Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perkembangan dan Pemanfaatan Teknologi di Bidang Pendidikan

 


Perkembangan teknologi saat ini sangat mengalami kemajuan pesat. Semua bidang tidak ada lagi yang tidak tersentuh oleh teknologi. Walau teknologi memiliki danpak positif yang begitu besar, dampak negatif yang timbul akibat dari teknologipun tidak bisa diabaikan. Tinggal bagaimana menyikapi dari perkembangan teknologi ini saja.

Perkembangan teknologi pun sudah masuk kedunia pendidikan. Salah satu perkembangan teknologi di bidang pendidikan adalah penggunaan perangkat pintar seperti smartphone. Apalagi saat ini dalam kondisi pandemi virus covid-19. Dan banyak murid atau siswa saat ini hanya melakukan belajar during tanpa perlu bertatap muka. Walau masih ada kekurangan jika proses belajar melalui proses online.

Namun semua itu terpaksa dilakukan karena keterpaksaan untuk mencegah penularan virus antar siswa jika melakukan kegiatan belajar mengajar melalui proses tatap muka.

Contoh perkembangan teknologi di bidang pendidikan yang sangat terasa saat ini adalah para siswa dalam mencari informasi tidak perlu lagi harus mencari buku dan referensi lainnya seperti di perpustakaan. 

Cukup memalui handphone semua informasi bisa diperoleh. Namun buka berarti buku tidak diperlukan, buku harus tetap ada sebagai panduan utama. Namun jika mencari informasi yang dibutuhkan tidak terdapat dalam buku, siswa bisa memanfaatkan teknologi internet untuk mencari informasi tambahan.

Bukan hanya itu saja, perkembangan teknologi di dunia pendidikan sudah merambah ke kursus belajar. Dimana untuk mencari pemahaman dalam mata pelajaran tertentu siswa harus melalui kursus tatap muka di bimbel.

Namun sekarang kursus bisa melalui internet tanpa perlu datang ke tempat kursus, dan biayapun cukup murah dibandingkan harus kursus ke bimbel. Dan teknologi ini bisa mencapai daerah pelosok, dimana mungkin tidak terdapat tempat kursus.

Namun dampak perkembangan teknologi di bidang pendidikan pun tidak bisa diabaikan. Dahulu untuk mendapat tugas dan informasi, para siswa lebih bekerja keras untuk mendapatkan yang dinginkan, tapi sekarang hal tersebut bukanlah hal yang sulit.

Hanya saja dengan kemudahan ini ditakutkan para siswa mulai memudahkan segala hal dan kesungguhan untuk mencari tidak seperti para siswa sebelum teknologi merambah ke dunia pendidikan. Saat teknologi belum secanggih sekarang, semua tugas harus diselesaikan dengan tangan, misalkan sperti ketika mendapat tugas makalah.

Para siswa terdahulu harus mencari sumber makalah, membaca dan memilah lalu dituliskan kembali dengan pandangan sendiri. Baik ditulis dengan tangan atau diketik dengan mesin tik. Tapi tidak sekarang, siswa cukup mencari di internet tugas makalah yang diberikan, lalu di copas dan dipindahkan langsung ke komputer dan di print.

Terkadang tanpa ada perubahan sedikitpun terhadap makalah yang dibuat dan parahnya lagi makalah tersebut tidak dibaca. Yang penting siap dan dikumpul dan dapat nilai. 

Sementara siswa dahulu karena harus menulis di tangan atau diketik di mesin tik, materi makalah yang harus dibuat dibaca terlebih dahulu. Baru kemudian di tuliskan kembali atau di ketik di mesin tik. Sehingga siswa dahulu akhirnya harus membaca makalah yang dibuat. 

Dan setidaknya mengerti dan memahami makalah yang dibuat, beda dengan sekarang. Makalah siap tapi tidak tahu isi makalah yag dibuat karena hasil dari copas di internet.

Contoh lain dari perkembangan teknologi di bidang pendidikan adalah belajar menjadi mudah dan menyenangkan. Karena para siswa saat ini yang ingin mendapat ilmu tidak perlu lagi harus bertatap muka dengan guru. Cukup dengan mengakses internet, kegiatan belajar mengajarpun dapat dilakukan.

Apalagi untuk mengakses internet tidak perlu harus mempunyai komputer, cukup dengan handphone dan kartu seluler seperti Telkomsel, Indosat, XL, M3, IM3 yang sudah mendukung teknologi komunikasi 5G. Internet sudah dipastikan lancar dan hemat. 

Apalagi program pemerintah ini saat ini lagi menjalankan program belajar during dari rumah dan program paket internet murah untuk belajar.

Sedangkan manfaat yang diperoleh dari perkembangan teknologi di bidang pendidikan adalah :
  1. Memperluas background knowledge guru dan siswa
  2. Pembelajaran lebih dinamis dan fleksibel tanpa terikat waktu
  3. Mengatasi keterbatasan bahan ajar/sumber belajar karena kekurangan sumber referensi
  4. Kontribusi dan pengayaan bahan ajar/sumber belajar bisa diperoleh dengan mudah dan ragamnya
  5. Implementasi Student Active Learning (SAL), CBSA, dan PAKEM

Dampak Positif dan Negatif dari Perkembangan Teknologi di Bidang Pendidikan

Ada beberapa dampak positif dan negatif dari perkembangan teknologi di bidang pendidikan.

Dampak positif Perkembangan Teknologi bidang pendidikan, antara lain:
  1. Akses informasi untuk pendidikan lebih cepat di peroleh.
  2. Berkembang inovasi dalam pembelajaran, seperti proses belajar e-learning yang semakin mudah dilakukan.
  3. Perkembangan teknologi digital mempermudah belajar kelas virtual, dimana siswa dan guru tidak perlu lagi berada dalam satu ruangan atau bertatap muka langsung.
  4. Kemajuan teknologi mempermudah atau menemukam metode-metode baru dalam pembelajaran. Sehingga membuat guru lebih mudah untuk membuat bahan yang mungkin lebih mudah dipahami oleh siswa.
  5. Dalam perkembangan teknologi pendidikan, sekolah yang ada di kota maupun yang ada di desa akan bisa mengakses atau memperoleh informasi yang sama dan bisa dijadikan perbandingan dalam pembelajaran antar sekolah.
  6. Meningkatkan sumber daya manusia dalam bidang pendidikan untuk memanfaatkan segala sumber daya yang dimiliki.
  7. Mempermudah akses untuk mengetahui lembaga pendidikan oleh orang tua atau siswa yang ingin menempuh pendidikan di lembaga pendidikan yang diinginkan.
  8. Bisa saling berbagi ilmu atau pengalaman di dunia pendidikan antar lembaga pendidikan melalui jaringan internet.
  9. Konsultasi yang mudah dilakukan antara guru dan siswa, jika siswa mengalami kesulitan hanya dengan melalui teknologi virtual.
  10. Guru dan murid bisa menyimpan segala ilmu dan pengetahuan mereka di internet tanpa takut kehilangan file jika disimpan dalam bentuk hard device.
Dan masih banyak lagi manfaat yang diperoleh dengan berkembang dunia teknologi untuk dunia pendidikan.

Beberapa dampak negatif dari perkembangan teknologi dalam pendidikan, antara lain:
  1. Perkembangan teknologi di zaman sekarang memudahkan orang untuk melakukan plagiat terhadap Hak Kekayaan Intelektual seseorang (HKI) dalam dunia pendidikan.
  2. Bisa berakibat fatal jika ada lembaga atau seorang yang melakukan kesalahan fatal dalam memanfaatkan teknologi sebagai sistem belajar-mengajar.
  3. Kerahasian lembaga atau peserta pendidik akan lebih mudah diketahui jika ada yang mampu membobol sistem teknologi lembaga tersebut. Karena semua disimpan dalam perangkat yang terhubung dengan internet.
  4. Kemajuan teknologi mampu mempercepat pemahamanan belajar namun rendah moralitas pendidik mapun pelajar.
  5. Dunia pendidikan mulai bersifat individual, karena selain mengajar. Ada hal yang lebih penting untuk diajarkan yaitu rasa sosial. Dan rasa sosial ini mulai berkurang ketika teknologi sudah mencemari pikiran, kurang peduli terhadap lingkungan sekitar.
  6. Kemampuan keluarga dalam ekonomi bisa berbeda, dan untuk bisa menuju pendidikan yang selalu menggunakn teknologi. Menutup kesempatan bagi anak didik yang memiliki ekonomi keluarga rendah.
  7. Dunia pendidikan lebih mengejar ilmu dan kemampuan sains. Sudah mulai melupakan pendidikan moral bagi peserta didik. Setinggi apapun sains tanpa dibarengi dengan pendidikan moral, sains tersebut malah akan membuat kehancuran dan keburukan.
  8. Membuat perbedaan antara lembaga yang sudah menggunakan teknologi dalam pendidikannya dengan yang masih menggunakan sisitem konvesional dalam pendidikannya. Karena kemampuan lembaga atau golongan peserta didik dalam hal kemampuan ekonomi mempengaruhi dalam menyediakan perlengkapan teknologi di pendidikannya.
  9. Berkurangnya hubungan psikologi yang baik antara guru dan siswa.
Dan masih banyak lagi aspek negatif yang bisa diperoleh dengan perkembangan teknologi saat ini bagi dunia pendidikan.

Namun siapapun saat ini tidak bisa lagi menghindar dari kemajuan teknologi dan harus mengikuti arah tujuan dari teknologi tersebut. Namun siapapun masih bisa memilih, apakah harus mengikuti perkembangan teknologi atau tetap menjalankan hidup normal seperti biasa.

Sikap bijak dan selalu berpikir positif adalah prilaku yang sangat baik untuk menyikapi dan selalu waspada dalam menjalani hidup sekarang ini.

Posting Komentar untuk "Perkembangan dan Pemanfaatan Teknologi di Bidang Pendidikan "