Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Cleaning Printer Epson Segala Series



Ada kalanya printer yang digunakan mengalami masalah di catridgenya, hasil dari print bergaris pada titik tertentu. Gambar hasil print nan pun jadinya tidak bagus.

Untuk menangulangi masalah ini lebih baik check nozzle dulu pada printer untuk mengetahui kondisi catridge pada printer.

Contoh untuk Printer Epson L310 (sebenarnya perlakuan seperti ini sama dengan semua jenis atau type printer epson).






Printer akan meng-print hasil kondisi catridge...




Jika hasil print putus-putus, lakukan pembersihan catridge dengan meng-klik Clean.


Setelah proses pembersihan berjalan baik, check kembali dengan cara klik "Nozzle Check".




Jika hasil belum baik, cleaning kembali untuk kedua kalinya. Kemudian matikan printer, biarkan setengah jam lamanya.

Setelah itu hidupkan kembali dan check nozzle kembali. Lihat apakah hasil check dalam kondisi sudah baik (garis-garis sudah tidak terputus).

Jika kondisi catridge belum juga sempurna, cara lain untuk cleaning (pembersihan) catridge, dengan cara cleaning besar (power ink flushing).

Untuk memulai cleaning besar (power ink flushing), sebaiknya tempat penampungan tinta dalam kondisi tinta masih banyak (penuh).

Karena Power ink cleaning akan memerlukan banyak tinta untuk melakukan pembersihan catridge yang bermasalah. Karena jika tidak kondisi catridge di takutkan akan tambah bermasalah (akan semakin rusak).

Untuk melakukan ini, Klik "Power Ink Flushing".




Proses pembersihan catridge dengan "Power Ink Flushing" akan banyak membuang tinta dalam pembersihan dan memakan sedikit banyak waktu dibandingkan cleaning biasa (head cleaning).

Setelah proses ini selesai, matikan saja printer dengan waktu yang cukup lama. Agar catridge lebih dingin karena telah melakukan cleaning besar (power ink flushing).

Setelah itu hidupkan ptinter dan check kembali nozzle, apakah hasil sudah bagus atau tidak. Jika belum bagus lakukan kembali "Power ink flushing" untuk kedua kalinya.

Jika perlakuan "Power ink flushing" yang kedua kali belum juga berhasil (garis masih putus-putus). Sudah dipastikan catridge sudah dalam kondisi rusak dan harus diganti.

Posting Komentar untuk "Cara Cleaning Printer Epson Segala Series"