Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penerapan SEO Youtube Gampang-gampang Mudah



Apakah selama ini Anda telah mengerahkan semua kemampuan untuk berjuang mendapatkan peringkat tinggi di YouTube?, namun perjuangan Anda belum bisa menghasilkan seperti yang diharapkan.

Kemungkinan ada penerapan SEO Youtube yang kurang benar diterapkan dan perlu dilakukan perubahan agar video Youtube memiliki ranking.

Jika demikian coba Anda terapkan beberapa tips di bawah ini untuk memaksimalkan SEO video Youtube Anda. Panduan lengkap memaksimalkan SEO Youtube ini merupakan langkah yang mungkin bisa membuat tujuan Anda tercapai.

Namun perlu diingat ini hanyalah tips, bukan suatu kepastian. Anda mungkin bisa menambahkan langkah penerapan SEO Youtube yang lain sehingga SEO Youtube Anda semakin baik.

YouTube sendiri merupakan alat mesin pencari terbesar kedua yang banyak digunakan di dunia setelah pencari milik Google. 

Namun, sebagian besar video banyak tidak memaksimalkan SEO sebagai sarana untuk menarik pengunjung dibandingkan dengan penggunaan SEO Google, dan bahkan ada video yang sama sekali tidak mempedulikan SEO untuk meningkatkan pengunjung video Youtube.

Jadi Panduan SEO YouTube ini akan memandu Anda dengan lima langkah dasar untuk meningkatkan peringkat pencarian di Google maupun di YouTube.

Langkah Untuk Memaksimalkan SEO Youtube

1. Memilih Kata Kunci yang Tepat Untuk Video

Hal terpenting dalam pemilihan kata kunci YouTube adalah mencari " kata kunci video " yang akan menampilkan video Anda di hasil pencarian Google . Kata kunci video adalah kata kunci yang akan muncul di hasil pencarian Google dan juga YouTube.

Dengan kata lain, video yang dioptimalkan dengan kata kunci video dapat diakses langsung dari Google Penelusuran. Misalnya, kata kunci video "cara merakit bunga mawar". Ini dikarenakan ketika Anda melakukan pencarian Google, video dengan kata kunci tersebut akan ditampilkan di hasil pencarian.

Secara umum, pencarian Google cenderung menampilkan video dengan jenis kata kunci pencarian seperti:
  • Tutorial 
  • Bagaimana caranya
  • Ulasan
  • Eksperimen / demonstrasi
  • Presentasi
Kata kunci diatas paling banyak digunakan untuk SEO Youtube, sehingga persaingan kata kunci diatas sangat ketat sekali.

Sebenarnya ada cara mudah untuk menemukan kata kunci video, dengan melakukan pencarian Google untuk kata kunci khusus di wilayah Anda dan membuat daftar kata kunci yang akan menampilkan video Anda di hasil mesin pencarian. 

Selain itu, teknik selanjutnya adalah mencari kata kunci dengan menggunakan alat pencarian kata kunci untuk membantu dan sebagai rujukan menentukan kata kunci yang tepat. Caranya:

Cari dengan Ahrefs Keyword explorer

Anda dapat mencari data kata kunci di YouTube dengan penjelajah Kata Kunci di Ahrefs, alat SEO ini adalah cara paling direkomendasikan untuk mencari kata kunci. Misalkan,

Ahrefs> Penjelajah kata kunci > Klik tab YouTube> Masukkan kata kunci> Telusuri



Anda bisa mendapatkan informasi rinci tentang kata kunci terkait serta volume pencarian-nya, selanjutnya klik kata kunci yang dicari. Ide kata kunci terkait dapat membantu Anda menemukan tema video. 

Misalkan contoh kata kunci "diet", Anda dapat melihat sekilas bahwa tari, diet, latihan otot, dll. Merupakan sub-kategori dalam diet.

Temukan Kata Kunci yang Disarankan YouTube

Di kotak penelusuran YouTube, masukkan garis bawah "_", lalu kata kunci untuk melihat saran kata kunci yang lebih relevan. Contoh seperti ini "_diet".

Riset Kata Kunci Dengan Bantuan Alat Keyword Tool

Kata Kunci dan penelitian kata kunci, memungkinkan Anda mendapatkan daftar kata kunci Long Tail Keyword (kata kunci panjangYouTube. Masukkan kata kunci utama di kotak pencarian.


Dengan begitu banyak saran kata kunci yang ditampilkan, lakukan pencarian di Google untuk kata kunci tersebut untuk menemukan kata kunci yang tepat untuk video Anda.

Cari Tahu Sumber Lalu Lintas di YouTube Analytics

Jika Anda sudah mem-posting video ke YouTube, laporan YouTube Analytics sebagai sumber lalu lintas merupakan sumber informasi yang berharga. Di bagian sumber lalu lintas "Penelusuran YouTube", Anda dapat melihat kata kunci penelusuran yang digunakan oleh pengguna untuk mencari video di Youtube.

Melihat laporan kata kunci yang digunakan di pencarian, ini dilakukan agar kata kunci tersebut menjadi lebih optimal dan diharapkan dapat tampil dibagian paling atas beranda Youtube.

Cara Memeriksa Analisis YouTube

Temukan Kata Kunci Untuk Video Populer 

Buatlah daftar video paling populer di saluran pesaing dan periksa kata kunci yang mereka targetkan. Secara khusus, video yang banyak ditonton cenderung menargetkan kata kunci video yang relevan dan tepat.

Alat Bantu Untuk Menganalisa Video Pesaing

Alat bantu berikut sangat berguna untuk menganalisa video:
  • YT Cockpit : YT Cockpit adalah alat penelitian kata kunci YouTube yang disediakan oleh SwissMadeMarketing, alat penelitian kata kunci yang terkenal. Tidak hanya menghasilkan ide kata kunci yang bagus, tetapi juga menghapus info video yang bersaing.
  • TubeBuddy : TubeBuddy adalah ekstensi Google chrome yang memungkinkan Anda menganalisis informasi tentang video pesaing. Terutama, akan lebih mudah untuk memeriksa tag yang disetel dalam video, dan Anda bisa mendapatkan ide kata kunci baru dari tag tersebut.

2. Periksa Volume Pencarian Kata Kunci

Setelah Anda membuat daftar saran kata kunci video, gunakan alat seperti Google Perencana Kata Kunci atau Ahrefs  untuk mencari volume pencarian kata kunci Anda. 

Setelah Anda menemukan kata kunci video dengan volume pencarian yang tepat dan dapat Anda gunakan sebagai kata kunci video, pemilihan kata kunci dengan jumlah volume pencarian tertentu adalah salah satu kriteria yang tepat untuk dijadikan pertimbangan.

Langkah Mengoptimalkan Video Untuk YouTube

Ada dua cara untuk membuat video agar lebih optimal. Anda dapat menyiapkannya sendiri, atau meminta bantuan pihak ketiga (profesional). Intinya, semakin keras usaha Anda memproduksi video. maka Anda akan mendapatkan hasil yang luar biasa.

Hal Yang Perlu di Perhatikan Saat Membuat Video

Masalah terbesar yang sering dihadapi membuat video adalah kualitas video, itu juga terjadi pada video saya sendiri. Oleh karena itu perlu maka kita perlu mempersipakan peralatan dan alat yang bisa mendukung pembuatan video.

Berikut alat yang dibutuhkan untuk membuat video:
  1. Alat perekam / pengeditan video, ini adalah alat untuk merekam dan mengedit video.
  2. Mikrofon kondensor USB, Mikrofon yang terhubung langsung ke komputer. Digunakan untuk mengisi suara, seperti menambahkan audio ke video. Mikrofon sangat penting karena suara berdampak besar pada kepuasan penonton.
  3. Kamera web, ini biasanya digunakan saat memotret wajah dan tubuh bagian atas pembicara.
  4. Kamera refleks lensa tunggal digital, Ini digunakan saat merekam video dengan orang sebagai pemeran utamanya.
  5. Mikrofon kondensor, Mikrofon untuk menghubungkan ke kamera dan merekam audio.
  6. Pemblokir Pop, Pasangkan ke mikrofon untuk mencegah noise seperti suara napas dan suara bising yang mungkin berasal dari lingkungan sekitar.

Jika Anda memiliki semua kelengkapan peralatan diatas, Anda sudah dipastikan dapat menghasilkan video berkualitas tinggi seperti presentasi PowerPoint dan Keynote, tutorial sambil menampilkan layar komputer, dan bidikan headshots (tubuh bagian atas) dari jarak dekat. 

Ini mungkin bisa Anda alat yang bisa Anda sediakan untuk menghasilkan video yang berkualitas:
  1. Penerangan
  2. Lampu LED direkomendasikan.

Meminta Pendapat atau Belajar dari Pakar Audio Visual

Meminta pendapat atau belajar dari seseorang seorang pakar atau profesional dibidang audio visual dalam memproduksi video yang baik dan bagus adalah pilihan yang tepat untuk menghasilkan video berkualitas tinggi. 

Tentukan Kerangka Video (Tips) 

Terlepas bagaimana Anda memproduksi video, Anda perlu memutuskan kerangka kerja sebelum Anda memproduksi konten video Anda. Memutuskan siapa, untuk tujuan apa, dan jenis video apa yang akan Anda produksi merupakan elemen penting dari konten video.

1. Tingkat Pemirsa

Tidak penting untuk siapa Anda membuat video, tetapi yang perlu ditingkatkan atau yang menjadi tumpuan adalah penonton potensial yang mungkin akan tertarik dengan video yang di perlihatkan dan secara pasti video tersebut harus bisa meng-hipnotis penonton.

Misalnya, membuat video untuk pemula yang benar-benar baru dalam SEO kemungkinan tidak akan menghasilkan kualitas video yang diharapkan. Tapi disini Anda bisa terus belajar dan meningkatkan kualitas video dengan pengalaman yang Anda rasakan dan Anda hadapi.

2. Manfaat Bagi Pemirsa

Manfaat yang ada di video Anda untuk penonton adalah hal penting untuk Anda perhatikan. Jadi, Anda perlu tahu apa yang diminati penonton dan tips yang bisa menyelesaikan masalah bagi penonton video Anda.

Jadi pada dasarnya, bisa menyelesaikan masalah penonton Anda bisa menjadi bagian penting dalam kandungan atau isi video.

3. Jenis Konten Video

Ada banyak jenis konten video yang bisa dipilih untuk chanel Anda. Namun yang terpenting adalah memilih jenis konten yang tepat dan sesuai dengan kemampuan  atau keahlian Anda adalah hal yang utama, setelahnya Anda memikirkan konten yang paling banyak diminati oleh penonton.

Misalkan konten yang mengandung kata kunci:
  • Bagaimana caranya?
  • Tutorial
  • Memberikan strategi dan informasi tentang tema tertentu
  • Ulasan produk / layanan
  • Demonstrasi produk dan layanan
Misalnya, seseorang yang ingin melakukan diet olahraga dan menginginkan video yang menampilkan olah raga yang mampu dan benar dalam pelaksanaan diet dengan berolah raga. 

Mereka tidak akan peduli berapa jumlah kalori yang hilang selama mengikuti program dari video Anda saat berolah raga. Bagi mereka video diet dengan berolah raga mampu membuat mereka merasa ada manfaat setelah mengikuti program yang ada di video Anda.

Berapa Durasi Video yang Optimal untuk YouTube?

Dalam pencarian YouTube dan Google, video dengan waktu yang lebih lama cenderung memiliki peringkat lebih tinggi daripada video dengan waktu yang lebih pendek. Tapi, tentu saja, bukan berarti Anda harus memaksakan diri untuk membuat video dengan durasi yang panjang.

Karena yang terpenting dari durasi video panjang adalah bisa menampilkan manfaat yang benar-benar optimal untuk penonton Anda bukan hanya menampilkan video dengan berfokus pada durasi. 

Menurut Youtube Creators , rata-rata waktu dari 10 video terpopuler di YouTube adalah 4 menit 20 detik. (Tampaknya dengan data ini, mengapa banyak video berdurasi 5 menit atau lebih.)


Indikator untuk Menentukan Keterlibatan Penonton

Hal terpenting dalam membuat video yang ingin ditampilkan di YouTube adalah "kualitas" video itu sendiri. Jika Anda tidak mampu memberikan konten yang mampu menarik besar penonton, diluar dari langkah-langkah SEO yang Anda terapkan, Anda tidak akan memperoleh peringkat yang tinggi di Youtube.

Keterlibatan penonton menjadi tolak ukur YouTube untuk menilai kualitas video: Ini sangat berbeda dengan penerapan algoritme penelusuran dengan SEO.

1. Waktu Menonton

Panjangnya waktu penonton oleh pengguna merupakan faktor yang sangat penting dalam menentukan peringkat YouTube . Anda dapat melihat total laporan waktu tonton di YouTube di chanel Anda.

Kami telah membuat beberapa perubahan pada sistem kami untuk memudahkan pemirsa melihat video berdurasi panjang di hasil penelusuran YouTube. Perubahan ini adalah salah satu upaya berkelanjutan untuk mengambil video di YouTube dengan fokus pada waktu putar, menampilkan video terkait dan direkomendasikan yang dibuat sejak Maret tahun ini, mengikuti perubahan sistem dan peningkatan analisis YouTube terkini. (Official Youtube) 

Meningkatkan waktu pemutaran video sangat penting untuk mendapatkan retensi tinggi pemirsa.

2. Retensi Ketetarikan Penonton

Retensi penonton adalah persentase seberapa baik video Anda untuk mendapat perhatian dari penonton. Bisa dikatakan bahwa tingkat retensi pemirsa yang tinggi menunjukkan kualitas video yang sangat baik. Dan ini bisa menjadi rujukan bagi Youtube untuk menampilkan video di bagian teratas beranda Youtube.

Anda dapat melihat laporan retensi penonton di Akun chanel YouTube Anda.

3. Cara Memaksimalkan Retensi Penonton

Di awal video, 15 detik pertama merupakan hal yang paling penting untuk mencegah penonton menutup atau menghentikan melihat video. 

Jika ada identifikasi tingkat ketetarikan penonton yang rendah di laporan retensi penonton. Anda mungkin perlu memperbaiki judul, tag dan dikripsi video atau Anda bisa menghapus video tersebut dan menggantinya. 
Yang terpenting perhatikan komposisi dan arah video agar penonton tidak bosan.

4. Waktu Pemutaran per Sesi

Waktu pemutaran per sesi video adalah lamanya pengguna yang menonton video Anda atau memutar video tersebut. Dengan kata lain, cari cara bagaimana membuat video agar penonton bisa lebih lama berada di chanel YouTube Anda.

Cara menambah waktu pemutaran per sesi
  • Tempatkan tautan ke video atau saluran Anda di akhir setiap video
  • Buat daftar putar yang mungkin menarik bagi pengguna yang menonton video Anda.

5. Komentar

Video dengan banyak komentar akan lebih menarik dan mungkin akan mendapat peringkat lebih tinggi di Youtube. Karena dengan adanya komentar pada video membuktikan adanya keterrtarikan penonton atas video tersebut. 

Oleh karena itu, Anda harus mengambil pendekatan seperti membalas komentar penonton dengan memberi jawaban yang dibutuhkan.

6. Pengikut atau Menjadi Pelanggan Chanel Youtube

Jika ada penonton menjadi pengikut atau pelanggan setelah menonton video Anda, itu adalah merupakan faktor yang sangat positif. 

Yang menandakan bahwa penonton sangat menyukai dan memberi pernghargaan terhadap video Anda dan ingin terus menonton video Anda yang baru kedepannya. 

Oleh karena itu, Anda harus menambahkan pesan di akhir video untuk mengingatkan penonton untuk mengikuti chanel Youtube Anda dengan mengaktifkan lonceng sebagai penanda jika ada video baru yang Anda upload.

7. Berbagi di Sosial Media

Berbagi di sosial media seperti Facebook, Twitter, dan lainnya adalah poin penting dalam meningkatkan jumlah pengunjung atau penonton. 

Secara khusus, Facebook merupakan media sosial yang di bisa menjadi prioritas utama karena jumlah pengguan Facebook yang cukup banyak didunia. Menurut Moz , memposting video di Facebook adalah strategi promosi terbaik jika Anda ingin banyak orang menonton video Anda.

Dan Penambahan video ke "Tonton Nanti" video berikutnya merupakan faktor positif yang bisa Anda terapkan.

8. Evaluasi

Mendapat like atau no like dari penontonbisa menjadi evaluasi untuk melihat kualitas dari video yang ditampilkan. Betapa hebatnya video dirancang dan dioptimalkan, like atau nolike dari penonton bisa menjadi rujukan Youtube menilai video tersebut.

9. Giveway

Anda bisa mungkin bisa memberi hadiah bagi penonton yang bisa memberi komentar terbaik bagi video Anda atau hal lainnya yang memberikan imbalan bagi penonton Anda untuk dapat menarik lebih banyak pengunjung.

Langkah Menerapkan SEO Pada Video

Berikut ini adalah poin-poin SEO yang perlu dioptimalkan saat mengupload video ke YouTube. Yang perlu diperhatikan khusus adalah judul dan deskripsi (ringkasan) itu penting.

Judul

Untuk judul, gunakan semua kata kunci yang sudah Anda pilih dan Anda tuju untuk bisa tampil diperingkat yang lebih tinggi. Misalnya, jika kata kunci "diet sehat" adalah targetnya, judulnya bisa seperti "cara diet sehat yang tepat dan benar".

Judul sama pentingnya dengan sebuah halaman web , dan kata kunci usahakan berada dekat atau tempatkan di awal judul. Selain itu, tambahkan frasa yang memicu klik-tayang ke judul Anda untuk meningkatkan RKT video Anda.

Deskripsi (kolom ringkasan)

Deskripsi sangat penting. Karena Google dan YouTube tidak sepenuhnya memahami hanya berlandaskan pada judul video, Youtube juga perlu deskripsi video untuk memahami konten dari video Anda.

Itulah mengapa deskripsi merupakan bagian penting dalam mengkomunikasikan konten video Anda dengan benar ke YouTube. 

Berikut poin penting untuk membuat deskripsi:

  • Tempatkan tautan eksternal yang akan menjadi CTA di awal deskripsi.
  • Usahakan menulis deskripsi dengan menerapkan SEO dan juga menampilkan tautan di deskripsi mengarah ke video yang sesuai atau video yang paling banyak ditonton.
  • Gunakan kata kunci dalam 50 karakter pertama dalam kalimat.
  • Gunakan kata kunci 3-4 kali.
  • Usahakan deskripsi minimal harus 500 karakter (disarankan tapi bukan berarti harus).
  • Sisipkan tautan ke video internal lainnya.
  • Penjelasan mendetail tentang poin-poin tidak hanya berguna untuk memaksimalkan penempatan kata kunci tetapi juga bisa menjadi rujukan bagi algoritma Youtube untuk memahami isi dari video.

Menjelaskan semua kata atau kalimat yang ada di video dalam bentuk diskripsi akan dapat menyampaikan konten video sepenuhnya ke algoritma Youtube maupun alat pencari Google.

Oleh karena itu, Anda harus bisa menempatkan kata kunci didalam diskripsi untuk kata kunci dan frase terkait atau sesuai denga isi video.

Selain itu, memberikan banyak kata kunci dan penjelasan tentang video akan mampu meningkatkan optimasi video agar bisa ditampilkan mesin pencari lainnya dan menempatkan link video milik orang lain yang relevan akan sangat membantu optimasi video.

Contohnya halaman video Ahrefs, banyak memasukan atau juga menampilkan video Neil Patel. Cara yang sangat efektif untuk meningkatkan jumlah video yang diputar.

Untuk transkripsi video, disarankan untuk menggunakan layanan khusus atau membuatnya Anda bisa membuatnya sendiri. 

Anda juga dapat menyalin dan menempel teks menggunakan fitur transkripsi subtitle otomatis YouTube. Namun, fungsi peningkatan subtitle otomatis tidak terlalu akurat dan perlu banyak dilakukan peng-editan.

TAG

Daftarkan kata kunci target (Tag) dan kata kunci LSI seperti kata-kata terkait dalam tag. Akan memberi tahu YouTube sekaligus Google tentang video Anda, dan juga membantu video muncul sebagai video terkait di sidebar video orang lain atau yang sedang ditonton.

Menggunakan tag yang sama dengan video pesaing yang ditampilkan di bagian atas juga sangat efektif untuk menekankan bahwa video tersebut sangat relevan. 
Anda dapat memeriksa tag yang digunakan oleh video pesaing dengan TubeBuddy.

Subtitle / Terjemahan

Dengan alat terjemahan YouTube , Anda dapat mengunggah subtitle dan terjemahan audio video sebagai teks. Dengan menyediakan video versi teks, Anda dapat menyampaikan konten ke YouTube, yang lebih cenderung menampilan video di saluran yang relevan.


Thumbnail

Thumbali terkadang bisa membuat perbedaan besar dalam RKT. Thumbail yang sederhana dan menarik terbukti mampu meningkatkan keterlibatan sebesar 154%  penonton. 

Poin-poin Thumbnail video :
  • Siapkan gambar berkualitas tinggi. (1280 x 720)
  • Tambahkan teks dan logo merek untuk mengekspresikan konten video ke thumbnail.
  • Teks harus dapat dilihat di perangkat apa pun.
  • Thumbail harus mampu menyampaikan konten dari video dan mudah dipahami.

Promosikan video

Berikutnya ini merupakan strategi promosi vidoe YouTube. Tujuannya adalah untuk meningkatkan peluang pengguna melihat video dan membangun tautan dengan video yang tersemat tersemat. (seperti situs web, YouTube cenderung menggunakan tautan balik sebagai faktor peringkat.)

Untuk mendapatkan peringkat tinggi di YouTube yang sangat kompetitif, perlu usaha lebih untuk mendapatkan jumlah penonton. Promosi adalah salah satu langkah yang dapat dilakukan karena mampu meningkatkan jumlah penonton.

Berikut cara mempromsoikan video

1. Sematkan video dalam posting blog

Menggunakan video di blog adalah cara termudah dan paling efektif. Oleh karena itu, ketika Anda memposting blog, Anda harus selalu mempertimbangkan untuk menempatkan video di dalamnya. Video juga memiliki efek positif pada SEO halaman web Anda, karena membantu web Anda untuk mendapatkan waktu panjang dari pengunjung.


2. Berbagi di media sosial

Berbagi video di media sosial merupakan strategi yang baik untuk mendapatkan penonton. Memposting video di Facebook dan Twitter diharapkan dapat meningkatkan viralitas dan keterlibatan pengunjung dari platform media lain.

Memposting secara teratur ke media sosial Anda akan memberi efek pengikut terhadap akun media sosial Anda. Disini Anda dapat menjadwalkan posting dengan alat bantuan seperti Buffer.

3. Memberi Jawaban di situs Tanya Jawab dengan Menunjukkan Referensi Video

Tips ini bisa Anda gunakan untuk menjawab pertanyaan di situs atau forum Tanya Jawab dengan  memberi referensi sebuah video yang diharapkan dapat meningkatkan jumlah kunjungan serta meningkatkan jumlah penayangan video Anda. Misalnya, di situs Tanya Jawab seperti Yahoo! dan situs atau forum tanya jawab lainnya.

Anda bisa menjadikan diri sebagai ahli dan menjawab pertanyaan dari pengguna, jika pengguna merasa percaya dengan jawaban Anda, Anda bisa saja dianggap mereka sebagai seorang ahli dan meningktkan kredibilitas diri Anda secara tidak langsung.

Dan di kesempatan Anda bisa menempatkan link video Anda yang mungkin bisa menjadi sumber literatur dari pengguna untuk memperoleh jawaban.

4. Menggunakan Email sebagai Sarana Promosi

Email merupakan media promosi yang cenderung sangat efektif untuk meningkatkan kunjungan ke video Anda. Pengunjung yang mengikuti Anda biasanya menerima pemberitahuan email jika Anda mengupload konten baru.

Ini karena mereka menghargai konten yang Anda. Teknik lainnya adalah dengan meletakkan tautan video di dalam email yang Anda kirimkan.

5. Tampilkan Video Lain yang Terkait atau Relevan di Akhir Video

YouTube memberi fasilitas yang bisa menampilkan tautan ke video lain atau ajakan berkunjung ke video lain yang meminta pengunjung untuk melihat video lainnya di akhir setiap video yang sedang di saksikan.

6. Berkolaborasi dengan YouTuber yang Sudah Populer

Anda dapat bisa mendapatkan penonton dan pengikut baru dengan memposting video hasil kolaborasi dengan Youtuber yang telah lebih dahulu populer dan memiliki banyak pengikut. 

Ini akan menambah daya dongkrak kepopuleran chanel Anda kedepannya. Karena Youtuber yang telah populer cendrung memiliki banyak pengikut yang juga bisa menjadi pengikut chanel Youtube Anda.

Langkah Ekstra Dalam Mengoptimalkan Penerapan SEO di Saluran Youtube

Tidak hanya penerapan SEO di setiap video yang memiliki fungsi untuk menempatkan video Anda di peringkat tertinggi beranda Youtube, tetapi juga SEO channel juga sangat penting. 

Oleh karena itu, teknik berikut ini bisa untuk mengoptimalkan tayangan dan meningkatkan jumlah pengunjung bahkan pengikut di chanel Anda. 

Tidaklah bisa di pungkuri bahwa semakin tinggi jumlah pengikut, akan semakin mudah video Anda untuk ditampilkan di bagian atas pencarian Youtube.

Namun bukan hanya itu saja, ada beberapa hal yang harus Anda lakukan agar chanel Anda bisa mendapat posisi dan kepercayaan dari pengunjung dengan melihat beranda chanel Anda.

Dan untuk itulah, ada beberapa hal yang harus Anda lakukan di beranda chanel Anda, agar chanel Anda memiliki kredibilitas di mata pengunjung atau penonton.

Dan hal tersebut adalah:

1. Gambar Header di Chanel

Tetapkan gambar header berkualitas tinggi (2560 x 1440). Header akan menyertakan konsep dan slogan saluran. Contohnya Header saluran Jeff Walker , yang terkenal dengan peluncuran produknya, dirancang untuk menunjukkan tujuan saluran secara sekilas.

2. Atur logo

Setel logo sederhana mungkin dengan menyertakan nama saluran yang mudah dingat.

3. Optimalkan Halaman Ikhtisar

Halaman ikhtisar saluran sama pentingnya dengan halaman ikhtisar di situs web. Pengguna yang tertarik dengan konten Anda akan memeriksa informasi lebih lanjut tentang Anda dengan melihat beranda chanel Anda. Oleh karena itu, buatlah ikhtisar yang memiliki poin-poin seperti berikut ini.
  • Penjelasan
  • Slogan konsep saluran
  • Pengenalan diri
  • Ikhtisar saluran yang berisi kata kunci utama
  • Konten video
  • Targetkan pengguna
  • Kata-kata yang meminta pengunjung untuk berlangganan chanel Anda
  • Kontak
  • Tautan situs web
  • Tautan SNS

4. Buat playlist

Daftar putar (playlist) tidak hanya memberikan gambaran sederhana tentang saluran Anda, tetapi juga membantu meningkatkan akses ke situs saluran Anda. Oleh karena itu Anda bisa mendapatkan lalu lintas pencarian YouTube dengan menggunakan kata kunci dalam judul playlist. 

Secara khusus, judul yang menargetkan kata kunci lebih panjang (long tail keyword) cenderung ditampilkan di bagian atas beranda Youtube.

Jika Anda memiliki lebih dari 10 video di saluran Anda, buat daftar putarnya. Anda juga dapat memberi tahu YouTube tentang relevansi dengan menambahkan video terkait dari saluran lain ke dalam daftar putar Anda.

5 Langkah Penerapan SEO YouTube

Penerapan SEO YouTube ini bisa sangat menjelaskan strategi dari video Anda, untuk pencarian YouTube dan Google di peringkat teratas dengan lima langkah:
  • Pemilihan kata kunci video
  • Produksi video
  • Pengaturan posting YouTube
  • Strategi promosi
  • SEO saluran
5 dasar untuk penerapan SEO diatas bisa Anda coba lakukan pada saluran video Anda dan lihat apakah ada pengaruh pada kunjungan dan tayangan saluran video Anda.

Posting Komentar untuk "Penerapan SEO Youtube Gampang-gampang Mudah"