Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Ganti Mainboard Printer Canon

Saya ada 2 unit printer canon MX 366 (keadaan rusak ), dua-duanya rusak di penarik kertas. Akhirnya keduanya saya bawa ke service canon di medan. Selesailah dalam waktu dua minggu, dan saya ambil. 

Tapi belum dua bulan kedua penarik kertas printer tersebut mengulah lagi...lucunya dua-dua pula ((herannnnnnnnnnnn...jadinya). Mau saya bawa lagi ke canon pasti biaya lagi, soalnya masa garansi perbaikan hanya satu bulan, sementara printer tersebut sudah jalan dua bulan (habis dah gua...). 

Tapi rusak berbeda, satu unit di motherboard dan satu unit lagi di penarik kertasnya. Nah...karena kesal, saya beli printer canon lagi generasi baru dari MX 366 (soalnya MX 366 uda tak beredar). Tapi karena sepet saya lihat printer tersebut, al hasil saya nekad untuk merepasinya sendiri. 

Nah...disini saya hendak membagi ilmu bagaimana cara mengganti mainboard printer canon dan membuka printer canon untuk mengganti motherboard dan sekaligus membuat pembuangan tinta printer canon (pengalaman pribadi). 

Printer canon yang menjadi bahan uji saya printer canon seri mx 366 yang tak terpakai (yang ada scanning unit nya bro.....). Keduanya tak terpakai, satu rusak dipenarik kertas yang satu lagi rusak di motherboardnya. 

Karena tak terpakai and tiba-tiba saja terpikir, kenapa tak di roker saja. Dengan modal nekad....saya kerjakan. Printer yang rusak motherboard saya ganti dengan printer yang rusak penarik kertasnya (alias roker, motherboard yang masih bagus saya pindah ke penarik kertas yang masih bagus juga alias dikawinkan.....kawin...........deh).




Mari kita mulai cara mengganti mainboard canon





Berikutnya.....




 

Kalau tidak bisa perhatikan bagian sekelilingnya, soalnya ada bagian pengait (terbuat dari plastik) terutama atas dan bawah, Bantu dengan cungkilan obeng bro...hehe kalo saya bro....bukanya tak paksa...so ada bagian pengait yang putus...tapi tak apa-apa itu tak berhubungan dengan unit printer hanya untuk casing printer saja. Saya baru tahu kalo ada pengait setelah terbuka dan ada yang putus.




Ok dilanjutkan .....


 


STOP....dulu
Cabut dulu semua kabel atau apa namanya tuh kek, yang terhubung dengan motherboard. Kalo bisa tandai semua kabel, takutnya lupa ntar waktu masang kembali....fhoto saja dengan handphone kabel yang akan dicabut brooo....saya aje tak fhoto bro takutnya lupa. Baru kemudian baut motherboard dibuka












So kita lanjutkan ........









Setelah semua dilepas....barulah nampak selang pembuangan tinta





Selang ini untuk pembuangan tinta hitam bro, sedangkan untuk tinta berwarna lain lagi. Untuk printer canon ada dua selang, satu selang untuk warna hitam dan satu selang lagi untuk warna magenta, kuning dan cyan. Posisi selang untuk yang warna ada disebelah kiri bro (arah kita pandang fhoto ini)....tapi karena saya tidak menggunakan tinta warna jadi tidak saya buka...karena saya menggunakan printer ini untuk penggunaan warna hitam saja......Tapi akan saya tunjukkan fotonya...





Setelah itu pasang sambungan selang pembuangan.....sebelum motherboard dipasang lagi. Harus perhitungkan kearah mana selang pembuangan di buat...ya. soalnya kalo motehrboard udah terpasang, ....harus buka lagi entarnya.




15 komentar untuk "Cara Ganti Mainboard Printer Canon "

  1. Mas ada gak toritorial untuk pemasangan pembuangan tinta canon IP 2770

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ok....saya juga punya IP 2770
      Akan saya buat juga toritorialnya

      Hapus
  2. punya resetter MX366
    soalnya punya full

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pakai resetter IP 2770 itu bisa juga
      Soalnay pengalaman pribadi

      Hapus
    2. ok...bisa, terima kasih
      dah lama cari resetter mx366...tak da satupun yang serr....
      rupanya resetter IP 2770 bisa
      Salam kenal mas....
      semoga tambah sukses

      Hapus
  3. ok...bagus nih tor-nya

    BalasHapus
  4. kalau MX377 mas gimana ?
    apa sama dengan MX366 seperti tutorial mas diatas ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama saja....Pak....sayapun punya MX 377....hanya beda penampilan saja...dapat dilhat tuh difoto mx 366 saya

      Hapus
  5. ya... niih bosss punya gambar board MX377 yg masih masih terhubung kabel"nya,
    lupa boss,
    tolong bantuanya terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada mas...punya saya...tp gimana saya krm foto tersebut

      Hapus
  6. Ini informasi yg saya cari terima kasih min

    BalasHapus
  7. bos saya minta tolong bisa gax bos,, cara pemasangan mainboard canon 2770 dari pembongkaran cesing sampai pelepasan mainbrod dan pemasangan lagi dan sebutin fungsi fungsi kabel yang tertancap pada mainboard... jika bisa kirim ke alamat gmail saya.. nanti ada pengganti paketan nya bos..saya lgi perlu bntuan nya bos.. saya tunggu sampai tgl 30 febuari

    BalasHapus
  8. bos saya minta tolong bisa gax bos,, cara pemasangan mainboard canon 2770 dari pembongkaran cesing sampai pelepasan mainbrod dan pemasangan lagi dan sebutin fungsi fungsi kabel yang tertancap pada mainboard.dan sebutin cara caranya dari pembongkaran cesing sampai pemasanga mainboard dan gambarnya ya bos.. jika bisa kirim ke alamat gmail saya.. nanti ada pengganti paketan nya bos..saya lgi perlu bntuan nya bos.. saya tunggu sampai tgl 30 febuari

    BalasHapus