Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Keutamaan Puasa Asyura 10 Muharram



Puasa Asyura dilaksanakan pada tanggal 10 Muharram setiap tahunnya. Puasa Asyura hukumnya adalah Sunnah Muakkadah yakni puasa sunnah yang sangat dianjurkan. Jika dilihat tahun sekarang maka puasa jatuh pada tanggal 10 September 2019.

Puasa Asyura itu apa?, 

Puasa Asyura adalah puasa yang di sunahkan bagi umat Islam ketika hari-hari tertentu. Salah satunya adalah Puasa Asyura pada setiap tanggal 10 bulan Muharram.

Puasa asyura berapa hari?, 

Jika dilihat dalam sejarah pelaksanaan Puasa Asyura. Bagi kalangan Islam Syiah dan Sufi, hari Asyura merupakan hari berkabung atas kematian (kesyahidan) dari cucu Nabi Besar Muhammad SAW yaitu Husain bin Ali yang gugur dalam pertempuran Karbala tahun 61 H (680 Mesehi).



Tapi untuk kalangan Islam pada umumnya (Sunni), pelaksanaan puasa Asyura diyakini sudah dilakukan oleh Nabi Musa saat berhasil melarikan atau menyelamatkan kaum Bani Israil dari kejaran Fir'aun dilaut merah. Akhirnya Bani Israil pun terlepas dan terbebas dari belenggu perbudakan Fir'aun.

Dalam kalangan Sunni sendiri, Nabi Besar Muhammad SAW sendiri, melaksanakan puasa Asyura dalam jumlah dua hari dengan tujuan untuk menyelisih dari umat Yahudi dan Nasrani (Kristen), dan meminta kaumnya untuk melaksanakan puasa Asyura ini.

Tentang Keutamaan Puasa Asyura

Hadits Puasa Asyura

Dalam sebuah riwayat, diterangkan dari Abu Qotadah Al Anshoriy berkata, "Nabi shallallahu’alaihi wa sallam ditanya mengenai keutamaan puasa Arafah? Beliau menjawab, "Puasa Arafah akan menghapus dosa setahun yang lalu dan setahun yang akan datang."

Ada juga hadist yang menerangi tentang keistimewaan Puasa Asyura :

Beliau juga ditanya mengenai keistimewaan puasa Asyura? Beliau menjawab, "Puasa Asyura akan menghapus dosa setahun yang lalu." (HR. Muslim no. 1162).



Jadi sangat jelas sekali keutamaan Puasa Asyura bagu umat Islam. Jika melaksankan Puasa Asyura dengan kesungguhan dan keikhlasan, maka dosa-dosa setahun yang lalu dan yang akan datang akan terhapus dengan izin Allah SWT. Dan berniat dalam hati untuk tidak lagi melakukan dosa secara sengaja, walaupun manusia tidak akan bisa menghindar dari namanya perbuatan dosa.

Tapi Allah SWT dan Rasullah sangat menyanyangi hamba dan umatnya. Akan menghapus dosa jika bertaubat untuk tidak kembali terjerumus dalam perbuatan maksiat. Bukan kembali melakukan dosa secara sengaja setelah melaksanakan puasa Asyura.

Dan masih banyak lagi peristiwa penting yang terjadi di balik pelaksanaan Puasa Asyura.

Posting Komentar untuk "Keutamaan Puasa Asyura 10 Muharram"