10 Jenis Strategi Marketing Yang Ingin Menjadi Pebisnis
Dipecat dari perusahaan dan ingin merubah diri lebih baik, daripada terus-menerus seumur hidup berharap menjadi orang yang berkecukupan atau menjadi orang kaya hanya dengan menerima gaji setiap bulan.
Apa benar hanya berharap dengan gaji setiap bulan kita akan menjadi orang yang berkecukupan atau bisa dikatakan menjadi orang kaya. Semua itu kembali berapa hasil yang didapat dengan bekerja di perusahaan setiap bulannya.
Sudahlah jangan terlalu banyak berharap akan menjadi orang sukses atau orang kaya hanya dengan berharap gaji bulanan dari perusahaan. Sudah waktunya berpikir sebaliknya, apa sih salah nya merubah hidup menjadi lebih sukses dengan berusaha menjadi usahawan.
Namun sebelum berpikir untuk menjadi usahawan, alangkah lebih baiknya mengetahui pola-pola ilmu untuk menjadi usahawan. Khususnya mempelajari tentang dunia marketing.
Apalagi di saat ini dunia marketing sudah berubah ke arah era digital dibandingkan pada saat zaman dahulu. Pola marketing di zaman sekarang tidaklah sama dengan pola marketing di zaman dulu.
Ketika berbicara tentang jenis strategi marketing, apalagi pada era digital di mana media yang dilihat lebih banyak tidak seperti pada era di jaman dulu. Tentu akan ada lebih banyak strategi marketing yang harus dilakukan.
Agar lebih mudah membuat strategi marketing pada era saat ini, ada 10 rangkuman jenis strategi marketing yang bisa dikatakan efektif untuk dilakukan ketika ingin menjadi usahawan atau berbisnis.
Beberapa jenis strategi marketing yang bisa diterapkan di zaman era digital saat ini :
1. Cloud Marketing
Strategi Cloud Marketing ini adalah merupakan strategi dasar dari bisnis di era digital atau online. Karena Cloud Marketing merupakan suatu bentuk dasar marketing yang harus dilakukan secara digital dan dipersonalisasi beserta diintegrasikan guna meningkatkan pengalaman para pelanggan.
Tujuan utama dari marketing ini untuk menjangkau konsumen yang berada di manapun baik ketika konsumen itu sedang melakukan aktivitas seperti di media sosial atau ketika sedang memeriksa email masing-masing atau mungkin sedang mengunjungi website Anda.
Sedangkan manfaat dari Could Marketing ini ada beberapa hal yang dapat diperoleh:
a. Mudah Memahami Customer Journey
Could Marketing ini akan memudahkan Anda mengukur beragam kriteria pelanggan Anda saat sedang berinteraksi dengan bisnis Anda.
Sehingga mereka atau pelanggan bisnis Anda akan mendapatkan produk seperti yang mereka harapkan. Dan seluruh data-data tersebut akan terintegrasi, sehingga akan lebih memudahkan Anda dalam menggunakannya dan bisa dijadikan sebagai tolak ukur dalam menjalankan bisnis Anda kedepannya.
b. Mampu Memprediksi Hasil Marketing Bisnis Yang Di Jalankan
Jika Anda menerapkan Cloud Marketing pada bisnis yang Anda jalankan. Anda akan mendapatkan nilai dan penjelas-penjelasan tentang bagaimana para pelanggan Anda akan terlibat jauh dengan bisnis anda.
c. Mampu Membentuk Campaign dan Customer Experince Lebih Personal
Perlunya kita membuat atau membentuk sebuah kampanye iklan yang mampu memberi pengalaman lebih kepada klien secara personal. Ini dikarenakan, saat ini kebanyakan kampanye iklan hanya memberi pengalaman yang serupa dan tidak ada bedanya dengan iklan-iklan yang pernah ada.
2. Online Marketing
Kegiatan marketing dengan cara ini merupakan salah satu strategi marketing yang memanfaatkan kemajuan teknologi internet. Kegiatan ini bertujuan secara penuh ingin mendapat perhatian dari para konsumen dengan memanfaatkan media sosial, website dan berbagai media online lainnya.
Dengan memanfaatkan teknologi internet ini kampanye iklan Anda akan mampu berpeluang mendapatkan perhatian pelanggan secara luas. karena dengan internet kampanye iklan akan mampu diakses oleh ratusan bahkan jutaan orang di seluruh dunia.
Strategi kampanye iklan melalui media internet bisa dilakukan dengan iklan berbayar seperti melalui Ads dengan konten-konten yang berkualitas atau postingan-postingan di sosial media.
3. Close Range Marketing
Kampanye iklan melalui strategi Close Range Marketing, kampanye iklan yang memanfaatkan perangkat yang mampu dijalankan oleh fitur WiFi atau bluetooth seperti yang terdapat di smartphone atau laptop.
Para pengusaha atau pemilik iklan akan memanfaatkan jaringan bluetooth atau wiFi guna mengirimkan kampanye iklan, produk dan layanan secara langsung pada konsumen saat konsumen terhubung dengan bluetooth wifi.
4. Call to Action Marketing
Call to Action Marketing (CTA) merupakan salah satu strategi marketing yang sangat efektif untuk mendapatkan respon langsung dari pelanggan. Dengan rancangan desain kampanye iklan yang menggunakan suatu pernyataan.
Kampanye iklan di desain guna untuk mendapatkan respon secara langsung dari pelanggan setelah membaca atau mendengar. Respon ini akan berbentuk seperti Click Now atau Buy Now dan juga bisa berupa Watch Now. Tujuan ini dilakukan untuk mendapatkan sebuah klik atau sebuah konversi dengan tujuan respon positif dari para pelanggan.
5. Email Marketing
Strategi Email Marketing merupakan strategi yang saat ini banyak dimanfaatkan bagi kalangan pebisnis untuk mempromosikan atau memperkenalkan produk, jasa atau layanan mereka kepada pelanggan melalui email. Umumnya para pebisnis akan mengirimkan sebuah email kepada calon pelanggan dengan tujuan menawarkan produk mereka.
Biasanya email yang dikirim berisi tentang informasi produk-produk terbaru dan terkini. Dan juga untuk menjalin hubungan yang baik dengan pelanggan. Promosi melalui cara ini sangat efektif dan mampu membangun hubungan secara personal dengan para pelanggan.
6. Augmented Reality Marketing
Proses marketing melalui cara ini lebih bersifat memanfaatkan teknologi terkini yang akan memberikan pengalaman yang unik kepada para pelanggan.
Biasanya para pebisnis akan menambahkan komponen digital untuk melihat produk produk mereka secara langsung kepada pelanggan seperti menggunakan bantuan kamera sehingga akan memberikan rasa unik kepada para pelanggan.
7. Inbound Marketing
Strategi Marketing melalui cara Inbound marketing ini biasanya adalah strategi dimana para pebisnis akan melakukan atau memberi pengalaman-pengalaman baru dengan cara mengajak para pelanggan untuk melakukan sesuatu.
Dan langkah-langkah dalam Inbound marketing ini terbagi menjadi tiga bagian yaitu menarik (attrack), mengajak (enggage) dan menyenangkan (delight).
8. Content Marketing
Content marketing merupakan strategi marketing yang sangat efektif untuk menarik perhatian para pelanggan. Namun perlu diingat bahwa konten marketing bukan sekedar memberi informasi atau sebuah konten kepada pelanggan tapi mampu memberikan informasi yang tepat guna kepada para pelanggan yang sangat membutuhkan informasi yang relevan dan tepat guna.
Content marketing ini dibuat bertujuan untuk membangun hubungan yang sangat baik dengan konsumen dalam waktu kurun yang cukup lama. Sehingga diperlukan dalam memproduksi konten haruslah bersifat relevan, agar para pelanggan yang dituju merasa membutuhkan dan memiliki kedekatan emosi pada konten yang dilihatnya.
9. Search Engine Marketing
Strategi Marketing dengan cara menggunakan Search Engine Marketing ini biasa digunakan pada sebuah website atau shopping online.
Dengan memperhitungkan atau menggunakan Search Engine Marketing pada website atau shopping online akan membentuk sebuah market di internet yang dilakukan untuk meningkatkan visibilitas website atau shoping online pada mesin pencari.
Dengan kata lain Anda akan meningkatkan atau mempelajari SEO demi meningkatkan traffic sehingga akan mudah berada pada halaman pertama juga bisa dengan membeli traffic pada mesin pencari seperti Ads Google.
10. Social Media Marketing
Salah satu upaya pemasaran produk bisa dioptimalkan melalui sosial media marketing. Media sosial saat ini di seluruh dunia cenderung menjadi sarana media marketing yang sangat efektif.
Dengan berinteraksi dengan pelanggan melalui sosial media maka akan memberikan efek lebih yang luar biasa positif pada bisnis yang dijalankan.
Persiapankan dan Uji Selalu Bisnis Anda Secara Berkala
Itulah beberapa strategi marketing yang bisa diterapkan bagi yang ingin menjalankan bisnis atau menjadi usahawan. Anda bisa memilih beberapa strategi diatas yang sesuai dengan bisnis yang Anda jalankan.
Cermati dan pelajari strategi yang paling sesuai dengan bisnis Anda sehingga akan menjadi lebih efektif bagi bisnis yang di jalani.
Selalu melakukan evaluasi dan pengelolaan bisnis secara berkala. Karena ini akan mempermudah dalam untuk mengembangkan bisnis ke depannya.
Posting Komentar untuk "10 Jenis Strategi Marketing Yang Ingin Menjadi Pebisnis"