Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Blog Gratis Untuk Yang Hobby Menulis Dan Bisa Menghasilkan Uang

Sebagai generasi milenial, pastilah tidak asing lagi dengan yang namanya blog. Apalagi Youtube yang sekarang ini menjadi primadona bagi generasi milenial dalam mencari kepingan Rupiah maupun Dollar.

Memang dengan banyaknya aplikasi sekarang ini, blog terasa agak kurang diminati oleh para generasi sekarang. Mereka (generasi sekarang) lebih menyukai dunia Sosmed dan Youtube untuk mengekspresikan diri mereka ke dunia luar.

Walaupun begitu tidak bisa di pungkuri, blog masih bisa menjadi pilihan bagi kawula muda sekarang yang memiliki hobbi di dunia menulis. Walaupun untuk sekedar menulis masih bisa di media lain.Tapi blog masih menjadi pilihan terbaik untuk menuangkan tulisan.

Karena kalau di perhatikan banyak pemain blog (pemain baru di dunia blogger) masih melirik blog untuk menjadikan sebuah media menulis. Ini di karenakan dengan menulis di blog, bukan hanya sekedar menulis tapi juga masih bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah jika digeluti secara serius.




Salah satu media tempat menulis yang paling banyak digunakan adalah Blogger.  Ada juga sih...yang menulis di wordpress. Tapi saya sendiri lebih suka menulis di blogger.

Buat blog di blogger pun bisa diperoleh secara gratis, jikapun harus membayar itu hanya masalah domain TLD. Yang dimaksud domain TLD adalah, seperti :
  1. .com
  2. .net
  3. .org
  4. .info
  5. .web.id
  6. .co
  7. .id
Dan masih banyak lagi domain yang bisa dipakai. Jika kita menggunakan berbagai domain di atas. Barulah kita dikategorikan harus membayar. Domain-domain tersebut dapat digunakan selama jangka 1 tahun.

Berarti bisa dikatakan menyewa, jika dalam satu tahun tersebut kita tidak memperpanjang. Maka domain tersebut akan ditarik kembali.

Tapi jangan khawatir, jika hanya untuk menulis dan berbagi. Memakai dan membuat blog gratisan pun sudah ok. Yang terpenting bagi si pembaca adalah kwalitas atau isi dari blog tersebut.

Walaupun jika menggunakan domain-domain seperti diatas, maka pamor blog kita akan semakin baik dan bagus. Tapi jika masalah isi atau tulisan blog, tidak ada sangkut pautnya dengan menggunakan blog (domain) yang berbayar maupun blog gratisan.




Apa beda membuat blog gratisan dan blog yang berbayar 

Jika menggunakan blog gratisan maka domain kita akan diikutin dengan blogspot jika di blogger. 

Misalkan kita membuat blog yang bernama Dewaku. Maka nantinya blog kita akan bernama dewaku.blogspot.com.

Beda halnya jika menggunakan domain TLD yang berbayar, blog yang dibuat nanti bakalan bernama dewaku.com.

Tapi kalau yang baru belajar menulis di blog dan baru terjun untuk pertama kalinya di dunia blogger. Lebih baik menggunakan dulu blog gratisan untuk mengasah skill menulis dan mempelajari berbagai ilmu blogging seperti SEO.

Namun jika sudah benar memahami cara penulisan di blog dan berbagai ilmu lainnya, barulah mulai untuk membuat blog yang berdomain (berbayar/TLD). 

Tapi jangan khawatir, kalau hanya sekedar untuk menulis. Blog gratisanpun sudah cukup dan juga sudah bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah. Yang terpenting memiliki komitmen dan terus mengasah skill dalam menulis.

Dan yang tak kalah pentingnya adalah kwalitas isi tulisan. Walau blog gratisan, jika memiliki kwalitas tulisan yang mempuni. Pastilah akan banyak orang yang berkunjung ke blog yang dibuat. Dan menjadi inspirasi bagi banyak orang.




Cara Membuat Blog Gratis Khususnya di Blogger 

Untuk memulai membuat blog, harus sudah memiliki email. Buat dulu email, bisa dibuat di gmail maupun yahoo (yahoo.mail / ymail). Terserahlah mau buat di mana.

Tapi kebanyakan sih, orang membuat email tersebut di gmail dibandingkan membuat email di yahoo. Kenapa...kurang tahu, bisa saja gmail lebih dikenal dibandingkan dengan yahoo. Gmail sendiri dimiliki atau dikelola oleh Google.

Kalau sudah punya email, barulah mendaftar ke blooger. Kalau mau daftar ke blogger, bisa disini atau langsung saja ketik dimesin pencari browser blogger.

Setelah blogger terbuka, klik saja untuk membuka situsnya. Blogger.com-Create a unique beautiful blog. It's easy....


Membuat Blog Gratis (Free)
Setelah itu...barulah mulai membuat blog gratisan. Klik aja Create Your Blog



Selanjutnya ketik email yang di miliki. Tapi kalau belum punya email, buat dulu email. Bisa klik Create Account untuk membuat email.



Lanjutkan dengan mengisi sandi email. Sandi email adalah sandi yang dibuat saat membuat email. Jadi sandi harus di ingat, jangan sampai lupa.




Disini buatlah nama blog yang sudah dipersiapkan atau sudah dipilih. Nama blog  ini nantinya akan menjadi nama brand untuk blog yang dibuat. Makanya cantumkan nomor HP saat membuat email. Ketika nanti lupa sandi email, bisa menggunakan nomor HP untuk membuka email. 


Biasanya kalau nama blog yang dibuat belum dimiliki oleh orang lain. Maka nama blog tersebut akan diterima. Tapi jika nama blog yang dibuat sudah dimiliki oleh orang lain. Maka nama blog tersebut akan ditolak.





Maka pilihan terbaik isi dulu alamat blog, apakah diterima atau di tolak. Kalau nama blog yang dibuat diterima, barulah isi judul. Isi judul ini bisa sama dengan nama url blog atau juga tidak.

Contohnya :

url blog : kembangmalam.blogspot.com
Judul    : Kembang Malam

atau bisa juga,
url blog : kembangmalam.blogspot.com
Judul    : Wanita Malam

Tapi disarankan kalau bisa nama (judul) blog sama dengan nama url blog. Agar memudahkan orang mencari blog dengan judul (nama blog) dengan url blog yang sama. Jika ada orang yang ingin kembali ke blog sobat yang menarik untuk dijadikan inspirasinya.

Setelah nama blog diterima, maka Google akan menawarkan nama blog yang dibuat menjadi nama blog yang berdomain TLD. 



Seperti yang saya sebutkan diatas, yaitu :
  1. com
  2. .net
  3. .org
  4. .info
  5. .web.id
  6. .co
  7. .id
Tapi ini harus membayar sejumlah uang, untuk memperoleh domain TLD yang disediakan oleh Google.

Tapi kalau hanya menginginkan blog gratis (free), abaikan saja dengan klik lain kali.

Tapi jika ingin memperoleh blog berdomain TLD, klik telusuri untuk melihat nama domain blog kita, apakah tersedia atau tidak. Jika nama domain blog kita tidak tersedia maka Google akan menawarkan nama lain yang mirip dengan nama blog yang diinginkan.


Jika nama domian tersedia, tinggal memilih domain TLD mana yang diinginkan, klik beli dan jika sudah membayar nanti maka nama domain TLD tersebut akan menjadi hak Anda.

Tapi perlu diingat, nama domain TLD yang dibeli tersebut. Hanya berlaku selama satu tahun. Jadi ketika ingin terus menggunakan domain TLD tersebut, harus membayar kembali.

Jika tidak, maka blog Anda nanti akan kembali ke blogspot.com bukan xxx.com.  Jangan khawatir Anda akan lupa untuk melanjutkan nama domain TLD tersebut. Google nanti akan mengingatkan Anda jika waktu penggunaan nama domain TLD tersebut akan segera berakhir melalui pemberitahuan email.

Tapi karena pembahasan ini hanya untuk membuat blog gratis, ya tidak perlu membayar. Cukup menggunakan blog gratis, sudah cukup. Yang terpenting adalah isi tulisan blog Anda berbobot dan bermanfaat. 

Blog gratisan yang memiliki bobot yang tinggi, sudah pasti akan mengalahkan blog yang berdomain TLD. Dan jangan khawatir, dengan blog gratis saja, nantinya juga bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah / uang.






Bagaimana Menghasilkan Uang Dengan Blog Gratis

Untuk menghasilkan uang dengan blog gratis. Langkah awal setelah membuat blog. Mulailah menulis di blog, tulis apa saja yang terpenting bisa bermanfaat bagi yang membacanya.

Kalau bisa tulisan yang Anda tulis merupakan sesuatu tulisan yang menjadi atau merupakan yang Anda sukai atau di bidang yang Anda kuasai. Sehingga Anda akan bisa membuat tulisan yang tidak akan membuat Anda bosan.

Tanamkan dalam diri Anda, bahwa menulis ini yang utama adalah berbagi kepada orang lain. Sehingga orang lain yang membaca tulisan Anda akan merasa bermanfaat bagi dirinya.

Jangan dulu berpikir untuk cepat menghasilkan uang. Jika berpikir demikian, nantinya Anda akan merasa bosan, capek, kesel dan uring-uringan. Karena yang diharapkan tidak sesuai ekspetasi (yang dinginkan).

Tapi percayalah jika Anda terus menulis untuk berbagi pengetahuan dengan orang lain. Cepat atau lambat tulisan dan blog Anda akan banyak dikenal dan menjadi tujuan orang untuk mencari informasi yang dibutuhkan.

Tulislah sampai beberapa tulisan. Cukup diawalnya satu tulisan dalam seminggu sekalipun tidak masalah. Yang terpenting tulisan Anda berbobot (berkwalitas).

Biarkan dulu blog Anda beberapa waktu, misalkan 3 atau 4 bulan. Agar blog Anda terbaca dulu di mesin Google. Minta bantuan Google Console untuk mempercepat tulisan Anda bisa terbaca di mesin pencari Google.

Jadi setiap tulisan yang baru Anda buat, dan telah di publiskan. Daftarkan blog Anda ke Google Console.

Setelah beberapa waktu, barulah daftarkan blog Anda ke Google Adsense. Jika nantinya, setelah Team Google mereview blog yang Anda daftarkan untuk bekerja sama dengan Google Adsense. 

Dan Team Google Adsense menyatakan blog Anda sudah layak bekerja sama dengan mereka.

Maka Google Adsense akan memberitahu pemberitahuan melalui email. Bahwa blog Anda telah siap untuk menampilkan iklan atau telah siap bekerja sama dengan Google Adsense untuk menjadi publisher Google Adsense.

Dengan adanya iklan dari Google Adsense inilah, blog Anda bisa menghasilkan uang. Bagaimana bisa, tentu saja bisa. 

Blog yang telah diterima oleh Google Adsense sebagi publisher mereka. Maka blog tersebut bisa menampilkan iklan yang berasal dari Google Adsense. Dari iklan inilah blog Anda akan memperoleh uang.

Google Adsense akan membagi hasil mereka dari iklan yang dipasang oleh corporation atau perorangan ke Google Adsense ke blog yang telah mereka setujui menjadi publisher mereka.

Itulah cara untuk membuat blog gratisan (free) sebagai media menulis tapi juga  bisa menghasilkan uang. Lumayanlah sebagai tambahan penghasilan. Tapi jika Anda terus berkomitmen menulis di blog.

Maka menulis di blog bukan lagi sebagai tambahan penghasilan. Tapi bisa menjadi penghasilan utama bagi Anda. Bahkan Anda bisa saja mengambil keputusan untuk resain dari perusahaan. Agar bisa fokus di dunia blogger.

Sudah banyak blogger yang menjadikan blog sebagai penghasilan utama. Dan mampu meraup jutaan bahkan puluhan juta, hanya dengan menulis di blog. Walau itu butuh proses yang panjang bukan dengan cara instan.

Jika Anda berminat menjadi penulis di blog. Mulailah dari sekarang, jangan tunggu waktu lagi. Waktu adalah sesuatu yang sangat berharga. Jangan disia-siakan. Semakin cepat semakin baik.




Posting Komentar untuk "Cara Membuat Blog Gratis Untuk Yang Hobby Menulis Dan Bisa Menghasilkan Uang"