Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Males/Mengetik Manual, Gunakan Voice Text Indonesia


Di tengah pandemi virus Corona covid 19, sekarang banyak orang berlomba-lomba ingin menjadi YouTubers dan blogger. Semua ini karena pembatasan sosial yang diterapkan di seluruh negara, tidak terkecuali di Indonesia.

Pilihan menjadi seorang YouTubers atau blogger, kebanyakan dikarenakan ingin merubah keberuntungan hidup atau sekedar ikut-ikutan saja. Ada yang lebih memilih menjadi YouTubers dan ada juga yang lebih memilih menjadi blogger.

Semuanya tergantung pilihan pribadi masing-masing disertai dengan talenta dan kemampuan setiap individu. Apakah Lebih memiliki kemampuan menjadi YouTubers atau menjadi seorang blogger. 

Kalau memang memiliki kemampuan kedua-duanya, tidaklah salah untuk menjadi YouTubers maupun menjadi blogger. Saya saja sendiri lebih memilih menjadi seorang blogger walaupun saya juga berusaha untuk menjadi seorang youtuber.

Kedua bidang ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Kalau pendapat saya sendiri menjadi youtuber lebih sulit ketimbang menjadi blogger. Karena menjadi youtuber harus banyak perangkat dan kemampuan dibidang editing video ketimbang menjadi seorang blogger. 

Walaupun menjadi blogger memiliki kendala yang hampir sama dengan menjadi seorang youtuber. Kendala yang paling utama menjadi seorang blogger adalah ketika harus mengetik dengan 11 jari tangan, yang terkadang membuat timbul rasa malas ketika akan menulis rangkaian kata atau kalimat yang begitu banyak. 

Tapi dengan perkembangan teknologi yang saat ini begitu maju, mengetik sudah bukan jadi kendala karena sudah ada dukungan voice text Indonesia. Dengan bantuan teknologi ini mengetik bukan lagi pekerjaan yang membuat malas untuk menjadi seorang blogger. 

Hanya dengan mengucapkan atau mengatakan beberapa kata atau kalimat, semuanya sudah menjadi teks yang sama saat diucapkan. Saya sendiri sekarang menulis tidak lagi menggunakan 11 jari, cukup hanya menggunakan bibir yang tidak terlalu seksi tapi sangat membantu saya untuk membuat artikel-artikel untuk blog. 

Yang saya ketahui saat ini ada teknologi yang mendukung pembuatan artikel blog hanya dengan mengucapkan beberapa kata atau kalimat dari bibir untuk dirubah menjadi sebuah teks. 

Jika ada ada teman-teman yang baru saja menggeluti menjadi seorang blogger, Tidak ada salahnya menggunakan teknologi voice text. Karena ini sangat membantu dalam pembuatan artikel-artikel baru. 

Teknologi voice text yang pertama saya gunakan adalah speechnotes.co. Speechnotes.co adalah merupakan Situs voice text yang bekerja atau berfungsi untuk merubah sebuah kata atau kalimat yang keluar dari bibir atau mulut untuk dijadikan sebuah teks. 

Speechnotes.co didukung dengan banyak bahasa-bahasa yang ada di dunia, salah salah satu bahasa yang didukungnya adalah bahasa Indonesia.

Situs kedua yang saya gunakan untuk merubah beberapa kata atau kalimat untuk dijadikan teks adalah situs dictation.io. Cara kerja situs dictation.io sama saja dengan situs speechnotes.co.

Tapi kedua situs text ini tidak lama saya gunakan setelah saya menemukan voice text yang lebih nyaman saat saya gunakan, Yaitu Google Drive. Dengan Google Drive ini, membuat saya lebih leluasa untuk membuat artikel-artikel baru.

Karena Google Drive didukung tempat yang lebih baik untuk menulis seperti Ketika menulis atau mengetik di Microsoft Word. Ini semua dikarenakan Google Drive memiliki Fasilitas tempat untuk menulis artikel artikel baru saya.

Sehingga dengan dokumen Google Drive, saya tidak susah payah lagi harus mengcopy teks yang telah saya buat untuk saya tempatkan di blog saya nanti. 

Ketika saya menulis sebuah artikel baru, Dan artikel yang saya buat belum selesai. Saya cukup menyimpannya di Google Drive dan melanjutkannya kembali menulis jika ada waktu luang.

Jadi dokumen Google Drive ini telah didukung oleh teknologi voice text, dengan mendukung banyak bahasa yang dipakai di dunia. Dan yang mantap lagi Google Voice Text ini didukung bahasa daerah yang berasal dari Indonesia yaitu bahasa Jawa, bahasa Sunda dan bahasa Melayu. 

Perbandingan Ketika saya menggunakan voice text khususnya di Google Drive dengan dibandingkan Ketika saya menulis artikel dengan 11 jari tangan, sangatlah terlihat jauh perbedaannya.

Dari hasil uji coba Ketika saya membuat artikel dengan kalimat yang sangat panjang seperti ini. Paling banter saya hanya bisa membuat 2 artikel baru perharinya. 

Tapi ketika saya sudah menggunakan voice text untuk menulis artikel, saya mampu membuat 5 artikel baru dengan isi kalimat yang sangat panjang seperti artikel ini. 

Jadi voice teks ini benar-benar sangat membantu saya dan mungkin membantu para blogger yang sudah menggunakan voice text untuk menulis artikel-artikel baru. 

Dan yang sangat terasa manfaatnya adalah ketika menggunakan text voice, akan menghindari para blogger yang berniat untuk meng-copy paste artikel blog orang, dikarena timbul rasa males ketika jari-jari tangan harus memijit tombol tombol keyboard untuk menulis kata atau kalimat.

Sudah saya pastikan kalau menulis artikel sepanjang artikel saya ini, jari-jari tangan pasti sudah pada keriting…..hahaha. 

Jadi untuk para blogger baru dan mungkin saja untuk para blogger yang sudah lama terjun di dunia blogging. Tidak salahlah menggunakan voice text untuk meringankan beban kerja saat membuat artikel artikel baru. 

Saya sarankan gunakanlah voice text yang ada di dokumen Google Drive, karena dokumen Google Drive memiliki fasilitas tempat penyimpanan artikel, kalau artikel yang baru dibuat belum selesai dan akan dilanjutkan di kemudian waktu atau hari.

Posting Komentar untuk "Males/Mengetik Manual, Gunakan Voice Text Indonesia"