Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menghilangkan Angka Di Belakang Koma (Decimal) atau Menjadikan Angka Decimal Menjadi Bilangan Bulat Di Microsoft Excel

Mempelajari Excel membutuhkan pemahaman yang cukup tinggi. Di sini akan dibahas bagaimana cara untuk membulatkan angka decimal.

Seperti gambar di bawah ini :


Ada beberapa pembagian yang dihasilkan. Dan pembagian ini menghasilkan angka decimal (atau angka dibelakang koma). Dan hasil angka decimal ini akan dibulatkan, sehingga angka decimal (angka dibelakang koma) dihilangkan dan dijadikan angka pembulatan.


Pada kolom C dapat dilihat, hasil dari kolom A dibagi kolom B dan hasilnya decimal pada kolom C (atau dalam bentuk koma). Dan kolom D merupakan pembulatan dari hasul kolom C.

Kolom D yang merupakan pembulatan dari Kolom C, dapat dilakukan dengan cara :


Klik area yang akan di jadikan hasil pembagian, contohnya seperti gambar diatas. Hasil pembagian di letakkan di kolom C2.

Setelah meletakkan/menempatkan pada kolom C2. Klik Average yang ada sudut kanan atas. Average ini ada atau berada di Tab HOME. Jadikan klik Home jika ingin memfungsikan dan lihat Auto Sum, lalu pilih Average.



Setelah memilih (mengklik) Average, maka secara otomatis nanti akan memblok area kolo yang ada disebelahnya secara keseluruhan. Seperti gambar di bawah ini :





Area yang diblok adalah A2 & B2. Ini diblok secara otomatis ketika mengaktifkan Auto Sum Average dan juga berlaku untuk penjumlahan lainnya.

Tekan enter untuk melihat hasilnya.



Dan untuk melihat hasil dari kolom lainnya, cukup mencopy area C2, dan pastekan semua di kolom yang juga ingin melihat hasilnya. Atau bisa juga dengan cara klik area C2 dan letakkan kursor di sudut kanan bawah sampai muncul tanda (+).



Klik tombol kiri mouse dan tahan, kemudian tarik sampai pada kolom C6. Maka hasil kolom C3 sampai C6 juga akan muncul secara otomatis.



Lebih jelasnya, lihat video singkat di bawah ini :



Lalu lakukan hal yang sama pada kolom D2 sampai kolom D6. 

Letakan juga hasil bagi dari kolom A2 & B2 di kolom D2. Dengan cara yang sama seperti hasil bagi di kolom C2.

Tapi ketika membagi dengan Average di kolom D2. Maka secara otomatis, akan memblok tiga kolom sekaligus A2, B2 dan C2. 



Jadi untuk hal ini, dapat dilakukan dengan cara tulisan C2 di ganti dengan B2. Caranya blok C2 dan ganti dengan B2.



Dengan begitu, nanti hasil dari kolom D2 akan sama dengan hasil C2. Setelah itu copylah kolom D2. Dan pastekan ke kolom D3 dan D6.


Bisa dilihat hasil kolom D sama dengan hasil kolom C. Tapi hasil kolom D akan dibulatkan atau tidak memiliki angka di belakang koma (decimal).

Untuk menghilangkan angka decimal (angka di belakang koma). Bisa dilakukan dengan cara. Blok angka yang ada di kolom D2 atau bisa langsung memblok angka yang ada di kolom D secara keseluruhan.

Setelah memblok angka yang ada di kolom D. Klik kanan pada mouse dan pilih Format Cells.



Setelah klik Format Cells, akan muncul Tab Format Cells.



Lalu pilih Number, dan ganti Decimal Places menjadi angka nol. Dan Ok, maka angka yang tadi decimal akan dibulatkan.

Lihat video singkat dibawah ini, agar lebih jelas untuk mengganti angka decimal menjadi angka bulat.



Itulah cara bagaimana untuk menghilangkan angka di belakang koma (decimal) menjadi angka bulat. Atau ingin melakukan pembulatan angka pada angka decimal.




Posting Komentar untuk "Cara Menghilangkan Angka Di Belakang Koma (Decimal) atau Menjadikan Angka Decimal Menjadi Bilangan Bulat Di Microsoft Excel"