Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tidak Perlu Download Background Di Internet | Gunakan Fill Tool Untuk Membuat Background di Coreldraw

Selama ini jika butuh sebuah background untuk berbagai keperluan harus dulu download dari internet. Itupun harus mencari yang free alias gratisan, jika tidak ingin terkena finalty dari si pembuat background.

Apalagi jika backgtiund tersebut di gunakan untuk keperluan komersial. Memang bisa saja membuat background di coreldraw, photoshop atau software editing lainnya.

Tapi jika membuat dengan software editing, harus memiliki kemampuan dan memahami cara menggunakan software-software tersebut.

Tapi rupanya di coreldraw bisa membuat background dengan mudah, tanpa harus menguasai cara penggunaan coreldraw.




Ada tool yang mudah untuk membuat backround di coreldraw. Warna bisa di ganti sesuka hati. Namun bentuk memang sudah ada dan di tetapkan di coreldraw, namun di mensi background bisa di rubah sesuai keinginan hati.

Tool yang di gunakan untuk membuat background adalah Fiil Tool.


Dengan tool ini, nantinya banyak pilihan background yang bisa dipilih. Saya sendiri saja hanya menggunakan Coreldraw12. Mungkin saja jika menggunakan coreldraw versi yang lebih tinggi.

Bisa saja banyak pilihan background yang bisa digunakan.

Cara Membuat Background di Coreldraw Dengan Fill Tool

Pertama yang harus dilakukan adalah membuat area atau tempat untuk membuat background.

1. Misalkan buat area dengan ukuran A4 (210mm x 297mm)
2. Buat kotak dengan ukuran A4 menggunakan Ractangle Tool (F6)
3. Posisikan Landscape (Posisi Potrait) boleh juga


4. Klik kotak yang telah dibuat
5. Klik Fill Tool dan pilih salah satu tool yang ada di Fill Tool

Di Fill Tool ada beberapa bagian tool, seperti :

a. Fill Color Dialog

Dengan tool ini, kotak yang dibuat hanya bisa untuk membari satu warna yang dipilih saja.

b. Fountain Fill DIalog

Ada 4 pilihan bentuk background yang bisa di gunakan dengan Fountain Tool. Namun warna bisa di ganti, dan masih bisa juga di setting dengan pengaturan lain yang ada di Fountain Fill Dialog.

c. Pattern Fill 

Buat background di coreldraw dengan Pattern Fill, lebih banyak pola background yang bisa dipilih, 2-color, Full Color dan Bitmap. Semua bisa digunakan untuk membuat background.

Pilih saja salah satu dari ke tiganya, kalau 2-color warna bisa di pilih dan di tentukan.

d. Texture Fill


Dengan Tecture Fill lebih banyak pilihan lagi bentuk background yang ungun dibuat. Walau bentuknya sudah ada, tapi dimensi dan warna bisa di ganti sesuai kemauan.

e. PostScript Fill


Pilihan terakhir untuk membuat background di coreldraw adalah PostScript Fill. Disini bentuk dan warna sudah ditentukan dan tidak bisa di setting. Namun pola yang ada di PostScript Texture untuk di jadikan background lebih simpel atau sederhana.

Setelah selesai membuat background, untuk menyimpan gunakan cara eksport. Sehingga background bisa tersimpan dalam bentuk JPG atau JPEG.

Jadi begitulah cara untuk membuat background di coreldraw tanpa harus download dari internet. Bisa saja jika menggunakan coreldraw versi mutakhir. Pola atau bentuk yang dijadikan background lebih banyak pilihan atau bisa di setting lebih daripada menggunakan versi Coreldraw12.


Posting Komentar untuk "Tidak Perlu Download Background Di Internet | Gunakan Fill Tool Untuk Membuat Background di Coreldraw"