Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ada Blog Yang Berjudul Punya Cartridge Canon Tipe 810 dan Tipe 811 Bekas Original? Jangan Dibuang!

Kalau belum rusak yang kenapa harus dibuang. Cukup catridge Canon di isi ulang catridge sudah bisa digunakan lagi.

Tapi...ada tapinya. Ketika catridge canon Tipe 810 dan Tipe 811 atau yang jenis atau modelnya sama. Ketika di isi ulang maka tinta tersebut sudah tidak original lagi.

Kenapa...begitu!

Harus diketahui bahwa tinta printer Canon Tipe 810 dan Tipe 811 adalah tinta jenis Durabrite. Atau tinta ini sejenis tinta pigment, namun tinta durabrite masih diatas tinta pigment.

Keunggulan tinta durabrite pada catridge canon sebelum diisi ulang. Merupakan tinta yang sangat bagus. Tinta ini anti luntur jika terkena air dan anti pudar ketika digunakan untuk mencetak foto.

Sedangkan ketika diisi ulang, biasanya diisi dengan tinta yang jenis Dye Base. Yang mana tinta ini luntur jika terkena air dan mudah pudar ketika terkena cahaya jika digunakan untuk mencetak foto.

Kalau tidak percaya! membuktikan cukup mudah, bagi yang baru membeli printer Canon type apa saja dan catridgenya sejenis dengan catridge 810 dan 811. 

Coba print teks biasa saja dengan kertas HVS, lalu rendamlah dengan air. Apakah tintanya luntur atau tidak. 

Saya pastikan tintanya tidak akan luntur, karena jenis tinta bawaan printer canon catridge 810 dan 811 adalah Durabrite. Tinta ini sangat bagus untuk mencetak dokumen penting atau foto penting keluarga.

Beda halnya dengan tinta berbasis Dye Base, akan mudah luntur jika terkena air dan pudar ketika terkena suhu ruangan atau cahaya ruangan.

Biasanya jika ada foto yang memudar dengan waktu sekian lama terpajang di tembok rumah dan memudar. Biasanya printer menggunakan tinta jenis Dye Base.

Jadi ketika membeli printer baru canon dengan menggunakan catridge 810 dan 811 atau sejenisnya. Lebih baik gunakan dulu untuk cetak foto keluarga sendiri. Atau untuk mencetak dokumen penting.

Sehingga dokumen atau foto akan tahan pudar dan kwalitas fotonya pun cukup bagus.

Ada juga pertanyaan. Kenapa ketika catridge di isi ulang, indikator tinta tidak terdeteksi. 

Memang begitu, ketika catridge 810 dan 811 diisi ulang maka indikator tinta tidak akan terbaca.

Karena catridge 810 dan 811 atau tipe sejenisnya, dirancang pada chipnya hanya membaca atau mendeteksi tinta ketika dibeli baru atau bawaan dari printer yang baru saja dibeli.

Tidak dirancang untuk mendeteksi tinta ketika diisi ulang kembali. Jadi dikomputer tetap saja terlihat tinta catridge di 810 dan 811 tetap dalam keadaan kosong.

Jadi bagaimana untuk mengetahui jika, tinta sudah habis atau belum. Kalau saya sendiri memakai perasaan, berapa banyak yang telah dicetak. Dicetak untuk teks biasa atau dicetak untuk mencetak foto.

Karena jika digunakan untuk mencetak teks biasa berbeda ketika untuk mencetak foto. Yang pasti penggunaan tinta untuk mencetak foto lebih banyak.

Tapi jika menggunakan cara ini cukup sulit bagi pengguna baru. Saya lakukan ini karena saya sudah terbiasa menggunakan printer canon.

Terkadang untuk mendeteksi tinta masih ada atau akan habis, saya keluarkan catridge dari printer dan timbang-timbang dengan tangan. Ini saya lakukan karena saya sudah biasa menggunakan printer canon.

Bagi yang tidak terbiasa, lebih baik menggunakan infus ketika cartridge canon sudah menggunakan tinta isi ulang. Jadi isi tinta di cartridge akan lebih terjaga daripada menggunakan isi ulang dengan cara suntik.

Kalau sekedar dengan cara suntik, bisa kok dilakukan sendiri. Beli saya bor dengan mata paling kecil. Di cartridge ada lingkaran pada tutup atasnya.Bor saja bagian tersebut dan isi tinta dengan jarum suntik.

Ada juga tinta canon dijual dipasaran dengan model tinta sudah diisi dalam wadah berbentuk seperti jarum suntik.

Jika membeli tinta dalam bentuk botol, beli saja jarum suntik kecil di apotik untuk mengisi tinta di cartridge.

Tapi hal ini pasti repot karena harus berulang kali mengeluarkan cartridge dari tempatnya dan diisi ulang. 

Ya lebih baik menggunakan cara infus saja, tapi jika belum pernah buat dengan cara infus. Lebih baik bawa saja ke tukang printer yang sudah berpengalaman.

Tapi kalau mau mencoba sendiri bisa kok, lihat youtube banyak tuh tutorial buat pengisian tinta dengan cara infus.

Beli saja botolnya atau infusnya, banyak dijual ditempat penjualan printer. Harganyapun murah, jadi bisa menghemat duit daripada harus membawa ke tukang printer / service printer.

Tapi sekarang sudah banyak printer canon keluaran baru sudah model tabung. Yaitu tinta sudah diisi dalam tabung buatan pabrik pada printer canon. Jadi jika tinta sudah habis bisa terlihat.

Walau printer canon dengan model seperti ini memang harganya cukup lumayan. Daripada printer canon yang belum menggunakan tabung.

Oh...ya jika kamu ingin tinta isi canon sebanding dengan tinta durabrite bawaan tinta asli canon. Kamu bisa menggunakan tinta jenis pigment.

Tapi ingat tinta ini akan mudah merusak mata cartridge tempat untuk mengeluarkan tinta saat mencetak. Jadi untuk canon dengan model cartridge tipe 810 dan 811 disarankan untuk tidak menggunakan tinta jenis pigment.

Gunakan saja tinta berbasis Dye Base, lebih ramah terhadap cartridge printer canon.


Posting Komentar untuk "Ada Blog Yang Berjudul Punya Cartridge Canon Tipe 810 dan Tipe 811 Bekas Original? Jangan Dibuang! "