Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Gotong Royong Bagi Masyarakat Pada Umumnya

Gotong Royong
Masih terasa dulu di era Presiden Soeharto, kegiatan Gotong Royong begitu terasa karena sering dilakukan dan sudah menjadi tanggung jawab setiap Kecamatan, Kelurahan/Desa, masyarakat sampai ketingkat paling bawah.

Gambar oleh Anemone123 dari Pixabay


Tapi diera sekarang, rasa gotong royong mulai terkikis di telan zaman. Kegiatan gotong royong sudah mulai ditinggalkan.

Gotong Royong sendiri merupakan istilah yang dipakai di Indonesia yang merupakan kegiatan atau bekerja bersama-sama untuk mencapai suatu tujuan yang diharapkan oleh kelompok maupun masyarakat lebih luas.





Arti dari Gotong Royong ini sendiri adalah, Gotong yang berarti bekerja dan Royong yang berarti bersama. Gotong Royong ini sangat sesuai sekali di Indonesia karena berdasarkan ideologi Pancasila yang diterapkan di Indonesia.


"Bersama dengan musyawarah, Pancasila, hukum adat, ketuhanan, serta kekeluargaan, gotong royong menjadi dasar filsafat Indonesia seperti yang dikemukakan oleh M. Nasroen".


Nilai yang timbul dari kegiatan Gotong Royong ini, bagi masyarakat akan menimbulkan nilai hubungan toleransi antar masyarakat itu sendiri. Setiap kegiatan Gotong Royong akan menimbulkan rasa kebersamaan dan akan mendorong rasa berbagi kebahagian dan nilai toleransi yang tinggi.

Istilah Gotong Royong ini timbul dan diturunkan oleh budaya Indonesia khususnya masyarakat desa yang suka menolong dalam setiap kegiatan untuk membantu meringankan pekerjaan bagi golongan masyarakat lainnya. Kegiatan tersebut seperti membangun prasarana desa, membersihkan lingkungan secara bersama dan lain sebagainya yang dilakukan dengan rasa suka cita dalam kebersamaan. 

Banyak hal positif yang bisa diambil dalam kegiatan Gotong Royong ini, Antara lain :
  1. Memiliki prinsip ikhlas atau sukarela
  2. Prinsip selalu tolong menolong
  3. dan yang tak kalah pentingnya, timbul rasa kebersamaan di kelompok masyarakat

Manfaat yang ditimbulkan jika Gotong royong ini terus dijaga dan dipelihara :
  1. Akan meringkan beban kerja yang berat jika dikerjakan secara bersama-sama.
  2. Menimbulkan rasa kebersamaan, cinta kasih, tolong-menolong dan rasa kekeluargaan dalam lingkungan masyarakat.
  3. Akan menjaga hubungan sosial yang kuat diantara masyarakat, sehingga akan terjalin hubungan yang harmonis tidak induvidual.
  4. Dan yang terpenting rasa Kesatuan dan Persatuan yang kuat karena timbul rasa kebersamaan dan kepercayan disetiap golongan masyarakat.






Posting Komentar untuk "Manfaat Gotong Royong Bagi Masyarakat Pada Umumnya"