Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Meningitis adalah Penyakit Yang Perlu di Waspadai | Ketahui Penyebab dan Penanggulangannya

Apa sih Penyakit Meningitis?
Meningitis adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi langka yang menyerang membran halus (disebut meninges). Penyakit ini menyerang siapa saja, tidak melihat batasan umur.
 
Anda dan anak Anda bisa saja terserang oleh penyakit ini. Penyakit Meningitis memiliki proses kerja dengan menyerang membran halus yang menutupi otak dan sumsun tulang belakang. Penyebab penyakit Meningitis bisa disebabkan terinfeksi oleh bakteri, virus maupun jamur.



Bakteri Penyebab Meningitis
Meningitis yang disebabkan oleh bakteri memerlukan perhatian khusus dan lebih karena dapat mematikan dan sangat membutuhkan perhatian medis sesegera mungkin. Tapi sudah ditemukannya Vaksin yang mampu untuk membantu melindungi terhadap beberapa jenis meningitis yang disebakan oleh bakteri. 
Jika penyakit Meningitis disebabkan oleh terinfeksi oleh bakteri, penderita harus dijauhkan untuk sementara dari orang-orang sekitar. Ini dikarenakan bakteri penyebab penyakit Meningitis dapat mengancam dan menyebarkan kepada orang lain dengan cara kontak langsung dengan si penderita.
 
Penyakit Meningitis yang disebabkan oleh Virus 
Penderita penyakit Meningitis yang disebabkan oleh virus tidaklah separah dibandingkan dengan penderita Meningitis yang disebabkan oleh bakteri. Tapi jangan juga dianggap remah dan dibiarkan.
Vaksin untuk penderita Meningitis oleh virus juga telah tersedia. Orang dengan sistem kekebalan normal yang menderita meningitis virus biasanya sembuh dengan sendirinya.

Meningitis yang disebabkan oleh jamur
Meningitis yang disebabkan oleh jamur jarang terjadi atau bisa dikatakan langka,
walau ada dalam beberapa kasus telah ditemukan oleh Meningitis jamur.
Orang yang menderita dalam kondisi tertentu seperti mengidap diabetes, kanker, HIV. Bisa beresiko lebih tinggi terserang Meningitis oleh jamur. Dengan cara menghirup spora jamur dari lingkungan.

Meningitis Amebik
Picture by webmd
Meningoensefalitis amuba primer (PAM) merupakan infeksi otak. Tapi jarang terjadi, namun dalam beberapa kasus sangat berbahaya karena mampu untuk mengganggu sisten syaraf otak dan sangat berbahaya (menyebabkan kematian). Infeksi ini disebabkan oleh "Naegleria Fowleri".  








Meningitis Non-Infeksi 
Untuk Meningitis non infeksi, penderita tidaklah terserang oleh beberapa hal seperti diatas. Tapi lebih disebabkan oleh beberapa penyakit yang diderita, seperti kanker, cedera kepala dan operasi otak yang tidak steril (alat) yang digunakan saat operasi. 



Hari Meningitis Dunia
Hari Meningitis Dunia diperingati setiap tanggal 24 April. 
Pesan yang disampaikan oleh Lembaga Kesehatan Dunia :
  1. Meningitis bisa saja menyerang hanya dalam hitungan beberapa jam tetapi efeknya yang perlu diwaspadai, karena mampu bertahan seumur hidup.
  2. Bagi penderita Meningitis mungkin saja akan kehilangan memori, tuli, kehilangan penglihatan, epilepsi, kelumpuhan, kehilangan anggota tubuh, kerusakan organ, dan kerusakan otak.
  3. Vaksinasi adalah kunci untuk pencegahan meningitis.
  4. Ada lebih dari satu vaksinasi untuk mencegah Meningitis. Berkonsultasilah kepada dokter, vaksinasi mana yang diperlukan untuk pengobatan Meningitis.  
  5. Meningitis dapat menyebabkan kematian hanya dalam waktu 24 jam. Diperlukannya pengetahuan untuk mengenali gejalanya dan segaralah melakukan tindakan. Hubungi dokter (rumah sakit) untuk menangulangi penyakit meningitis.
  6. Lembaga Kesehatan Dunia telah mencatat bahwa lebih dari 2,8 juta orang telah terserang Meningitis setiap tahunnya. Meningitis menyerang tidak melihat batasa umur. Bayi, anak kecil, remaja, dewasa dan orang tua bisa beresiko lebih besar terserang Meningitis.

Posting Komentar untuk "Meningitis adalah Penyakit Yang Perlu di Waspadai | Ketahui Penyebab dan Penanggulangannya"