Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenang Didi Kempot Penyanyi Legenda Lagu Jawa



Di bulan Suci Ramadhan bagi Umat Islam di Dunia, Penyanyi tembang lagu Jawa Indonesia akhirnya menghembuskan nafas terakhir di Rumah Sakit Kasih Ibu pukul 07.30 WIB di usia 53 Tahun, 5 Mei 2020. Sesuatu yang tidak disangka, karena rasanya baru saja menyaksikan Didi Kempot Live TV INews Stay At Home untuk menggalang dana pandemi Covid-19.


Didi Kempot sendiri merupakan seniman dan penyanyi jenis musik tembang jawa yang sangat fenomenal di saat ini. Karena mampu bertahan dan tetap eksis di blantika musik Indonesia.

Akhirnya penyanyi tembang jawa ini mengikuti mendiang abangnya yang telah dulu pergi menghadap Ilahi, Mamiek Prakoso. Yang terkenal di dunia lawak khususnya terkenal sebagai pelawak Srimulat.

Didi Kempot memiliki nama asli Dionisius Prasetyo, dikenal diblantika musik Indonesia sebagi penyanyi tembang Jawa atau lebih dikenal dengan penyanyi campur sari berasal dari daerah Jawa, Solo.

Lagu yang sangat populer yang melambungkan namanya, saat Didi Kempot membawakan lagu Stasiun Balapan. Lagu ini mampu melambungkan nama Didi Kempot dan membuatnya semakin banyak dikenal masyarakat Indonesia.





Darah seniman yang mengalir dari mendiang orang tua, Ranto Edi Gude yang lebih dikenal dengan nama Mbah Ranto. Membuat mendiang Mamiek Prakoso dan Didi Kempot tidak lepas dari dunia seniman.

Walaupun dua saudara kandung ini memilih jalur yang berbeda sebagai seniman. Mamiek Prakoso lebih memilih jalur lawak dan Didi Kempor memilih sebagai penyanyi campur sari khususnya di tembang lagu jawa.

Bapak Loro Ati ini, julukan bagi mendiang Didi Kempot. Tidak lepas karena memang hampir semua lagunya mengisyaratkan tentang kesedihan dan patah hati karena cinta. Sebagai penyanyi yang turut peduli dengan pandemi virus Civid-19, Didi Kempot sempat merilis lagu terakhirnya bersama Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo, Dandim 0735/Solo, Letkol Inf Wiyata Sempana Aji dan Kapolresta Solo, Kombes Pol Andy Rivai bertajuk "OJO MUDIK".

Yang uniknya lagi, mendiang Didi Kempot. Foto dimasa mudanya disandingkan dengan artis Bruno Mars bak layak pinang dibelah dua. Bruno Mars sendiri merupakan penyanyi asal Hawaii, Amerika Serikat. Dan anehnya lagi keduanya merupakan penyanyi lagu bergenre instrumentalis, dan sama-sama sebagai produser dan penulis lagu.

Banyak lagu yang telah dirilis dan dinyanyikan oleh Didi Kempot di setiap konsernya. Tapi ada beberapa lagu yang sangat populer dan banyak digemari oleh masyarakat, diantaranya : Pamer Bojo yang dirilis 2016, Banyu Langit, Cidro, Layang Kangen, Suket Teki, Dalan Anyar, Pantai Klayar, Tanjung mas Ninggal Janji, Sewu Kutho, Ambyar.




Posting Komentar untuk "Mengenang Didi Kempot Penyanyi Legenda Lagu Jawa"