toko online kamu sendiri.

Toko online kamu akan terlihat sangat profesional dan juga akan terlihat berkelas. Karena di buat dan di kelola oleh orang-orang yang memang sudah memiliki kemampuan di bidangnya.

Dan kamu bisa memesan jasa pembuatan toko online di Niagahoster hanya beberapa jam saja. Paling tidak nantinya team Niagahoster akan mengajukan beberapa hal yang dianggap penting, sehingga mereka dengan cepat membuat toko online kamu.

Kamu juga bisa meminta fitur-fitur yang ada tertulis diatas, sehingga kamu tidak lagi harus pusing'pusing mendesain semua website toko online kamu. Semua akan dikerjakan secara cepat dan profesional.

Posting Komentar untuk "15 Fitur Yang Wajib Ada di Toko Online"