Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Ber-iklan Di Facebook Melalui Fanspage


Mempromosikan suatu produk sekarang sudah sangat mudah, apalagi kalau hanya sekedar meng-iklankan produk yang hanya di kelola oleh individu (perorangan). Terkadang bisa mempromosikan produk tanpa harus modal yang besar. Dan bisa dikatakan gratis.

Banyak tempat yang bisa dijadikan tempat untuk menempatkan produk iklan dengan mudah. Salah satunya adalah dengan cara mempromosikan iklan melalui fanspage facebook.

Dan ini bisa dilakukan tanpa biaya iklan, hanya butuh sambungan data internet dan perangkat komputer. Melalui handphone pun bisa jika tidak ada komputer, yang penting ada paket data.

Seperti pepetah "Tidak Ada Rotan Akar pun Jadi".

Tanpa melalui fanspage pun, beriklan langsung di facebook bisa. Cukup foto produk dan share di facebook beserta harga dan spesifikasi produk yang akan dijual.

Hanya saja ada kekurangan jika langsung di share ke facebook, beda halnya jika membuat fanspage sebagai tempat untuk mempromosikan produk yang akan dijual.

Sebenarnya dengan facebook, kita semua bisa mendapatkan uang tanpa harus mengeluarkan modal yang banyak.

Jadi bagaimana membuat fanspage di Facebook untuk beriklan?




Cara Mempromosikan Produk Melalui Iklan di Fanspage Facebook

1. Memiliki Akun di Facebook

Untuk bisa membuat fanspage di Facebook, pertama harus memiliki akun facebook. Setelah membuat akun Facebook, barulah bisa membuat Fanspage di Facebook.

2. Membuat Fanspage Facebook

Untuk memulai membuat Fabspage di Facebook, Klik kepala panah arah kebawah dan pilih Kelola Halaman.


Maka akan ada pilihan Buat Halaman, langsung saja klik Buat Halaman Fanspage.


Setelah itu fanspage dalam dua kategori :
1. Bisnis atau Merek
2. Komunitas atau Tokoh Masyarakat



Jika ingin membuat fanspage untuk bisnis, pilih saja BISNIS ATAU MEREK. Klik Mulai untuk membuat fanspage Bisnis atau Merek.

Maka disinilah mulai untuk membuat Nama Bisnis dan sebagainya.


Buat Nama bisnis di Nama Halaman dan kategori bisnis yang akan dibuat. Ketik saja kata kunci bisnis.

Misalkan saja ingin membuat bisnis makanan, ketik saja "makanan" di kotak kategori. Nanti akan muncul kategori yang sesuai dengan bisnis makanan.

Jika memang bisnis makanan yang akan dibuat, maka biasanya akan muncul pilihan kategori "Restoran". Jika benar pilih kategori tersebut.

Lalu selanjutnya :
Isi Alamat Bisnis sebagai informasi bisnis Anda. Tapi Anda juga bisa untuk tidak menampilkan alamat bisnis Anda. Jika tidak ingin menampilkan alamat bisnis, checklist saja kotak "Jangan Tampilkan alamat saya".

Selesai, klik Lanjutkan.


Selanjutnya disini, Anda bisa mengupload foto Bisnis Anda. Jika belum memiliki atau nanti untuk meng-uploadnya. Klik saja "Lewati".


Setelah itu akan diminta lagi Foto Sampul.


Jika belum punya, Lewati saja. Nanti juga bisa di upload belakangan.

Selesailah sudah Halaman Fanspage Facebook yang Anda buat untuk kategori Bisnis. Tinggal Anda merancang foto sampul maupun foto profil.


Foto sampul adalah bagian kotak besar sedikit warna hitam. Bukan harus foto, Andapun bisa menampilkan foto beserta tulisan ringkas bisnis Anda. Jika sudah ada, tinggal di upload saja.

Sedangkan foto profil adalah foto yang di tempatkan atau di upload di bagian yang berbentuk lingkaran (atau lingkaran yang bertuliskan huruf K).

Selanjutnya Anda bisa mulai menambahkan hal lain di halaman fanspage facebook. Klik saja "Lihat Lainnya".


Di sini mulailah mengisi beberapa kriteria keterangan lain. Dengan meng-klik "Tentang".


Nanti ada beberapa hal keterangan lain yang bisa Anda tambahkan, agar bisnis Anda di Fanspage terlihat profesional dan bersungguh-sungguh.

Seperti "Tambahkan Tombol".


Anda disini bisa menambahkan tombol yang di inginkan, seperti :
  1. Memesan Layanan Anda
  2. Menghubungi Anda
  3. Mempelajari tentang usaha Anda
  4. Memesan belanja
  5. Mengunduh aplikasi
  6. Ikuti

Dalam bagian yang Anda pilih ada juga sub bagian yang harus di pilih juga. Misalkan bisnis Anda juga memiliki website. Anda bisa memilih "Mempelajari lebih jauh tentang Anda".


Lalu Anda pilih "Pelajari Selengkapnya". Di sini Anda bisa menautkan website bisnis yang Anda miliki.

Jika pilihan ingin menautkan website ke fanspage, klik "Selanjutnya"


Dan disini tautkan url website di "Tautan Situs Web". Maka jika ada orang/pengunjung yang ingin melihat bisnis Anda secara mendalam di fanspage Facebook.

Mereka dapat meng-klik "Pelajari Selengkapnya", dan nanti akan di arahkan ke website bisnis Anda. Inipun jika Anda memiliki website bisnis.

Jika tidak ada, tambahkan saja dengan tombol yang diinginkan saja.

Selanjutnya Anda bisa mengisi beberapa keterangan yang lain, jika Anda anggap penting agar pengunjung bisa mempercayai bisnis Anda. Karena kepercayaan sangat penting dalam bisnis.

Anda bisa menambahkan foto dan cerita tentang bisnis Anda, agar pengunjung bisa lebih memahami Anda.


Anda juga bisa menambahkan Team sebagai anggota pengelola fanspage Facebook, jika bisnis dikelola oleh beberapa orang.





Lalu Bagaimana untuk mempromosikan bisnis melalui fanspage Facebook. Ada dua cara untuk dapat mempromosikannya.

1. Cara Mempromosikan Fanspage Bisnis Facebook Secara Gratis

Jika fanspage Facebook bisnis Anda telah selesai, Anda sudah bisa untuk mempromosikan. Jika bisnis ini ingin di share secara gratis, cukup share saja di facebook.

Bisa di halaman Facebook pribadi Anda atau hanya di halaman fanspage facebook saja. Jadi share saja di halaman facebook pribadi Anda. Nantinya akan di lihat oleh anggota facebook lainnya.

Jika Anda termasuk orang yang aktif berhubungan di facebook, biasanya akan banyak yang tertarik untuk melihat bisnis Anda.

Tapi berdasarkan survey Business Insider diperkirakan hanya 35% dari jumlah teman facebook saja yang akan melihat status baru dari Anda. Itupun masih banyak tapinya. Sehingga 35% tersebut belum tentu bisa tercapai.

Tapi jika Anda ingin mencapai target pembaca lebih banyak, Anda bisa mempromosikan fanspage Facebook Anda sebagai iklan. Tapi hal ini Anda harus membayar dengan jumlah uang yang telah ditentukan.

Jika ingin fanspage Facebook lebih banyak pembaca, fanspage Facebook bisnis Anda harus bisa mencapai 10 orang yang "Menyukai" dan "Mengikuti".

Ini nantinya ada pemberitahuan di halaman Fanspage dari Facebook, bahwa untuk meningkatkan jangkauan lebih luas ke pembaca. Fanspage facebook Anda minimal harus di sukai dan di ikuti minimal 10 orang.

Untuk bisa mencapai ini, Anda hanya perlu mengundang teman Facebook agar menyukai fanspage Anda. Ada bagian yang bisa Anda gunakan di fanspage untuk mengundang teman facebook agar menyukai halaman fanspage bisnis Anda.

Jika Anda memiliki teman fanspage yang banyak dan Anda merupakan orang yang aktif berinteraksi di facebook. Akan dipastikan fanspage Anda akan banyak yang menyukai dan mengikuti.

2. Cara Mempromosikan Fanspage Bisnis Facebook Lewat Iklan Berbayar

Cara ini bisa sangat efektif untuk menjangkau lebih banyak pembaca di fanspage Facebook. Dengan cara memasang iklan di facebook.

Jangkauan bisnis Anda akan semakin luas dan banyak dilihat. Tapi semua itu bisa di peroleh tidak dengan cara gratis. Anda harus membayar jika ingin mendapatkan layanan ini.

Banyak pilihan yang bisa Anda pilih, berapa jangkauan pembaca yang ingin Anda tetapkan.

Anda cukup mempromosikan fanspage bisnis di Facebook. Untuk mempromosikan fanspage di Facebook. Banyak pilihan yang bisa Anda tentukan. Seperti :
  1. Target jumlah pembaca
  2. Berapa hari ingin iklan ditayangkan
  3. Daerah tertentu saja yang ditargetkan
  4. Radius jarak dari tempat Anda tinggal
Jadi ini akan mempermudah Anda untuk mengembangkan bisnis, jika Anda ingin menargetkan pada satu titik saja dulu. Sebelum Anda mengambil keputusan ingin memperluas jaringan bisnis Anda agar semakin luas menjangkau pembaca.

Jadi pemasaran bisnis melalui Fanspage Facebook bisa menjadi salah satu pilihan dalam berbisnis. Bisnis melalui fanspage terbukti lebih cepat diketahui dan dikenal orang.

Ini terbukti banyak perusahaan menengah dan besar menggunakan halaman Fanspage Facebook sebagi tempat mereka ber-iklan. Dan cara ini cukup berhasil dibandingkan dengan ber-iklan di tempat lain.

Karena prosesnya tidak terlalu rumit, dan bisa dilakukan oleh siapapun. Baik company maupun perorangaan.

Posting Komentar untuk "Cara Ber-iklan Di Facebook Melalui Fanspage"