Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Blog Khusus Blogger Di HP Jika Belum Punya Laptop atau Komputer

Bagi yang mau membuat Blog dan berkeinginan membuat Blog. Tapi terkendala belum memiliki Laptop atau komputer. Sebenarnya tidak perlu khawatir, jika memang sudah memiliki tekad yang kuat untuk menjadi Blogger.

Dengan hanya bermodal HP atau Android pun sudah bisa membuat Blog, asalkan HP nya sudah bisa terhubung dengan internet. Hanya saja kalau membuat Blog di HP terkendala pada "Susah ngetiknya Bro...kalau jarinya jempol semua...wkwkwkwk".

Tapi kalau udah bertekad pantang menyerah, gunung kan kudaki lautanpun kan kuseberangi. Akhirnya semua aral melintang tidak akan menjadi halangan untuk ngeblog.

Tapi disini hanya membahas untuk membuat blog di Blogger, tidak membuat blog di tempat lainnya.

Ok...untuk mulai membuat blog di Blogger, bisa dimulai dengan menghubungkan HP ke internet. Dan untuk mempermudah membuat blog, lebih baik buat blog melalui aplikasi.


Download saja dulu Aplikasi Blogger yang ada di Playstore. Tapi sebenarnya buat blog melalui Browser juga bisa. Hanya saja khusus HP lebih baik membuat blog khusus blogger melalui aplikasi saja, lebih mudah dan ringkas.

Setelah selesai mendownload aplikasi Blogger di Palystore, buka aplikasi tersebut.

Setelah mengklik aplikasi Blogger di HP, akan muncul tampilan seperi ini :

Buat Blog di HP


Kemudian klik BUAT BLOG untuk untuk memulai pembuatan blog di blogger.

Setelah itu masukkan email dan kata sandi yang diminta sebelum masuk ke blogeer blog. Kalau belum punya email, buat dulu deh...email. Baru buat blog. 

Jadi setelah memasukkan email dan kata sandi, bisa dilanjutkan dengan untuk membuat blog, dengan tampilan seperti ini :


Pada tampilan tersebut ada tulisan untuk membuat Blog Baru, lihat gambar...




Klik Blog Baru untuk melanjutkan membuat Blog


Nah...disini akan diminta Judul Blog (nama blog) dan alamat url blog. Jadi usahakan untuk membuat Judul Blog dan url blog dengan nama yang sama. Kalau tidak samapun tidak masalah.

Carilah nama blog yang singkat dan mudah untuk diingat, jangan sama dengan nama blog seperti nama blog saya ini. Kepanjangan, jadi kurang keren. Tapi udah terlanjur apa boleh buat, tai kambing bulat-bulat, disimpan jadi jimat.

Setelah memilih judul blog atau nama blog beserta url blog, lanjutkan dengan memilih tema yang diinginkan. Cukup klik saja tema yang ada dibawah pembuatan alamat blog.

Tema ini disediakan gratis oleh Google dan bebas pakai sampai kapanpun. Tapi jika ingin mengganti dengan tema yang lain, sah-sah saja. Nanti bisa diatur di Edit HTML untuk mengganti tema yang diinginkan.

Akhirnya Blog yang dibuat melalui HP sudah selesai dan bisa dipakai.



Tapi ada beberapa pengaturan lain, sebelum menulis di blog. Seperti diskripsi blog. Disini nantinya, bisa di tulis diskripsi blog ini apa, tujuan apa dan bla...bla...bla.

Ini gunanya untuk memberitahu pembaca tentang blog yang dibuat dan akan dibaca oleh mesin pencari internet. Seperti Google, Yahoo, Bing dan lainnya.

Seperti inilah jika diskripsi blog di buat, dan terlihat di internet.



Dan untuk bisa membuat diskripsi blog, klik saja : 
  1. Setelan pada menu 
  2. Klik Edit deskripsi
  3. Lalu tulislah beberapa kalimat tentang blog yang dibuat, maksimal karakter yang diterima sebanyak 500 karakter. Kurang boleh, lebih jangan. Bakalan tidak akan diterima.


Setelah selesai membuat diskripsi blog. Selanjutnya untuk memulai menulis, klik saja Postingan, dan mulai membuat tulisan di blog bisa klik Entri Baru.

Nah...mulai menulis apa yang mau ditulis. Untuk memulai menulis, bisa mengambil ide atau inpirasi di Google Trends. 


Pilihlah Area Negara yang ingin dilihat berita atau apapun yang lagi ngetrend. Jika berada di Indonesia pilih Negara Indonesia. Kemudian klik Menu atau logo garis tiga yang ada disudut kanan atas.



Akan muncul menu dan pilih Penelusuran Trending. Untuk melihat apa yang lagi trending di Indonesia.



Maka akan muncul lah berita atau yang lainnya yang lagi trending.

Namun jika hanya ingin melihat sesuatu yang lagi ngetrend di bidang tertentu. Misalkan saja ingin membuat blog tentang teknologi. Dan apa yang lagi ngetrend tentang teknologi. Cukup tulis Teknologi di pencarian dan enter. 







Maka akan muncul pencarian yang lagi ngetrend tentang teknologi. Hal yang lagi ngetrend tentang teknologi bisa dilihat di Topik terkait dan Kueri terkait.



Maksud dari Topik terkait adalah berita atau hal yang berhubungan dengan teknologi yang lagi ngetrend saat ini. Dan Kueri terkait adalah kata kunci yang di ketik di pencarian oleh orang di mesin pencari tentang berita atau hal yang berhubungan dengan teknologi yang ingin diketahui.

Pencarian tentang teknologi inipun bisa diatur menurut waktunya, pilihlah waktu yang diinginkan tentang trending teknologi dalam rentang waktu yang diinginkan.



Nah dengan Google Trends ini, bisa dijadikan inspirasi dalam sebelum akan membuat tulisan di blog. Walaupun bisa daja menulis sesuka atau hal yang diinginkan saja. 

Tapi dengan Google Trends akan mempermudah mencari ide tulisan yang akan dibuat. Dan jika tulisan bagus dan berkwalitas, kemungkinan saja tulisan yang dibuat akan berada di halaman pertama pencarian.

Anngap saja tulisan yang dibuat sudah selesai di tulis, langkah selanjutnya adalah membuat label tulisan, jadwal, Tautan permanen, lokasi dan pilihan.




  1. Untuk label karena tulisan tentang teknologi, isikan saja dengan teknologi.
  2. Jadwal, apakah tulisan ini akan diterbitkan sekarang atau nanti atau kapanpun. Atur saja jadwal tulisan ini akan terbit. Misal ingin tulisan ini terbit 4 hari kemudian sejak tulisan ini dibuat. Nanti setelah empat hari dari sekarang (tanggal yang telah ditetapkan), maka secara otomatis ketika masuk waktu (tanggal yang telah ditentukan) pos blog (tulisan) tersebut akan terbit sesuai tanggal atau jadwal yang telah diatur.
  3. Tautan permanen, ini hanya berhubungan dengan url blog (tulisan). Akan otomatis sendiri terbuat.
  4. Lokasi, tentukan lokasi dimana blog atau tulisan ini dibuat. Tapi jika tidak di isi tidak masalah (abaikan saja).
  5. Pilihan, ini berisi tentang izin yang diberikan seperti komentar pembaca. Ini tidak perlu diaturpun tidak masalah, abaikan saja.

Sebelum mempubliskan, lebih baik di pratinjau (preview) dulu. Untuk melihat tampilan blog. Apakah sudah rapi dan posisi semua tulisan sudah sesuai.

Setelah selesai mengatur semua, tulisan siap di publikasikan. Klik saja Publikasikan. Maka tulisan di blog sudah bisa di lihat dan dibaca oleh orang di internet.



Tapi ini bukan berarti tulisan blog yang dibuat bisa langsung tampil di internet atau mesin pencari.

Jika blog masih dalam kategori baru butuh proses agak lama, agar tulisan bisa tampil di internet. Beda halnya jika dengan blog yang sudah lama dibuat, hingga waktu yang cukup lama.

Tulisan di blog bakal lebih cepat untuk di tampilkan di internet atau mesin pencari. Karena umur blog mempengaruhi untuk cepat atau tidaknya tulisan blog bisa ditampilkan.

Tapi jika ingin mesin pencari internet lebih cepat menampilkan tulisan atau blog. Bisa menggunakan Google Search Console. 

Buka saja Google Search Console di internet, buat atau daftarkan blog yang dibuat disana dan masukkan url blog di Google Search Console. Agar lebih cepat bisa tampil di mesin pencari Google, Yahoo dan lainnya.


Cara Mendaftarkan Blog Di Google Search Console

Buka Google Search Console di internet.
 

Jika meminta email, masukkan email yang ada atau telah dibuat. Setelah diterima maka akan ditampilkan Google Search Console.


Masukkan domain blog yang telah dibuat. Maksudnya disini adalah nama blog Anda. Misalkan blog Anda bernama Teknologi Blog. Nama blog ini sama dengan Judul saat membuat blog.

Lalu Awalan URL, disini Anda bisa memasukkan URL blog Anda. Copy URL tersebut dan pastekan di kolom Awalan URL.

URL blog ini bisa dilihat dengan mengklik Lihat Blog.



Maka blog akan ditamananpilkan pada posisi Home, nah copy url blog.

Lalu pastekan di di kolom Awalan URL.


Setelah selesai, klik terus untuk melanjutkan proses pendaftaran blog.

Maka verifikasi blog atau pendaftaran blog telah lulus atau diterima dengan tampilan seperti ini.


Setelah kepemilikan diverifikasi secara otomatis atas kepemilikan blog yang dibuat. Lanjutkan dengan mengklik Buka Properti.

Selanjutnya tampilan Google Search Console akan menampilkan antar muka, yang guna selanjutnya untuk mendaftarkan tulisan (pos) blog yang telah di publikasikan.

Setiap pos (tulisan) blog yang telah dipublikasikan, copy URL pos (tulisan) blog tersebut.

Cara untuk melihat URL blog (tulisan) yang telah dipublikasikan.

Klik lihat seperti di gambar, maka akan terbuka tab browser baru. Tab browser baru tersebut akan menampilkan blog tulisan yang telah dipublikasikan.

Selanjutnya copy url blog (tulisan) yang telah dipublikasikan tersebut. Dan tempat di Google Search Console. Lalu tekan enter.

Maka proses pendaftaran url tulisan blog yang telah dipublikasikan akan terus berlanjut.

Untuk memulai pendaftaran blog yang telah di publish. Klik Uji URL aktif.

Ini untuk melihat apakah URL tersebut siap untuk ditampilkan di mesin pencari. Jika url tulisan blog itu telah siap, tampilannya akan seperti ini.

Semua siap dan diterima dengan tanda checklist hijau. Jika tidak diterima akan muncul tanda peringatan bahwa url belum siap atau ada masalah. Biasanya jika ada peringatan, dikarenakan hasil dari tulisan blog tersebut terindikasi copy paste.

Dalam peringatan tersebut, url tetap bisa diindeks oleh mesin crawl. Tapi akan sulit berada di halaman depan Google. Dan bisa saja tulisan blog tersebut akan dihapus oleh Google, bahkan blog sendiri akan di banned oleh Google.

Jadi usahakan untuk menghindari copy paste pada tulisan blog. Tulisan sendiri lebih baik dan menyenangkan jika benar-benar dibuat atas pemikiran sendiri.

Langkah selanjutnya klik Minta Pengiindeksan, untuk memulai meminta agar mesin Google bisa cepat untuk dapat menampilkan blog kita.

Tapi inipun butuh proses panjang juga, apalagi jika blog tersebut masih baru. Beda halnya dengan blog yang telah lama aral melintang di dunia blogger. Mesin pencari akan cepat menampilkan tulisan blog yang telah di publilasikan.

Itu saja, semoga tulisan ini bisa membantu bagi para blogger baru yang akan memulai terjun ke dunia blogger. Ingat dan selalu berusaha untuk menampilkan tulisan terbaik walau harus bersusah payah.

Dan ingat untuk tidak melakukan copy paste, jika ingin menjadi blogger yang berhasil di kemudian harinya. 

Salam Sukses Blogger.....



Posting Komentar untuk "Cara Membuat Blog Khusus Blogger Di HP Jika Belum Punya Laptop atau Komputer"