Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Menganalisa Lalu Lintas Web Untuk Melihat Kunjungan dan Tampilan Pengguna


Lalu Lintas web mengacu pada jumlah sinyal dan informasi yang mengalir pada jaringan di WEB dan TI. Dari sudut pandang SEO , ini adalah jumlah kunjungan dan tampilan pengguna ke situs web.

Lalu lintas ke situs web bisa berasal dari banyak sumber:
  • Masuk dari hasil pencarian organik
  • Masuk melalui iklan 
  • Bookmark secara langsung dan kunjungi kembali
  • Masuk melalui tautan SNS dan artikel blog
  • Sosial Media
  • Referral
  • Penelusuran Berbayar
  • Tampilan
  • Afiliasi
  • Surel
  • dan lainnya
Secara sederhana penjabaran lalu lintas adalah jumlah data pada jalur komunikasi. Secara khusus, ketika kita membicarakan tentang lalu lintas web, kita bisa mengatakan bahwa satu lalu lintas ketika ada  pelanggan yang berkunjung di situs web dan melihat tampilan web.

Dalam menganalisa lalu lintas website, Anda harus melihat berbagai metrik situs web atau halaman arahan. Memeriksa lalu lintas situs Anda merupakan hal sangat penting dengan menggunakan data lalu lintas dengan benar. Jika di analisa dengan benar, akan sangat berguna untuk meninjau meninjau UI / UX.

Tinjauan lengkap untuk mengukur kunjungan lalu lintas secara luas dapat dikategorikan sebagai PV atau tampilan halaman website, sesi, dan UU (Pengguna Unik).

Selain itu, ada berbagai rute masuk untuk lalu lintas situs seperti mesin telusur dan SNS . Akan lebih mudah untuk memahami maksud pengguna jika Anda memeriksa aliran masuk dari mana dan jenis halaman apa yang Anda lihat sebagai satu set.

Anda dapat mengukur sumber arus masuk pengguna dengan menggunakan alat khusus.

Dengan meningkatnya traffic, Anda sudah dapat Menunjukan keberadaan situs Anda dan akan mempermudah untuk meningkatkan kunjungan pengguna. Analisa akses lalu lintas dapat menggunakan Google Analytic.

Cara Menggunakan Google Analytic

Untuk Menggunakan Google Analytic, masuk ke halaman Google Analytics dan mulai untuk menggunakan Google Analytics. Dan Anda bisa menggunakannya secara gratis.

Periksalah sumber lalu lintas dari item "Saluran" dari "Menarik pelanggan" di Google Analytics. Ini untuk mengetahui sumber lalu lintas ke situs web. Dengan begitu Anda dapat menganalisa kunjungan dan mengambil keputusan untuk melakukan sesuatu pada website Anda.

Dengan mengetahui lalu lintas pada situs Anda, langkah yang berikutnya yang bisa Anda adalah menerapkan SEO untuk menambah daya dongkrak kunjungan situs Anda.

Lalu Bagaimana Cara Meningkatkan Lalu Lintas Web?

Meningkatkan lalu lintas situs web:  

1. Cara meningkatkan Penelusuran Organik

Untuk meningkatkan Penelusuran Organik, optimal kan konten di situs Anda dan lakukan langkah-langkah SEO seperti meningkatkan jumlah kata kunci. Namun hal tersebut terkadang memerlukan waktu jangka menengah hingga jangka panjang. 

2. Memanfaatkan Sosial Media

Anda bisa meningkatkan lalu lintas dengan menggunakan jalur masuk melalui sosial media Anda, karena sosial media merupakan platform yang memiliki jaringan cukup luas.

3. Dengan Link Direct

Link Direct dianggap memiliki peran besar untuk menambah lalu lintas web. Namun Anda perlu secara teratur mengirimkan konten yang sesuai dengan minat pengunjung Anda. Sehingga situs web Anda semakin dikenal dan Anda akan mendapatkan kunjungan secara teratur. 

4. Cara Meningkatkan Dengan Referral

Untuk meningkatkan lalu lintas website dengan Referral, Anda perlu teknik strategis dengan membuat konten ke sosial media dan blog. Buatlah konten yang unik seperti mengisi data survei untuk meningkatkan waktu tayangan.

3 Alat Yang Dapat Di Gunakan Untuk Mengukur Lalu Lintas Web

Google Analytics bukan satu-satunya alat yang dapat memeriksa lalu lintas situs. Ada juga alat analisis lainnya yang dapat memeriksa lalu lintas situs..

Berikut tiga alat analisis lalu lintas situs yang direkomendasikan 

1. SimilarWeb

SimilarWeb adalah salah satu alat analisis akses terbaik untuk menganalisis situs pesaing. Anda dapat melihat materi iklan Anda serta lalu lintas pesaing Anda.

Anda juga dapat mencari situs web serupa dan kata kunci untuk situs Anda. Ini akan berguna untuk menganalisa situs Anda maupun situs pesaing Anda.

SimilarWeb memiliki versi gratis dan versi berbayar, SimilarWeb Pro. Versi gratis juga tersedia, tetapi tampilan periode perolehan data ditampilkan terbatas.

2. ahrefs

ahrefs adalah alat untuk mengukur SEO dan menyimpan data backlink terbesar di dunia. Ada juga alat untuk menganalisis situs pesaing, dan Anda juga dapat menelusuri analisa backlink, konten dengan hasil pencarian tinggi, dan kata kunci.

Anda juga dapat memeriksa tautan balik secara real time. Alat ini juga dapat digunakan untuk perbaikan situs dan operasi periklanan. ahrefs juga memiliki versi gratis dan versi berbayar.

3. HubSpot

HubSpot juga menerbitkan analisis lalu lintas situs. HubSpot ini memungkinkan Anda untuk menganalisis kinerja pencarian dan mengukur keterlibatan pelanggan. Selain itu, jumlah PV, waktu tinggal rata-rata, dan tingkat kunjungan untuk setiap halaman juga ditampilkan, sehingga mudah untuk memahami keseluruhan dan menemukan masalah yang ingin di selesaikan.

Lalu lintas situs adalah salah satu indikator yang memberi tahu Anda tentang pengguna atau pengunjung Anda berasal beserta mengetahui halaman mana di situs web Anda.

Dengan mengetahui lalu lintas di situs,  Anda dapat mendesain ulang situs web Anda. Seperti meninjau kembali halaman situs dan media yang Anda tayangkan.

Ini juga berguna untuk mengetahui dan meningkatkan prospek situs dengan melacak perilaku pengguna. Seperti waktu tunggu setelah memasuki situs dan halaman transisi . Jika Anda mencoba meningkatkan masuknya situs Anda atau menayangkan iklan, pastikan untuk memanfaatkan alat pengukur lalu lintas situs.

Posting Komentar untuk "Menganalisa Lalu Lintas Web Untuk Melihat Kunjungan dan Tampilan Pengguna"