Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

2 Cara Reset Printer Epson L310

Siapa nih yang punya Epson L310 series dan sudah dipakai cukup lama. Dan ingin untuk meresetnya atau ingin mengembalikannya. Tapi sebelum reset
Epson L310, check dulu untuk melihat jumlah pemakaiannya sudah berapa.

Caranya cukup dengan masuk ke Maintenance printer Epson L310 dan klik Nozzle Check. Bisa melalui Device and Printer dan bisa melalui buka salah satu Microsoft Office dan tekan Ctrl+P pada keyboard, pilih atau klik Properties.

Tapi kalau dari Device and Printer melalui tombol Start, klik printer epson yang digunakan lalu klik kanan mouse dan pilih Printing preferences. Dan lanjutkan dengan memilih Maintenance dan klik Nozzle Check.


Nanti printer epson L310 akan ngeprint total penggunaan printer, sekaligus menunjukkan kwalitas dari Nozzle printer. Apakah masih bagus atau tidak.

Jika sudah mengetahui jumlah penggunaan printer dan ingin mengembalikan dalam angka nol penggunaan, cukup di reset saja printer Epson L310nya.
 

Cara manual untuk mereset Printer Epson L310

Tanpa bantuan driver resetter L310, resetter pada epson series L310 bisa dilakukan secara manual. Langkah reset printer Epson dengan cara manual :
  1. Matikan dulu printer [cabut kabel power] dan biarkan beberapa menit. Setidaknya tunggu sampai 5 menit.
  2. Nyalakan printer dan tunggu beberapa saat.
  3. Tekan pada tombol resume yang berkedip selama 5 detik dan lepas
  4. Tekan kembali tombol resume selama 3 detik dan lepas kembali.
  5. Biarkan sampai printer mereset secara otomatis.
Jika cara ini berhasil, berarti printer telah kembali dalam keadaan nol dan lampu sudah tidak berkedip -kedip lagi.

Tapi jika cara ini tidak berhasil, maka langkah kedua dalam reset printer L310 bisa dilakukan dengan driver resetter L310.

1. Buka atau jalankan resetter L310
2. Tap Select
3. Pilih jenis printer di "Model Name"
4. Port biarkan dalam kondisi "Auto Selection".
5. Tap Ok
6. Tap Particular Adjusment Mode
7. Pilih atau Tap Waste ink pad counter, Tap OK
8. Beri tanda centang di Main pad counter
9. Tap Initialization
10. Proses reset yang dijalankan tunggu sesaat.
11. Setelah selesai muncul "Please Turn On dan Turn Off your printer".
12. Matikan printer dan nyalakan kembali

Proses reset pada printer Epson L310 telah selesai. Tapi perlu diingat ketika lampu resume telah berkedip, ini menandakan bahwa printer telah mencapai batas maksimum kinerjanya. Jadi ketika mereset printer epson, perlu juga untuk membersihkan atau melihat kondisi tabung pembuangan tinta.

Pada tabung ini perlu diganti busa untuk menampung tinta saat cleaning manual maupun saat printer melakukan cleaning secara otomatis. Karena ketika printer meminta di reset, berarti tabung tinta harus dibersihkan juga. Karena jika tidak dibersihkan khawatir nantinya tinta akan penuh ditabung dan tumpah membanjiri printer.

Atau jika proses ini sudah dilakukan berarti masa garansi printer telah habis, lebih baik membuat tabung pembuangan tinta external saja. Sehingga bisa melihat jika tabung tinta sudah penuh dengan tinta hasil pembuangan.

Posting Komentar untuk "2 Cara Reset Printer Epson L310"