Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mandi Air Hangat Menurut Kesehatan




Sebelum mandi air hangat, ada yang perlu diperhatikan. Mandi air hangat menurut kesehatan, jangan mandi dengan air hangat bersuhu 440 C dan waktu yang bagus mandi air hangat berkisar 10 sampai 15 menit saja. Karena jika tidak memperhatikan hal tersebut, menurut para ahli justru akan mengganggu kesehatan kulit.

Manfaat mandi air hangat bagi kesehatan jika dilakukan dengan cukup tidak berlebihan. Bisa dikatakan jangan sesering mungkin melakukannya. Berikut ini manfaat mandi air hangat untuk kesehatan :

1. Mengeluarkan Racun

Salah satu fungsi mandi air hangat adalah untuk meningkatkan sirkulasi sistem getah bening pada tubuh. Sehingga saat mandi air hangat tubuh akan mengelurakan keringat.

Dengan keluarnya keringat saat mandi air hangat, akan disertai dengan keluarnya racun dalam tubuh, bakteri atau mikroorganisme lainnya. Manfaat mandi air hangatpun akan memperlancar proses detoksifikasi pada tubuh. 

2. Berendam Saat Mandi Dengan Air Hangat 

Terkadang ketika kita lelah dan stress saat menjalani hari-hari yang melelahkan (kerja). Saat mandi berendamlahlah dahulu dengan air hangat. Manfaat berendam air hangat ini akan membantu proses aliran darah mengalir dengan baik, sehingga akan membantu kelancaran metabolisme pada tubuh.

Saat tubuh metabolisme berjalan dengan baik, akan membuat tubuh dan pikiran menjadi rilexs. Sehingga akan menghindari namanya stress akibat pekerjaan maupun hal-hal lainnya.

Tapi hindari berendam dengan air hangat ketika ada luka atau memar pada tubuh. Karena ini akan membuat luka atau memar semakin parah. Ketika berendam dengan air hangat aliran darah pada tubuh akan mengalami proses lebih cepat. Sehingga pembuluh darah yang terluka atau memar akan semakin parah. kalau memar lebih baik dikompres dengan air dingin (es). 

3. Mandi Air Hangat Bisa Melancarkan Haid 

Apakah mandi air hangat bisa melancarkan haid?. Menurut ahli kesehatan Dr. Carolyn Dean, berfrofesi sebagai dewan kesehatan Medis di Nutritional Magnesium Association, menyatakan bahwa mandi dengan air hangat bisa melancarkan haid.

Menurutnya, air hangat akan membantu meningkatkan dan memperlancar sirkulasi darah dalam tubuh. Sehingga akan mengurangi resiko kram perut saat haid. Dan suhu panas ini akan membantu juga otot-otot tubuh yang kram saat haid menjadi kendur. 

4. Manfaat Mandi Air Hangat Sebelum Tidur

Ketika lelah pastilah kita akan cepat mengalami kantuk dan bisa langsung lelap walau baru merebahkan diri. Tapi jika lelah yang berlebihan, lelah seperti ini malah akan membuat kita susah untuk tidur.

Apalagi bagi penderita Insomania (penyakit susah tidur). Terapi mandi dengan air hangat ini akan membantu penderita Insomania untuk bisa segera mungkin tidur. Ketika tubuh terasa lelah, dan diguyur dengan air hangat. Tubuh dengan cepat memproduksi zat Melatonin yang akan membantu proses mengantuk lebih cepat. 

5. Pegal / Nyeri Otot Mandi Air Hangat

Mandi air hangat biasa dilakukan setelah tubuh melakukan banyak aktivitas karena dipercaya bisa membantu mencegah atau meredakan nyeri otot. Air hangat bisa melancarkan aliran darah sehingga otot yang lelah dan pegal bisa berelaksasi dan beristirahat. Anda juga bisa menambahkan garam epson dalam air hangat karena bisa lebih efektif menyembuhkan peradangan pada sendi atau otot.
Sehingga otot-otot ini akan berelaksasi ketika terkena guyuran air hangat, sehingga akan mengurangi rasa pegal pada otot dan rasa nyeri.

Tapi bagi penderita atau memiliki riwayat sakit jantung. Sebelum mandi dengan air hangat sebaiknya berkonsultasi dulu dengan dokter yang berkompeten, sebelum melakukan mandi air hangat.

Posting Komentar untuk "Mandi Air Hangat Menurut Kesehatan"