Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat dan Melestarikan Barang Peninggalan Sejarah

Apa manfaat yang didapat ketika menjaga dan melestarikan peninggalan sejarah?



Ketika sebagai generasi penerus yang hidup di zaman sekarang, untuk tidak melupakan peninggalan-peninggalan sejarah yang lalu. Hal ini sangat diperlukan untuk menjaga dan melestarikan serta menambah maupun memperkaya khasanah budaya saat ini, khsususnya di Indonesia.

Banyak negara didunia, bahkan dikatakan merupakan negara yang maju dibidang teknologi dan ekonomi. Masih tetap menjaga budaya bangsa mereka terdahulu dengan sangat hormat dan sangat menjunjung tinggi budaya mereka. Karena banyak hal positif yang didapat dalam sebuah negara, ketika negara tersebut tetap menjaga dan menghormati budaya sejarah mereka.





Manfaat yang diperoleh ketika menjaga peninggalan sejarah :
  1. Memperkaya khasanah suatu bangsa, ketika perpaduan budaya lama dan budaya maju dikemas dengan sangat baik.
  2. Dalam perekonomian akan sangat jelas menambah pendapatan suatu negara atau bangsa karena mampu menarik wisatawan asing untuk berkunjung dan melihat budaya dari peninggalan sejarah.
  3. Mampu menyelamatkan keberadaan benda-benda peninggalan sejarah sehingga masih dapat dilihat dan dinikmati oleh generasi baru dan bisa menjadi contoh yang baik jika dipelajari sebagai bahan perbandingan dengan budaya baru.
  4. Dapat dijadikan sebagai media pendidikan dan ilmu pengetahuan, terutama untuk objek penelitian.


Adapun cara untuk menghargai budaya agar tetap lestari :
  1. Menjaga dan memelihara peninggalan sejarah dengan baik, baik bentuk, kebersihan dan faktor keindahan dari peninggalan sejarah tersebut.
  2. Menjaga peninggalan sejarah tersebut dari kerusakan, baik disebabkan oleh faktor alam maupun pihak yang tidak bertanggung jawab.
  3. Membuat pasal hukum bagi siapa saja dengan sengaja merusak barang peninggalan bersejarah.
  4. Menimbulkan rasa cinta dan rasa tanggung jawab untuk generasi mendatang untuk barang peninggalan bersejarah. Sehingga mereka (generasi baru) tidak lupa terhadap asal-usul mereka.
  5. Membuat sebuah foto dan tulisan agar kelak bisa menjadi bahan rujukan bagi generasi mendatang.
  6. Membangun monomen atau museum untuk menyimpan barang-barang sejarah agar tidak rusak dimakan waktu, untuk barang peninggalan sejarah yang mungkin saja bisa rusak oleh tangan jahil atau hilang dicuri.





Posting Komentar untuk "Manfaat dan Melestarikan Barang Peninggalan Sejarah"